Resep Ayam Kukus Bawang Putih, Ide Resep MPASI - MAHI

Resep Ayam Kukus Bawang Putih, Pilihan Sehat untuk Si Junior

Simpan ke bagian favorit

Inilah kreasi MPASI yang sehat dan lezat untuk si kecil. Mudah dan cocok disajikan kapan saja, coba resep ayam kukus bawang putih ini, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juni 10, 2022

Menyiapkan MPASI untuk si kecil memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau harus berganti menu setiap hari untuk mencoba hal-hal baru. Maka, alangkah lebih praktisnya bila menemukan resep yang mudah untuk digarap dan rasanya disukai semua kalangan tanpa harus mengorbankan sisi sehatnya. Untuk itu, kamu harus mencoba resep yang satu ini – ayam kukus bawang putih!

Mengenal Konsep MPASI

Makanan Pendamping ASI (MPASI) umumnya mulai diberikan kepada bayi yang sudah menyentuh usia 6 bulan. Mengapa demikian? Ini dikarenakan kebutuhan energi dan gizi tidak lagi tercukup bila hanya mengandalkan ASI saja. Meski program ASI disarankan hingga anak berusia 2 tahun, namun MPASI tetap perlu diberikan sebagai pendamping sehari-hari karena diperlukan untuk pertumbuhan bayi dan pemenuhan gizinya.

Kemudian apa saja nutrisi yang harus dipenuhi dari sebuah hidangan MPASI? Kamu hanya perlu memastikan adanya karbohidrat sebagai sumber energi, protein hewani atau nabati, serta zat besi dan zinc. Selain itu, teksturnya juga perlu diperhatikan agar anak mudah untuk mencernanya, pun MPASI perlu dijaga sisi higienisnya serta porsiannya yang sesuai dengan usia. Biasanya MPASI diberikan tiga kali sehari sebagai makanan utama dan dua kali dalam bentuk camilan.

Kemudian, bagaimana dengan resep ayam kukus yang satu ini? Selain merupakan sumber protein hewani, ayam kukus cenderung mudah diterima anak karena teksturnya yang lembut, mudah meresap dengan bumbu sehingga lezat, dan relatif aman untuk dikenalkan karena minim allergen. Sementara itu, sumber karbohidratnya bisa berasal dari nasi tim yang gurih dan lembut. Wajib coba, bukan?

Tips Membuat Ayam Kukus Bawang Putih

Pertama, lumuri seluruh bagian daging ayam dengan minyak wijen, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, merica, bawang putih, jahe, dan daun bawang hingga merata. Diamkan dalam kulkas minimal selama 2 jam agar bumbunya meresap. Keluarkan dan kemudian kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat dan sajikan bersama nasi tim. Mudah!

Nah, mungkin ada sebagian dari kamu yang menanyakan mengenai apa perbedaan kaldu ayam Royco yang biasanya dengan jenis yang satu ini – Royco Kaldu Ayam Spesial. Khusus yang satu ini adalah kaldu non MSG atau dibuat tanpa penguat rasa dan pewarna. Kaldu ayam alami ini dibuat dengan daging ayam, tulang pilihan, serta rempah berkualitas dan garam beriodium.

Bagaimana? Sudah siap memasak menu MPASI hari ini? Selamat mencoba!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • ½ ekor ayam
  • 1 sdm minyak wijen
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 cm jahe, haluskan
  • 1 batang daun bawang, potong kasar

Pelengkap

  • nasi tim

Cara membuat

ayam kukus marinasi
1

Lumuri seluruh bagian daging ayam dengan minyak wijen, Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, merica, bawang putih, jahe, dan daun bawang hingga merata.

ayam kukus kulkas
2

Diamkan dalam kulkas minimal selama 2 jam agar bumbunya meresap. Keluarkan.

ayam kukus dandang
3

Kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat.

ayam kukus siap
4

Sajikan bersama nasi tim.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.