Jenis Masakan


Resep Ayam Bumbu Parape Khas Makassar, Kuliner Daerah yang Memikat Hati

Simpan ke bagian favorit

Resep ayam bumbu parape khas Makassar layak dicoba untuk memperkaya khazanah kulinermu tentang olahan ayam. Berempah dan digoreng, yuk, cobain menu ini di rumah!

1jam
4 Porsi
Mudah
Wina|Oktober 12, 2019

Resep ayam bumbu parape khas Makassar bisa menjadi jawaban ketika kamu bosan dengan ayam goreng. Bumbu parape menawarkan sensasi spesial dari campuran kecap, asam jawa, dan gula merah.

Parape merupakan bumbu untuk ikan bakar atau ikan kukus di Makassar. Sesuai dengan arti kata parape yaitu bakar-bakaran dalam bahasa Makassar. Terbuat dari bawang merah, kecap, larutan air asam Jawa dan gula merah yang dihaluskan. Bumbu halus ini kemudian ditumis hingga harum, lalu dibaluri ke ikan bakar. Selain jadi baluran, parape sering dijadikan cocolan.

Kelezatan bumbu ini terus menyebar ke berbagai daerah. Hingga akhirnya parape digunakan sebagai bumbu ayam ungkep. Meski berbeda proses pengolahannya, bumbu ini tetap memberikan kelezatan yang tidak bisa ditolak. Setelah diungkep, goreng ayam agar bumbu semakin meresap. Sajikan ayam bumbu parape dengan sepiring nasi hangat dan lalapan segar, nikmat!

Daripada penasaran, langsung kita coba, yuk! Menu khas daerah lain yang patut kamu coba juga adalah sate rembiga dari Nusa Tenggara Barat, kambing bakar khas Gorontalo, dan gurame bakar sambal colo-colo khas Maluku.

Bahan-bahan

Bahan

  • 800 g (1 ekor) ayam, potong 8 bagian
  • 1 bungkus Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Goreng Belacan
  • 1 sdt larutan air asam jawa
  • 1 sdm gula merah, sisir halus
  • 3 sdm minyak, untuk menggoreng
  • 700 ml air

Cara membuat

1

Dalam panci, masukkan semua bahan kecuali minyak goreng. Masak ayam hingga lembut dan air meresap. Angkat dan sisihkan.

2

Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang.

3

Angkat dan sajikan.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.