Resep Pisang Goreng Saus Kinca
Pisang goreng kinca disajikan bersama kopi.

Resep Pisang Goreng Saus Kinca, Paling Mantap Untuk Camilan Sore

Resep Pisang Goreng renyah dibalut saus kinca. Rasanya yang manis gurih menjadikannya kudapan favorit di rumah. Berikut resepnya!
Pisang goreng kinca disajikan bersama kopi.
Valentina | Jan 19, 2021

Pisang adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di Indonesia dengan berbagai varietas. Tumbuh tak mengenal musim, buah pisang bukan hanya diolah menjadi hidangan manis tetapi juga disajikan gurih. Misalnya saja pisang goreng dengan sambal roa khas Sulawesi. Untuk kamu yang sedang bosan dengan hidangan pisang goreng biasa, aku ingin memberi inspirasi resep Pisang Goreng Saus Kinca ini.

Kudapan ini bisa menjadi camilan pagi maupun sore hari. Jenis pisang yang umumnya digoreng salah satunya adalah pisang tanduk. Pilih pisang tanduk yang matang sehingga terasa legit saat disantap. Sebelum digoreng, potong pisang sesuai selera, balut dengan adonan tepung.

Selanjutnya, lengkapi dengan saus kinca. Saus kinca ini dalam resep ini adalah kinca gula merah dengan tambahan santan. Saus kinca seperti ini akrab disajikan sebagai kuah serabi atau surabi. Ada rasa legit yang khas dari gula merah dan santan, serta wangi dari daun pandan.

Selain digoreng, kamu juga bisa mencoba resep Kolak Pisang Ubi Ungu yang cocok untuk Ramadan, Nugget Pisang, atau Bolu Pisang Kukus. Sudah tidak sabar untuk mencicipi sensasi gurih dan manis dari resep Pisang Goreng Saus Kinca?  Yuk, pelajari resepnya di bawah ini!

Bahan

4
Porsi
4
buah pisang tanduk, kupas
minyak, untuk menggoreng

Adonan tepung, aduk rata

250
g tepung terigu
300
ml air
30
g tepung terigu serbaguna

Saus kinca

250
ml santan kental
100
g gula merah, sisir
2
sdm gula pasir
2
lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

1

Saus kinca: Masak santan, daun pandan, Royco Kaldu Ayam, gula merah, dan gula pasir di atas api kecil sambil terus diaduk hingga larut. Tambahkan Bango Kecap Manis, masak sambil terus diaduk hingga aroma pandan keluar. Angkat. Sisihkan.

2

Potong pisang menjadi 2 atau 3 bagian. Belah 3 tidak putus masing-masing potongan pisang, lebarkan hingga membentuk kipas.

3

Panaskan minyak. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung, lalu segera goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4

Sajikan pisang goreng bersama saus kinca.

Selamat ngemil!

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam