Resep Es Lumut Viral Rasa Mangga Menyegarkan - MAHI

Resep Es Lumut Viral Rasa Mangga, Rasanya Seger Banget!

Simpan ke bagian favorit

Sudah coba betapa segarnya rasa es lumut yang sedang viral ini, manteman? Kalau belum, Masak Apa Hari Ini punya resep mudahnya. Coba, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 3, 2022

Penasaran dengan es lumut yang sedang viral di media sosial? Cara membuatnya mudah banget, berwarna warni, dan pas disajikan saat kumpul ramai-ramai. Versi dari Masak Apa Hari Ini tak kalah mudahnya, tidak menggunakan pewarna, dan rasanya lebih istimewa. Jangan penasaran lagi, mendingan cobain resepnya, yuk!

Apakah Es Lumut Itu?

Formula es lumut adalah ide baru yang menyegarkan dari konsep punch bowl a la Indonesia. Kalau biasanya mangkuk besar diisikan es kelapa, cendol, kolak atau timun suri, kali ini resep es lumut menggunakan jelly yang dibuat dengan cara menarik. Modalnya? Untuk resep ini, cukup siapkan jelly rasa plain atau kelapa, Buavita Mango, susu evaporasi, dan es balok besar beserta whisk!

Apa istimewanya kehadiran es balok besar, mungkin kamu bertanya? Ternyata ada fungsinya, lho, di luar sebagai sarana mendinginkan minuman. Jelly umumnya tampil utuh dalam hidangan sejenis puding ataupun aneka minuman. Biasanya jelly akan mengeras saat dibiarkan dingin, tapi untuk es lumut justru bentuknya dipaksa menjadi “hancur lebur” karena disiram-siramkan pada es balok besar setelah matang dan dikocok dengan whisk!

Alhasil terciptalah tekstur jelly “berantakan” yang seru untuk dinikmati! Terlebih lagi ada kehadiran rasa mangga yang manis segar dari Buavita serta rasa creamy dari susu evaporasi. Mantap banget saat disajikan dingin waktu kumpul bareng!

Lengkapi dengan Dessert Lainnya

Karena prosesnya yang gampang, tentu kamu punya banyak waktu lain setelah selesai membuat es lumut. Mumpung musimnya mangga, kamu bisa mencoba dessert lain kreasi Masak Apa Hari Ini seperti misalnya resep puding mangga a la Hong Kong yang terkenal. Bedanya puding mangga khas Kanton ini adalah saus creamy-nya yang juga legit. Selain itu puding yang dibuat dari mangga segar ini juga punya tekstur lembut yang didapat dari gelatin.

Kemudian masih ada juga resep es mangga yang menggunakan santan dan sagu mutiara. Satu lagi, kalau kamu ingin membuat pudingnya sekalian, ada yang namanya resep puding lumut yang juga sempat viral dan dilengkapi dengan vla leci. Wah wah wah, apapun pilihan kamu untuk melengkapi es lumut, kok, semuanya terdengar enak dan menyegarkan? Makanya, kumpulkan keluarga atau teman-teman saat weekend nanti, dan sajikan yang terbaik untuk mereka!

Bahan-bahan

  • 800 ml Buavita Mango
  • 20 g jelly bubuk plain atau rasa kelapa
  • 150 ml susu evaporasi
  • 150 ml susu rendah lemak
  • 3 sdm madu
  • 500 ml air matang, masukkan ke dalam 1 buah kantung plastik, buat es batu

Cara membuat

1

Aduk rata susu evaporasi bersama madu dan susu rendah lemak. Sisihkan.

2

Masukkan Buavita Mango ke dalam panci bersama jelly bubuk, aduk.

3

Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga hampir mendidih. Angkat.

4

Siapkan wadah besar, masukkan 2 bongkah es batu.

5

Tuang campuran jelly. Aduk cepat larutan jelly menggunakan sendok sayur sambil disiram-siramkan ke atas es batu agar jelly cepat terbentuk.

6

Lanjutkan dengan membentuk lumut menggunakan whisk dengan cara diaduk cepat sambil ditekan untuk gumpalan jelly yang masih besar. Keluarkan sisa es batu.

7

Tuang campuran susu evaporasi, aduk. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.