Tips Ngabuburit dari Dapur Rumah Sendiri

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Mei 22, 2018

Ngabuburit di sore hari harusnya menjadi momen mengisi waktu yang seru sembari menanti saat berbuka puasa. Nah ngabuburit gaya apa yang paling produktif sekaligus menyenangkan? Kita coba beberapa cara berikut ini yuk!

Ngabuburit memang lebih terasa serunya saat akhir pekan. Kenapa? Well, kalau kamu menghitung waktu kerja di kantor sampai sore dan berkomuter pulang ke rumah naik kereta sebagai ngabuburit — itu sih tidak bisa dihitung. Ngabuburit harus identik dengan melakukan kegiatan yang mengasyikkan.

Memang betul misalnya jalan-jalan sore, belanja takjil, ataupun menonton TV bisa disebut dengan ngabuburit. Tapi aku kali ini coba ajak teman-teman untuk ngabuburit di dapur rumah sendiri. Selain memasak untuk makanan berbuka, ternyata banyak yang bisa kita kerjakan di dapur. Yang jelas bakalan bermanfaat untuk puasa kamu di hari-hari berikutnya.

Membuat kaldu

ngabuburit
Kaldu selalu dibutuhkan di berbagai kesempatan. Sempatkanlah untuk selalu membuatnya. (Foto: Shutterstock)

Bagi yang hobi masak di dapur, ketersediaan kaldu selalu dibutuhkan setiap saat. Kamu bisa menyempatkan membuat kaldu dari nol dengan menggunakan tulang ayam atau balungan kaki sapi. Kalau ada sayuran sisa yang segar, cukup potong-potong dan tambahkan herba aromatik – jadilah kaldu sayuran.

Misalnya waktumu mepet dengan saatnya berbuka puasa, selalu ada Royco Kaldu Ayam ataupun Royco Kaldu Sapi yang jadi solusi cerdas sekaligus lezat.

Siapkan yang segar-segar untuk berbuka

Di sela-sela mengepulnya dapur, kalau kamu mendapati ada satu sudut ruangan yang tidak dipakai — kenapa tidak membuat yang segar-segar untuk buka puasa nanti?

Misalnya kamu bisa menyiapkan beragam es buah, meracik es kelapa, hingga minuman-minuman segar. Bahkan kalau masih ada waktunya untuk mendinginkan, bisa juga kita membuat pudding ataupun jelly.

Berjualan makanan

Untuk kamu yang rajin atau punya bakat memasak, bulan ini adalah saat yang tepat untuk menguji kemampuan wirausahamu. Dengan banyaknya tetangga yang juga ikutan berjualan makanan di kompleks perumahan, kenapa tidak seru-seruan untuk mencobanya?

Kamu bisa mulai dengan berjualan gorengan ataupun beragam kolak. Kalau ingin lebih bersaing, coba bereksperimen dengan kudapan-kudapan unik atau makanan berat yang bakal banyak dicari. Yuk kita cari idenya bersama-sama!

Beres-beres rumah dan dapur

Selalu saja ada yang bisa dirapikan di rumah dan khususnya dapur. Daripada menunggu malam tiba, kalau kamu sudah selesai memasak lebih baik segerakan untuk rapi-rapi. Buka puasa tiba maka kamu akan non-stop beraktivitas seperti makan, shalat Maghrib berjamaah, hingga ke masjid dan shalat Tarawih. Daripada keburu malas, lebih baik dilakukan selagi sempat ya teman-teman.

Persiapkan resep-resep makanan

ngabuburit
Banyak cara untuk ngabuburit di dapur dan tanpa terasa waktu buka puasa telah tiba! (Foto: Shutterstock)

Kalau malas beraktivitas fisik dengan beres-beres atau masak serius, kenapa tidak merencanakan saja dulu apa yang ingin kamu masak besok?

Kamu bisa mulai dengan browsing resep-resep di internet, lihat video-video tutorial memasak, hingga menyusun apa-apa yang kamu butuhkan. Selain itu kamu juga bisa sempatkan berbelanja bahan-bahan dan menyimpan belanjaan secara teratur agar tidak basi ketika kamu akan memasaknya di lain kesempatan.

Nah, banyak toh yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif saat ngabuburit? Ada ide-ide lain yang seru saat menanti buka puasa? Jangan lupa bagi kiat-kiat kamu denganku ya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.