Beberapa buah bakwan Pontianak beserta cabai dan sausnya.

Resep Bakwan Pontianak Anti Gagal yang Wajib Kamu Coba

Yuk, coba bikin bakwan Pontianak yang garing sekaligus lembut ini.
Beberapa buah bakwan Pontianak beserta cabai dan sausnya.
Valentina Limbong | Mar 27, 2023

Jangan bilang kamu jagonya bikin bakwan kalau belum bisa bikin bakwan Pontianak yang bentuknya bulat sempurna. Kalau bakwan atau bala-bala biasanya lebih enak kalau menggunakan banyak sayuran, beda halnya dengan gorengan khas Pontianak ini. Adonan gorengan gurih yang biasanya diberi topping udang rebon atau udang segar ini biasanya hanya terdiri dari irisan kucai. Tujuannya adalah supaya adonan tidak terlalu basah dan berair sehingga lebih mudah untuk dicetak.

Supaya bakwan yang sempat viral ini lebih mantap, selalu tambahkan Royco Kaldu Ayam dan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng ke dalam adonannya. Hasil akhirnya jadi lebih gurih dan punya sensasi pedas beserta sentuhan bawang goreng di dalamnya. Jadi mantap, kan?

Tips Sukses Bikin Bakwan Pontianak

Gorengan khas Pontianak yang sempat viral ini terbilang sukses kalau bentuknya bulat, tekstur luarnya garing, dan lembut di bagian dalamnya. Supaya nggak salah langkah, simak beberapa tips ini, yuk!

  1. Campur adonan bakwan bersama beberapa jenis tepung dengan tambahan baking powder. Tujuannya adalah untuk mendapat tekstur bagian dalam yang lembut dan tidak terlalu padat. Gunakan perpaduan tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena.
  2. Tambahkan bahan yang mengandung lemak berupa santan atau margarin berfungsi agar adonan lebih gurih dan tidak lengket saat dicetak.
  3. Cetak bakwan bentuk bulat menggunakan sendok sayur atau cetakan khusus bakwan berbahan logam. Untuk proses menggoreng lebih cepat, gunakan cetakan khusus bakwan yang dapat mencetak 3-5 buah bakwan sekali menggoreng.
  4. Rendam cetakan bakwan dalam minyak panas yang banyak. Pastikan cetakan benar-benar panas saat akan digunakan. Gunakan sendok sayur berbeda untuk menaruh adonan bakwan ke dalam cetakannya.
  5. Diamkan cetakan yang sudah diisi terendam dalam minyak panas. Biarkan hingga adonannya setengah matang dan saat cetakan digoyang-goyangkan bakwan akan terlepas dari dalam cetakan.

Yuk, coba praktikkan resep bakwan Pontianak ini untuk takjil nanti! Untuk pilihan menu khas kota di Kalimantan Barat lainnya, coba juga resep semur daging, mi tiaw siram, kwe kia theng, dan nasi telur kecap yang juga sempat viral beberapa waktu lalu. Untuk ide-ide menarik lainnya, follow akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

Bahan

4
Porsi

150
g udang, buang kepala, sis akan ekornya
90
g tepung terigu protein sedang
45
g tepung maizena
250
ml air
40
ml santan instan
2
sdm margarin, lelehkan
25
batang kucai, iris 0,5 cm
¼
sdt baking powder
1
sdm
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus

6
butir bawang putih
5
butir bawang merah
½
sdm garam
1
sdt ketumbar bubuk
½
sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Siapkan mangkuk atau wadah besar, masukkan tepung terigu dan tepung beras. Tuang air, aduk hingga tercampur rata.

2

Tambahkan bumbu halus, Royco Kaldu Ayam, baking powder, dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi licin.

3

Masukkan kucai dan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng, aduk hingga rata.

4

Siapkan sendok sayur besar berbahan stainless steel. Panaskan minyak, rendam sendok sayur ke dalam minyak panas agar bakwan tidak lengket.

5

Sendokkan campuran tepung atau adonan bakwan menggunakan sendok sayur hingga hampir penuh. Letakkan 1 ekor udang ke bagian tengahnya. Celupkan kembali ke dalam minyak panas, diamkan hingga adonan setengah matang atau mudah terlepas dari sendok atau cetakannya. Lakukan proses serupa hingga menghasilkan beberapa buah bakwan dalam satu wajan.

6

Untuk mempercepat proses membentuk bakwan ini, bisa juga menggunakan cetakan khusus bakwan yang biasanya terdiri dari 3-5 wadah dalam 1 cetakan. Masak hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis. Sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr