Resep Sorbet Jeruk Mangga Tanpa Mesin Es Krim - MAHI

Resep Sorbet Jeruk Mangga Tanpa Mesin Es Krim, Kini Semua Bisa Membuatnya

Simpan ke bagian favorit

Ternyata ada caranya, lho, untuk membuat sorbet tanpa menggunakan mesin es krim. Yuk, simak resep sorbet jeruk mangga berikut beserta tipsnya!

2jam
6 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juni 30, 2022

Buat kamu para fanboys atau fangirls dessert kekinian di ibukota, pastinya pernah mendengar yang namanya sorbet. Disajikan dingin, sorbet sama warna warninya dengan es krim namun didominasi buah-buahan. Seperti halnya resep yang akan digarap kali ini yaitu sorbet jeruk mangga. Lantas apa yang membedakannya dengan es krim ataupun gelato? Sebelum masuk ke resepnya, yuk, bahas-bahas dulu sedikit!

Perbedaan Sorbet vs Es Krim vs Gelato

Es krim adalah salah satu dessert yang paling lama sudah dikenal di Indonesia. Karena terbuat dari paduan krim, susu, kuning telur, dan pemanis, maka tidak salah kalau es krim memiliki kandungan lemak paling tinggi dibanding gelato. Secara tekstur dan sesuai namanya, es krim terasa creamy tapi lebih ringan karena dikocok dengan kecepatan tinggi sehingga lebih berisi banyak udara.

Jenis es krim yang jadi favorit belakangan ini adalah tipe soft serve yang lebih ringan dan berisi lebih banyak udara, favorit kamu setelah makan all-you-can-eat atau saat mampir ke restoran cepat saji. Sementara itu untuk jenis yang disajikan dengan beragam saus dan topping, maka sebutannya adalah sundae. Kemudian di sisi lain ada gelato yang terasa lebih padat karena kandungan udaranya lebih sedikit disebabkan proses churning (pengocokan) yang lebih lambat. Tak kalah dengan es krim, gelato juga memiliki banyak macam rasa dan banyak digandrungi orang.

Tak kalah populer, muncullah juga nama sorbet yang jadi tema hari ini. Berbeda dengan es krim ataupun gelato, sorbet khusus hanya menggunakan buah-buahan sehingga terasa menyegarkan. Bisa berasal dari puree buah ataupun jus, sorbet diolah bersama pemanis dan disajikan sebagai dessert penyegar yang bikin badan jadi adem saat hari sedang terik-teriknya.

Tips Membuat Sorbet Tanpa Mesin Es Krim

Satu yang jadi penghalang bagi mereka-mereka yang ingin membuat sorbet di rumah adalah ketiadaan mesin es krim. Meskipun memang sangat mempermudah, tapi harga mesin es krim rata-rata cukup mahal dan bisa jadi tidak dipakai setiap hari. Maka, dengan sedikit waktu dan usaha, kamu sebetulnya bisa, kok, membuat sorbet sendiri di rumah tanpa mesin.

Untuk resep ini, pertama-tama kamu perlu membekukan dahulu buah mangga yang sudah dipotong agar proses blender menjadi lebih mudah. Baru setelah beku, blender bersama Buavita Orange. Cara ini akan menghasilkan tekstur es buah yang sudah hancur namun tetap lembut (slushy) sehingga tidak membutuhkan mesin es krim. Kemudian mengapa menggunakan mangga dan jeruk? Di saat musim mangga manis seperti sekarang maka akan lebih menarik cita rasanya bila dipadukan dengan jeruk yang punya rasa asam, sehingga ini akan menjadikan pengalaman menikmati sorbet lebih berkesan.

Kemudian tibalah pada proses yang membutuhkan kesabaran selama beberapa jam ke depan. Setelah selesai di-blender, kembali bekukan dalam freezer dan setiap 40 menit sekali, keluarkan, lalu hancurkan kembali es dengan menggunakan garpu, aduk rata, dan kembali bekukan. Tujuannya adalah agar tekstur es secara merata terkristalisasi. Lakukan hal yang sama sebanyak dua sampai tiga kali hingga akhirnya menemukan tekstur sorbet yang diinginkan. Agar makin mantap hasilnya, jangan lupa tambahkan air jeruk lemon ke dalam campuran sorbet agar cita rasanya lebih segar. Kemudian, jika bahan utama buah cenderung kecut, tambahkan madu atau gula bubuk, dan blender bersama bahan utama.

Cukup mengejutkan, bukan? Ternyata siapapun bisa membuatnya di rumah. Jadikan sebagai proyek akhir pekan kamu karena akan membutuhkan waktu cukup banyak. Hasilnya pasti akan mengejutkan seisi rumah dan kamu harus siap-siap dengan pesanan berikutnya, ya! Kamu juga bisa berekperimen dengan jenis buah-buahan lainnya, lho! Terakhir, jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan dapatkan beragam inspirasi untuk kegiatan kamu sehari-hari di dapur.

Selamat berkreasi di dapur!

Bahan-bahan

  • 500 g daging buah mangga
  • ½ sdm air jeruk lemon
  • 2 sdm madu

Cara membuat

1

Potong-potong buah mangga, bekukan dalam freezer. Sisihkan.

2

Siapkan wadah plastik beserta tutupnya untuk membekukan gelato. Sisihkan.

3

Masukkan Buavita Orange, daging buah mangga, madu, dan air jeruk lemon ke dalam blender. Proses hingga halus.

4

Tuang ke dalam wadah. Simpan dalam freezer selama 40 menit hingga mengeras. Keluarkan.

5

Tusuk-tusuk, lalu aduk menggunakan garpu.

6

Bekukan kembali selama 30-40 menit. Ulangi proses tusuk-tusuk dan aduk menggunakan garpu. Kemudian simpan kembali dalam freezer selama 30-40 menit. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.