Resep Onde-onde Isi Kacang Hijau Enak| MAHI

Resep Onde-onde yang Empuk dan Lembut untuk Camilan Sore Hari

Simpan ke bagian favorit

Siapa yang tak kenal onde-onde? Camilan bulat dengan taburan wijen ini populer dimana-mana. Kita tantang kamu untuk mencoba cara membuat onde-onde di rumah!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Silmia|Juli 1, 2022

Di Indonesia, ada banyak sekali resep camilan tradisional yang hadir berkat pengaruh budaya Cina. Beberapa diantaranya adalah resep onde-onde, siomay, bakso goreng, choipan, dan masih banyak lagi. Camilan yang memiliki rasa gurih manis ini dibawa ke tanah air oleh pedagang Tionghoa sekitar tahun 1300 Masehi. Hidangan yang bahannya mirip kue moci versi goreng ini juga dikenal dengan sebutan berbeda seperti matuan atau jian dui (Cina), dan goma dango (Jepang). Berbeda dengan di Indonesia, isian camilan dari tepung ketan ini adalah pasta kacang merah atau kacang hitam.

Nah, di Indonesia camilan bola ketan berbalut wijen ini populer di Banyumas (Jawa Tengah) dan Mojokerto (Jawa Timur) dengan isian pasta kacang hijau kupas yang dimasak bersama gula. Cara membuat onde-onde buat sebagian besar orang mungkin termasuk dalam kategori sulit atau merepotkan. Tapi bukan berarti hal tersebut jadi halangan buat kamu, kan?

Beberapa hal seperti bahan membuat onde-onde yang mudah, peralatan masak yang sudah tersedia di rumah, hingga menambah skill memasak kamu di dapur bisa jadi pertimbangan kamu untuk mempraktikkan cara membuat onde-onde isi kacang hijau ini di rumah.

Namun memang, membuat camilan ini cukup menantang. Untuk mendapatkan kulit yang gurih, kokoh, renyah dan tidak mudah hancur membutuhkan trik memasak yang baik. Salah satunya adalah dengan menambahkan tepung tapioka ke dalam adonannya.

Kamu bisa mencoba resep onde-onde berikut yang cukup mudah diikuti oleh pemula. Yuk, kita coba!

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g tepung ketan putih
  • 75 g tepung tapioka
  • 2 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 250 ml santan kental, hangatkan
  • 150 g wijen putih
  • minyak, untuk menggoreng

Isi

  • 300 g kacang hijau kupas
  • 50 g gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

1

Isi: Kukus kacang hijau kupas bersama daun pandan hingga matang. Angkat. Campur rata bersama Bango Kecap Manis dan gula pasir. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan. Sisihkan.

2

Campur rata tepung ketan, tepung tapioka, gula, dan garam. Tuangi santan secara bertahap sambil diuleni hingga kalis atau bisa dibentuk.

3

Ambil 1 sdm adonan, bulatkan, pipihkan, letakkan adonan isi ke atasnya, tutup kemudian bulatkan.

4

Gulingkan ke atas wijen hingga permukaan kulit onde-onde tertutup rata. Ulangi proses serupa pada sisa adonan.

5

Panaskan minyak, goreng onde-onde hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat. Sajikan.

Onde-onde buatanmu sudah siap disantap! Yuk, kita coba buat resep camilan lainnya seperti tahu crispy dan bakso goreng ayam yang lezat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.