Resep Chocolate Mousse Mewah a la Restoran - MAHI

Resep Chocolate Mousse a la Restoran, Mewah dan Menggoda

Simpan ke bagian favorit

Untuk kamu yang pernah atau belum pernah terhipnotis dengan lezatnya chocolate mousse, maka wajib mencoba resep yang satu ini. Mari ke dapur!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Agustus 23, 2022

Sebagai menu penutup saat bertandang ke restoran atau prasmanan hotel, chocolate mousse adalah salah satu yang jadi favorit banyak orang. Bisa dibilang popularitasnya mungkin hanya kalah tipis dari suguhan es krim atau sorbet, serta cukup bersaing dengan aneka pastry dan banyak kue lainnya. Meskipun tampilannya sederhana, mousse sebetulnya menyimpan banyak cerita di balik rasanya yang lezat dan teksturnya yang khas. Nah, jadikan cerita dari Masak Apa Hari Ini berikut sebagai kesempatan bagi yang ingin mengenal mousse lebih jauh sebelum menggarap resep ini!

Apakah Sebenarnya Mousse Itu?

Tampilan mousse kurang lebih berbentuk seperti krim, namun teksturnya terasa lebih berisi. Konsistensinya bisa dibilang tidak berbusa seperti whipped cream, tapi juga tidak padat seperti puding. Karena ada kandungan udara di dalamnya, mousse tetap terasa ringan. Menariknya, ada proses mencerna terlebih dahulu di mulut selama beberapa waktu sehingga menjadikannya enak untuk dinikmati berlama-lama. Sedikit berbeda dengan krim yang hanya numpang lewat ataupun es krim yang cepat mencair, tapi yang jelas kamu tidak perlu mengunyahnya seperti puding atau kue. Unik, bukan?

Dari segi rasa, meskipun ada jenis yang asin dengan menggunakan daging atau seafood, bahkan sayuran atau keju, tetapi mousse lebih dikenal sebagai dessert manis. Selain dengan cokelat, mousse juga biasa dipadukan dengan buah-buahan yang dihaluskan, kopi, karamel, vanilla, daun mint, ataupun rempah-rempah.

Rahasia Nikmatnya Chocolate Mousse dari MAHI

Untuk resep hari ini, mousse akan menggunakan jenis cokelat pekat (dark chocolate) untuk rasa yang lebih bold. Kemudian, ditambahkan juga kuning telur saat krim dan gula sudah beberapa waktu dimasak. Mengapa kuning telur? Tujuannya adalah agar rasanya lebih kaya dan memenuhi rongga mulut saat dinikmati. Kembali ke cerita di awal, mousse adalah dessert yang tidak dikunyah tapi juga tidak ‘lewat’ begitu saja, sehingga mouthfeel yang berisi dan kaya sehingga menjadikannya istimewa.

Kemudian, salah satu fitur seru dari resep chocolate mousse kali ini adalah kehadiran candied fruit dari kulit jeruk. Ada tekstur kenyal sekaligus renyah, dan rasa manis yang menggoda sekaligus menyegarkan. Ini akan berpadu cantik dengan rasa chocolate mousse yang kaya dan berisi. FYI, candied fruit tidak selalu harus berasal dari buah jeruk, lho, tetapi juga bisa dari buah-buahan seperti nanas, kurma, ataupun peach. Mungkin kapan-kapan Masak Apa Hari Ini akan membuatkannya untuk kamu!

Sudah cukup tergoda dengan deskripsi nikmatnya chocolate mousse? Sekarang waktunya kamu untuk mencobanya di rumah sebagai proyek baru saat akhir pekan nanti!

Bahan-bahan

  • 250 ml krim kental
  • 3 sdm gula pasir berbutir halus
  • 2 kuning telur ayam
  • 100 g cokelat pekat/dark chocolate
  • 2 lembar gelatin, rendam dalam air es

Candied orange

Cara membuat

1

Candied orange: Kupas memanjang kulit jeruk dengan peeler. Belah menjadi 4 bagian masing-masing irisan kulit jeruk. Rebus kulit jeruk di atas api kecil bersama Buavita Orange dan 1 sdm gula pasir. Masak selama 15 menit atau hingga menyusut. Angkat. Tiriskan kulit jeruk hingga kandungan airnya berkurang. Gulingkan ke atas gula pasir hingga kulit jeruk terselimuti dengan gula. Dinginkan dalam kulkas hingga mengeras. Sisihkan.

2

Chocolate mousse: Masak 125 g krim kental dan gula di atas api kecil. Masukkan kuning telur sambil diaduk perlahan hingga rata. Tuang cokelat masak pekat, aduk rata. Angkat.

3

Saat tidak panas, masukkan sisa krim kental dan gelatin. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan berbentuk kubus (diameter 8 cm). Simpan di dalam freezer hingga memadat (± 1 jam). Sisihkan.

4

Siapkan chocolate mousse, taburi candied orange ke atasnya. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.