Resep Bola Ubi Kopong Enak dan Anti Gagal

Simpan ke bagian favorit

Coba resep Bola Ubi Kopong ini, yuk! Bukan cuma manis, tekstur garing-kenyal dari camilan yang laris manis ini wajib banget kamu coba bikin sendiri di rumah.

1jam 30mnt
5 Porsi
Level chef panji
Rian Farisa|November 2, 2020

Di antara sekian banyak camilan kekiniansalah satu yang paling beken adalah Bola Ubi Kopong. Banyak yang ingin tahu rahasia resep bola ubi kopong yang sukses, yaitu berhasil membuat bola ubi goreng yang tipis dan garing di bagian luarnya, namun berongga atau kopong di bagian tengahnya. Butuh teknik dan komposisi bahan yang tepat demi membuat tekstur bola ubi goreng ini garing dan juga kenyal. Sebagai panduannya, kamu bisa mengikuti resep ini supaya lebih percaya diri membuatnya.

Tips sukses resep bola ubi kopong

Sebelum bersiap memasak, beberapa tips dan trik ini bisa kamu coba demi menghasilkan tekstur dan bentuk bola ubi goreng yang kopong, garing, dan tidak terlalu tebal.

  1. Gunakan api sedang saat menggoreng bola ubi kopong supaya tidak terlanjur gosong atau berwarna gelap sebelum proses membuatnya jadi kopong atau berongga.
  2. Goreng ubi hingga bagian kulit luarnya kokoh, lalu kamu bisa menekannya dengan sutil. Trik ini akan membantu permukaan bola ubi tidak pecah meski ditekan.
  3. Aduk bola ubi pada saat proses menggoreng supaya matang merata begitu juga dengan permukaannya yang akan kokoh menyeluruh sehingga bola ubi siap ditekan.
  4. Gunakan sutil dengan bentuk yang didesain untuk menekan bola ubi, yaitu agak bersiku. Agak sulit membentuk bola ubi menjadi kopong sempurna jika sutil yang kamu gunakan datar. Gunakan bagian tengah punggung sutil untuk menekan bola ubi. Jika terkena bagian pinggirnya, biasanya bola ubi akan pecah dan tidak menarik bentuknya.

Selain resep Bola Ubi Kopong ini, kamu juga wajib mencoba aneka snack lainnya dari MAHI seperti Kebab Mini, Onde-onde, hingga Korean Garlic Bread. Wah, makin seru nih acara teh sore kali ini!

Bahan-bahan

  • 340 g ubi oranye
  • 80 g tepung tapioka
  • 30 g tepung maizena
  • 80 g gula halus
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Kukus ubi dalam dandang panas hingga matang. Angkat. Kupas kulitnya, haluskan.

2

Uleni ubi bersama tepung tapioka, tepung maizena, gula halus, Bango Kecap Manis, baking powder, dan garam hingga kalis atau bisa dibentuk.

3

Ambil 1 sdt adonan, bulatkan.

4

Panaskan minyak di atas api sedang, aduk hingga matang merata dan kulit ubi mulai kecokelatan.

5

Tekan seluruh bola ubi menggunakan punggung sutil, biarkan hingga mengembang.

6

Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.