Resep Sup Tahu Putih dan Udang untuk MPASI - MAHI

Resep Sup Tahu Putih dan Udang, Menu MPASI Kaya dan Bergizi

Simpan ke bagian favorit

Hangat dan bergizi, jadikan resep sup tahu putih yang dipadukan dengan udang ini sebagai opsi baru MPASI untuk si kecil. Yuk, siapkan hari ini!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 25, 2022

Hangat, berkuah, bergizi, dan mudah untuk dicerna. Itulah ciri-ciri masakan yang pas dijadikan sebagai makanan penunjang air susu ibu alias MPASI. Namun terkadang, ada yang mungkin lupa bahwa ada satu lagi hal yang sebaiknya dipenuhi, yaitu rasa enak. Rasa lezat tak harus datang dari banyaknya bumbu atau penyedap, namun masakan tersebut diracik secara seimbang dan cita rasanya mengena juga untuk orang dewasa. Kali ini ada resep sup tahu udang dari Masak Apa Hari Ini yang memenuhi semua kriteria tersebut. Penasaran ingin memasaknya? Sebelumnya, baca dulu ceritanya, ya!

Kaldu Udang untuk Sup Tahu Putih

Pernahkah kamu membuat kaldu udang? Kalau belum, resep sup tahu putih ini adalah kesempatan emas untuk mencobanya. Karena untuk menu MPASI, maka tentu udang perlu dikupas terlebih dahulu, tapi jangan dibuang kulit dan kepalanya, ya! Bagian dari udang ini mengandung rasa yang lezat apabila diolah menjadi kaldu. Untuk cara membuatnya, kamu bisa cek di bagian resep, ya.

Sedikit tambahan tips saja untuk kamu, agar kaldu udang lebih maksimal lagi rasanya, kamu bisa menekan-nekan kulit dan kepalanya saat tengah merebusnya bersama bahan aromatik. Setelahnya, saring dan kaldu udang siap untuk digunakan. Kemudian kalau di lain kesempatan kamu akan memasak udang untuk resep lain, tetap jangan sia-siakan kulit dan kepalanya, ya. Simpan dalam wadah kedap dan masukkan dalam freezer, lalu gunakan tidak lebih dari tiga bulan sesudah disimpan. Pada masakan lain, kaldu udang biasa digunakan sebagai bahan untuk risotto ataupun paella.

FYI, untuk penggunaan non-kuliner, kulit dan kepala udang juga bisa berfungsi sebagai pupuk, lho! Cocok banget buat kamu-kamu yang suka berkebun dan menanam bahan makanan sendiri, bukan?

Menu Berkuah Lainnya untuk MPASI

Melengkapi koleksi resep MPASI di rumah, Masak Apa Hari Ini sudah mempersiapkan beberapa resep berkuah lainnya untuk si kecil tersayang. Nikmati rasa kaldu ayam yang kaya dari resep sup ceker ayam dengan sayuran. Ceker ayam kaya akan kolagen bila diolah menjadi kaldu dan nilai gizinya tinggi untuk kesehatan tubuh anak maupun dewasa. Sementara itu, resep lainnya adalah sup telur dan tomat. Masih berbekal kaldu ayam, resep ini dilengkapi aneka sayuran dan telur yang tak kalah bermanfaatnya untuk tumbuh kembang si kecil.

Sekarang makin lengkap, deh, resep-resep MPASI di rumah! Terakhir sebelum masak, cek juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 250 g udang, kupas, sisihkan kepala dan kulitnya
  • 2 potong tahu putih
  • 100 g sawi putih, cincang
  • 500 ml air
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 cm jahe
  • ½ sdt garam
  • sdt merica putih bubuk
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe hingga harum. Masukkan kulit dan kepala udang, tumis hingga kemerahan.

2

Tuang air, masak hingga mendidih. Kecilkan api, masak selama 15 menit. Angkat. Saring kaldu udang.

3

Panaskan kembali kaldu udang di atas api sedang, masukkan udang, tahu, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, dan merica. Masak hingga udang setengah matang.

4

Tambahkan sawi putih, masak hingga matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.