Cara Membuat Kentang Goreng Tabur Keju Parmesan - MAHI

Cara Membuat Kentang Goreng Homemade Tabur Keju Parmesan

Simpan ke bagian favorit

Inilah resep MPASI yang bikin si kecil makin lahap! Simak cara membuat kentang goreng homemade dengan taburan keju parmesan yang lezat!

1jam 30mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Oktober 10, 2022

Umur MPASI adalah masa-masa dimana seorang ibu berupaya mengujicobakan makanan yang terbaik untuk si kesayangan yang tengah tumbuh pesat. Tentunya tak hanya harus bergizi, menu MPASI juga idealnya punya cita rasa lezat menurut selera orang dewasa, sehingga harapannya si kecil juga tertarik untuk menikmatinya. Salah satu yang bisa kamu cobakan kali ini adalah cara membuat kentang goreng homemade dengan taburan keju parmesan.

Selain mencoba resepnya, yuk, sekalian pelajari aneka tips dalam cara membuat kentang goreng homemade agar hasilnya sempurna!

Tips Cara Membuat Kentang Goreng Rumahan Lebih Enak

Menggarap kentang siap goreng memang hanya semudah mengeluarkannya dari freezer, tunggu hingga berubah menjadi suhu ruang, dan goreng dengan minyak panas. Berbeda halnya dengan cara membuat kentang goreng yang digarap secara homemade. Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal dan mengikuti langkah-langkah khusus agar hasilnya paripurna.

Setelah memotong-motongnya dalam bentuk french fries, kamu perlu merebusnya terlebih dahulu agar kentang menjadi lebih empuk. Jangan sampai merebusnya terlalu lama, atau hanya sekitar 4-5 menit saja. Sebelumnya, kamu bisa membumbui air rebusannya dengan bawang putih yang dimemarkan serta Royco Kaldu Jamur. Meskipun hanya direbus sebentar, proses memasak masih berlangsung dalam kentang. Supaya mencegahnya dari terlalu empuk karena kentang akan digoreng sesudah ini, maka rendam dalam air es hingga menjadi dingin. Tiriskan dahulu pada suhu ruang hingga kentang cepat mengering, atau masukkan dalam freezer selama 30 menit saja.

Tekstur juga menjadi satu aspek tersendiri saat menggarap kentang goreng di rumah. Kamu bisa menyesuaikan dengan kesanggupan si kecil dalam mengunyah makanan. Misalnya sang anak masih sanggupnya menerima makanan yang lebih lunak, maka kamu cukup menggoreng kentang sekali saja. Berbeda halnya kalau kamu ingin menyajikan tekstur yang lebih crunchy, maka kamu perlu menggorengnya dua kali. Yang pertama adalah menggorengnya pada suhu sedang, tak perlu lama lalu tiriskan. Lanjutkan menggoreng kentang pada suhu yang lebih tinggi hingga berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan. Selebihnya kamu cukup menambahkan taburan keju parmesan serta cincangan daun peterseli dan kentang goreng siap dinikmati!

Ide Resep MPASI Lainnya

Tak hanya soal cara membuat kentang goreng rumahan dengan keju parmesan, Masak Apa Hari Ini juga punya resep-resep MPASI lain yang wajib kamu coba. Untuk olahan nasi kamu bisa membuat nasi tim ayam sayuran yang lezat, sementara itu untuk resep-resep berkuah ada sop ceker dan juga sup telur tomat.

Semuanya mudah untuk dibuat dan dilengkapi dengan bahan-bahan lainnya sehingga gizinya semakin lengkap. Selain itu, resep-resep dari MAHI sudah diujicobakan sebelumnya sehingga anti gagal. Sekarang giliran kamu untuk mencobanya, ya! Selamat memasak!

Bahan-bahan

royco kaldu jamur
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 500 g kentang ukuran besar, kupas
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1.5 L air, untuk merebus
  • Minyak, untuk menggoreng
  • Air es

Taburan

  • 70 g keju parmesan, parut
  • 1 sdm daun peterseli, cincang

Cara membuat

1

Potong kentang memanjang seperti ukuran kentang goreng beku ukuran lebar 1 cm. Cuci kentang beberapa kali hingga benar-benar bersih.

2

Didihkan air, rebus kentang dalam air yg sudah mendidih bersama bawang putih dan Royco Kaldu Jamur selama 4 menit. Angkat. Masukkan ke dalam air es. Rendam hingga kentang tidak panas. Tiriskan.

3

Masukkan kentang ke dalam freezer selama 30 menit.

4

Panaskan minyak di atas api sedang, goreng kentang sebentar atau hingga buihnya hilang. Angkat dan tiriskan. Bekukan kembali dalam freezer. (Pada tahap ini kentang bisa disimpan dalam freezer setelah kentang tidak panas)

5

Panaskan minyak di atas api besar, goreng kembali kentang tadi hingga cokelat keemasan. Angkat.

6

Selagi panas, taburi kentang dengan keju parmesan. Sajikan bersama taburan peterseli cincang.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.