Cara Membuat Es Kopyor Jeruk Mudah Menyegarkan - MAHI

Cara Membuat Es Kopyor Jeruk, Segar Bugar Saat Hari Terik

Simpan ke bagian favorit

Praktis dan ekonomis, ternyata ada cara membuat es kopyor jeruk tanpa daging kelapa asli. Cari tahu caranya lewat resep Masak Apa Hari Ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Oktober 13, 2022

Satu lagi yang segar-segar untuk kamu buat di rumah saat hari sedang terik-teriknya bersama keluarga. Kalau es teh mungkin sudah biasa, ini saatnya kamu punya ide segar untuk melepas dahaga. Nah, Masak Apa Hari Ini punya ide cara membuat es kopyor jeruk yang simpel dan bisa jadi kejutan seru untuk keluarga. Satu ciri menarik dari minuman ini adalah kehadiran kopyor sintetis. Meski disebut sintetis, jangan khawatir karena bahan-bahannya aman dikonsumsi, kok. Lantas mengapa bukan kelapa kopyor asli? Yuk, dibahas dulu sebelum membuatnya!

Cara Membuat Es Kopyor, Mengapa Perlu Versi Sintetisnya?

Mari mulai dari jenis-jenis kelapa yang bisa dikonsumsi. Paling dikenal adalah empat jenis ini, yaitu kelapa muda, kelapa ijo, kelapa tua, serta kelapa kopyor. Kalau kelapa tua biasanya diparut dan dibuat menjadi santan, kelapa ijo biasanya digunakan untuk pengobatan, lalu kelapa muda adalah yang paling nikmat untuk diminum langsung. Lalu, bagaimana dengan kelapa kopyor? Menariknya, kopyor mengalami kelainan genetika saat pertumbuhannya sehingga tidak menjadi buah kelapa yang semestinya. Kelainan genetika ini menghasilkan isian daging berlimpah namun teksturnya hancur dan sudah bercampur dengan air kelapa sehingga rasanya begitu lezat.

Kalau begitu kenapa harus membuat sintetisnya? Jawabannya adalah sesimpel ini, kelapa kopyor cukup langka untuk ditemukan dan harganya mahal, bahkan bisa sampai 5 kali lipat harga kelapa muda! Dalam setiap tandannya, hanya ada beberapa butir saja yang bisa dikategorikan sebagai kelapa kopyor, dan tidak semua pohon kelapa bisa menghasilkannya. Itulah mengapa kopyor sintetis diciptakan dengan tekstur yang mirip namun berbekal bahan-bahan yang sehari-hari ada di dapur!

Minuman Lainnya dengan Kopyor Sintetis

Setelah menguasai cara membuat es kopyor sintetis ini, kamu bisa juga mengaplikasikannya pada minuman lainnya. Jadikan sebagai pengganti topping yang sedang tidak tersedia, ataupun tambahkan pada minuman favorit agar semakin menarik. Beberapa yang bisa kamu coba adalah es buah yang biasa tampil sebagai takjil saat bulan puasa, ataupun jus mangga yang ditambahkan buah beri serta yoghurt. Kehadiran kopyor bisa menjadikan minuman-minuman tadi makin seru untuk dinikmati!

Sudah siap mencobanya? Yuk, bergegas ke dapur untuk mencoba resep di bawah ini!

Bahan-bahan

  • 800 ml air matang
  • 2 buah jeruk nipis, iris tipis

Kopyor sintetis

  • 650 ml air kelapa
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm santan instan
  • 7 g agar-agar
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

1

Bagi rata air ke dalam dua buang kantung plastik. Ikat dan bekukan dalam freezer. Sisihkan.

2

Kopyor sintetis: Masukkan semua bahan ke dalam panci, aduk rata. Panaskan sambil di aduk di atas api kecil hingga hampir mendidih. Angkat. Sisihkan.

3

Keluarkan es batu, lepaskan plastiknya. Taruh bongkahan es batu dalam wadah besar.

4

Saat campuran kopyor sudah tidak terlalu panas, siramkan campuran kopyor ke atas es batu secara bertahap menggunakan sendok sayur untuk membuatnya terlihat seperti kopyor. Sisihkan.

5

Keluarkan sisa bongkahan es batu dan hancurkan untuk penyajian. Pindahkan ke dalam gelas saji.

6

Tuang Buavita Orange ke dalam gelas saji berisi es batu. Sendokkan kopyor ke dalam gelas saji. Tambahkan irisan jeruk nipis. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.