Resep Brown Sugar Milk Tea Mudah dan Enak - MAHI

Resep Brown Sugar Milk Tea, Lebih Enak Buat Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Suka beli brown sugar milk tea di mall? Ternyata minuman manis ini bisa kamu buat sendiri, lho! Intip caranya lewat resep berikut, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 7, 2022

Sering nggak, sih, kamu menemukan makanan atau minuman favorit di mall yang kalau dipikir-pikir kayaknya bisa dibuat sendiri di rumah. Salah satu yang mungkin sering kamu temukan adalah teh-tehan semacam brown sugar milk tea. Setuju nggak kalau minuman ini bisa kamu buat sendiri? Tapi sebelumnya, yang harus kamu ingat kalau ingin membuat brown sugar milk tea adalah pemilihan gula yang tepat dan cara meraciknya dengan susu agar rasanya lebih ‘nendang’.  Intip yuk tipsnya sebelum mencoba resep andalan Masak Apa Hari Ini!

Jenis Gula untuk Brown Sugar Milk Tea

Setidaknya ada 3 jenis gula merah yang ada di pasaran, yaitu brown sugar, gula aren, hingga gula jawa. Sah-sah aja kalau kamu lebih sering menyebutnya dengan kata gula merah, tapi ternyata masing-masing punya penyebutan yang lebih spesifik, lho! Soalnya jenis makanan dan minuman di Indonesia ini banyak ragamnya, jadi memerlukan jenis gula yang spesifik untuk mempermudah mereka yang sedang mengolah resep. Seperti namanya, brown sugar milk tea biasanya menggunakan  brown sugar dalam pengolahannya.

Brown sugar berasal dari gula pasir yang diolah dari tebu dan diproses dengan campuran molase atau sisa pengolahan gula dari tebu yang tidak dapat dikristalkan lagi. Selain brown sugar, minuman yang menggunakan boba juga kadang menggunakan gula aren yang dibuat dari pohon aren atau enau sebagai pemanisnya.

Racikan Teh Susu untuk Resep Ini

Kalau sedang bertandang ke gerai milk tea yang ternama asal ibukota, biasanya kamu melihat kehadiran susu bubuk yang ditambahkan pada teh yang sudah diseduh sebelumnya. Lantas bagaimana dengan susu cair di resep ini? Apakah prosesnya juga dicampur dalam teh? Lalu bagaimana dengan cara menambahkan brown sugar-nya?

Prosesnya bisa semudah dengan mencairkan brown sugar bersama susu dengan merebusnya di atas api kecil. Matikan api setelah bercampur lalu seduh dengan kantung teh selama 5 menit dan jadilah brown sugar milk tea. Proses ini lebih praktis untuk level rumahan yang tidak selalu membuat minuman ini setiap hari. Selebihnya, kamu bisa menambahkan madu, es batu, dan cincau untuk menikmati minuman yang menyegarkan ini. Kapan-kapan kamu bahkan bisa menggantikan cincau dengan boba ataupun jenis topping kesukaan kamu lainnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 800 ml susu cair rendah lemak
  • 100 g cincau hitam, potong kotak kecil
  • 2 sdm brown sugar
  • 4 sdm madu
  • Es batu

Cara membuat

1

Panaskan susu dan brown sugar di atas api kecil. Angkat.

2

Seduh SariWangi Teh Asli bersama susu panas selama 5 menit. Keluarkan teh, masukkan madu, aduk rata. Sisihkan.

3

Siapkan gelas saji, isi dengan es batu. Masukkan cincau. Tuang teh susu. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.