Resep Ayam Bakar Rumahan yang Sederhana dan Enak - MAHI

Resep Ayam Bakar Rumahan yang Enak untuk Melengkapi Meja Makanmu

Simpan ke bagian favorit

Yuk, coba resep ayam bakar rumahan yang enak ini! Lengkapi dengan pendamping yang lezat di atas meja makan. Selamat mencoba!

2jam 30mnt
4 Porsi
Cukup rumit
Wina|Desember 15, 2021

Demi mewujudkan resep ayam bakar rumahan yang enak, kita perlu sedikit kesabaran dan teknik memasak yang benar. Pertama kali aku mencoba resep ini, niatku adalah untuk memanjakan keluarga dengan resep yang lebih istimewa. Untuk mencapai hal ini, ada dua hal yang bisa kita lakukan.

Pertama, memasak dengan waktu yang lebih lama. Kedua, memasak sesuatu yang lebih rumit – bahkan, untuk kelas profesional kedua hal ini harus dijalani. Tapi pada awalnya aku masih kurang percaya diri untuk menciptakan resep yang terlalu rumit. Berhubung saat bulan puasa aku punya lebih banyak waktu untuk ngabuburit, maka kuputuskan ini waktu yang tepat untuk berinvestasi lebih lama di dapur. Tempo hari saja aku pernah memasak semur ayam tahu yang bercita rasa pedas!

Ternyata, ketika sudah mencoba sendiri, resep yang kelihatannya “begitu-begitu saja” seperti ayam goreng atau ayam bakar ternyata punya tantangan tersendiri. Meski secara proses masaknya tidak ada yang mengejutkan tapi ada satu fase yang membutuhkan kesabaran, yaitu saat memasak ayam tersebut dengan bumbunya. Kalau kita ingin bumbunya benar-benar meresap dan dagingnya lembut, maka harus ditunggu dua jam.

Selebihnya yang perlu kamu lakukan untuk mengeksekusi resep ayam bakar sederhana ala rumahan yang enak dan gurih hanyalah memanggangnya dengan baik. Untuk panas yang lebih merata, aku lebih merekomendasikan papan panggangan di atas kompor – alasannya teknik membakar dengan batu bara atau kayu bakar bukan termasuk hal yang mudah. Kita bisa coba bahas itu di lain kesempatan.

Setelah semua bumbu merata, ayam dipanggang dengan baik, sesekali olesi lagi dengan bumbu supaya rasanya lebih meresap. Untuk detil resep ayam bakar rumahan ini, simak aja yang berikut!

Bahan-bahan

Bahan utama

  • 1 ekor ayam pejantan, bagi 4
  • 4 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 sdm air asam jawa
  • 500 ml santan

Bumbu halus

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat

1

Bersihkan ayam, potong 4 bagian.

 

2

Larutkan asam jawa dalam air panas. Remas-remas dan ambil airnya.

3

Masukkan semua bahan bumbu halus beserta Bango Kecap Manis ke dalam blender atau food processor. Haluskan.

4

Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak untuk menumis dan tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun salam dan sereh, aduk-aduk rata sampai tercium aroma wangi.

5

Tambahkan air asam jawa, aduk merata hingga tercampur ke bumbu. Kemudian masukkan potongan ayam, aduk merata dengan bumbu.

6

Setelah ayam bercampur dengan bumbu hingga merata dan setelah dalam penggorengan beberapa saat, masukkan santan. Masak ayam berbumbu dengan santan sampai semua meresap ke dalam ayam dengan baik. Sesekali di aduk supaya santan tidak pecah.

7

Memasak santan dan ayam ini dalam api kecil sekitar dua jam dan hasilnya daging ayam pun jadi empuk.

8

Siapkan panggangan. Jangan lupa bolak balik ayam ketika dibakar. Tiap kali oleskan sisa bumbu ke bagian ayam yang mulai kering saat memanggangnya.

9

Setelah ayam kecokelatan, angkat dan siap untuk disajikan.

Setelah ayam bakar siap untuk disajikan, tinggal sedia nasi, lalapan, dan sambal yang enak deh. Ada juga versi ayam bakar lain yang bisa kamu coba, yaitu Ayam Bakar Madu.

Ingin coba resep olahan tempe lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/404/ayam-bakar-gurih-nikmat/

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.