Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang untuk Takjil - MAHI

Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang, Godaan Lezat Saat Takjil

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi kreasi jamur yang wajib kamu coba di dapur. Inilah resep sate jamur tiram bumbu kacang yang lezat. Coba masak, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 16, 2022

Begitu banyak jenis jamur yang sekarang dapat dengan mudah dibeli dan diolah menjadi berbagai macam makanan. Jamur begitu disukai karena teksturnya yang menyerupai daging, bergizi, berisi, dan rasanya yang lezat. Untuk kamu penggemar jamur tiram, ada satu resep mudah yang layak dicoba, nih. Sebagai pengganti daging, ataupun untuk menu camilan dan takjil saat Ramadan, resep sate jamur tiram bumbu kacang ini bakal jadi idola baru di rumah!

Dahulu ada masanya Indonesia mengenal beberapa jenis jamur saja di pasaran. Misalnya jamur kancing atau champignon, ataupun jamur kuping yang sering ditemui dalam masakan klasik yaitu tekwan. Ada masa-masanya dulu beberapa jenis jamur dijual hanya dalam kemasan kalengan saja. Kini, kamu dapat dengan mudah membelinya di supermarket dalam bentuk segar. Bahkan lebih praktisnya lagi, banyak jenis jamur segar yang bisa dikirim ke rumah dalam waktu sekejap melalui aplikasi online.

Tak heran bila kini jamur tiram, di antara jenis-jenis jamur lokal dan impor lainnya, menjadi satu jenis yang jadi favorit. Ada yang berukuran sedang maupun besar. Putih adalah warnanya yang khas, sehingga mengingatkan pada tiram yang sesungguhnya. Tumbuh dari batang pohon di alam terbuka, kini jamur tiram sudah banyak dibudidayakan dan stoknya hampir selalu berlimpah. Jenis ini cocok untuk diolah dalam masakan tumisan, sup, ataupun sebagai menu sate jamur tiram. Padanan saus atau bumbunya bisa beragam, tapi sulit mengalahkan bumbu kacang khas Indonesia!

Pastikan untuk selalu membeli jamur segar yang dapat mudah dilihat perbedaannya. Warnanya masih terang dan tanggal produksinya jelas apabila membelinya di supermarket. Setelah dibeli, jamur biasanya tahan cukup lama di kulkas, tapi tidak terlalu berlama-lama juga. Rata-rata jamur yang sudah tidak segar memiliki bau yang kurang enak dan mulai berlendir. Idealnya, jamur sebaiknya diolah hingga habis dalam hitungan harian. Dengan variasi menu jaman sekarang, tentu tak sulit untuk menghabiskan stoknya dalam waktu dekat, bukan?

Sekarang, waktunya kamu untuk mengolah resep sate jamur tiram bumbu kacang sendiri di rumah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya! Tak lama, sajian takjil saat berpuasa di bulan Ramadan tersedia dalam sekejap!

Bahan-bahan

Bumbu kacang

  • 100 g kacang tanah goreng
  • 8 buah cabai rawit merah, goreng
  • 5 siung bawang putih goreng
  • ½ sdt garam
  • 80 ml air matang

Cara membuat

resep sate jamur tiram blansir
1

Didihkan air bersama garam, blansir jamur selama 15 detik. Angkat dan tiriskan hingga berkurang kandungan airnya. Sisihkan.

resep sate jamur tiram kecap
2

Aduk rata jamur bersama Bango Kecap Manis, bawang putih, dan Royco Kaldu Jamur. Diamkan selama 1 jam dalam kulkas.

resep sate jamur tiram bumbu kacang
3

Bumbu kacang: Haluskan semua bahan kecuali kecap manis. Pindahkan ke dalam wadah, aduk rata bersama Bango Kecap Manis. Sisihkan.

resep sate jamur tiram tusuk
4

Tusukkan jamur ke tusuk satai. Sisihkan.

resep sate jamur tiram panggang
5

Panaskan grill pan, olesi dengan minyak. Panggang jamur hingga matang dan kecokelatan. Angkat. Sajikan sate jamur tiram bersama bumbu kacang.

Jangan lupa untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.