Resep Sosis Goreng Asam Manis, Hidangan Andalan Saat Sahur

Simpan ke bagian favorit

Resep sosis goreng asam manis yang satu ini adalah kunci cepat menaklukkan hati keluarga. Cocok untuk dewasa maupun anak-anak, pastinya sulit bagi mereka untuk menolak hidangan yang satu ini.

30mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|April 20, 2018

Kalau ada satu makanan yang akrab di lidah dewasa maupun anak-anak, pasti titik tengahnya ada di sosis dan kentang goreng. Nah, kali ini aku ingin berbagi resep sosis goreng asam manis. Cocok dipadukan dengan nasi hangat ataupun kentang goreng maupun kentang tumbuk. Selain itu, resep ini pastinya praktis dan menggugah anak-anak agar tetap semangat makan saat sahur.

Semua orang pasti memiliki kesukaan tersendiri saat makan pagi. Belajar dari pengalaman sulitnya makan saat sahur, sosis menjadi senjata andalan kalau ada keluarga yang ogah-ogahan untuk sarapan. Tapi pastinya bosan kan kalau misalnya sosis hanya digoreng begitu saja dan dicocol dengan saus tomat ataupun sambal. Karena kentang goreng begitulah adanya, aku jadi berkreasi dengan sosis dan berbagai racikannya.

Cara memasak sosis goreng asam manis sangat cepat dan mudah. Pertama, goreng sosis seperti biasa dan tiriskan. Kemudian siapkan saus asam manis yang kental dan penuh dengan rasa nostalgia di wajan lainnya. Terakhir, cukup campurkan keduanya dan aduk-aduk hingga rata. Selebihnya dengan cepat kamu bisa sambil menggoreng kentang, membuat nasi goreng, atau kalau masih ngantuk, nasi putih hangat juga cukup.

Agar rasanya lebih lezat lagi, aku hanya mencari sosis yang berkualitas. Mungkin sedikit mahal, tapi sosis berkualitas punya banyak keunggulan. Selain rasanya yang lebih enak, tekstur daging juga lebih berasa sehingga tidak membosankan ketika dinikmati. Kalau ingin lebih spesifik, ada juga tipe-tipe sosis yang sudah diisikan keju, rasa agak pedas, rasa lada hitam, dan lain sebagainya. Kalau buatku sih yang penting rasa dan tekstur dagingnya lebih terasa.

Selain itu supaya tidak mepet dengan waktu imsak, persiapan masak juga perlu diperhatikan. Sosis dan kentang siap goreng dari kulkas biasanya perlu didiamkan dulu hingga tidak beku, maka manajemen waktu yang efisien saat Subuh juga menjadi penentu nikmatnya makan. Selain resep sosis goreng asam manis lezat yang kubagikan di sini, jangan lupa coba resep-resep lainnya ya.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 5 buah sosis sapi, potong setengah panjang
  • 2 bawang putih, cincang
  • ½ bawang bombay, potong dadu
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • 100 ml air
  • 1 sdm margarin
  • 100 ml minyak goreng

Cara membuat

1

Panaskan wajan dan minyak. Goreng sosis hingga merekah tapi jaga agar tidak terlalu kering. Angkat kemudian sisihkan.

2

Panaskan margarin, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan matang. Setelah itu, masukkan semua bahan lainnya. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, kemudian masak hingga mendidih.

3

Masukkan sosis ke dalam tumisan bahan lainnya. Masak selama sekitar 2 menit, lalu angkat dan sajikan.

Bagaimana kalau kamu coba resep ini saat sahur atau makan siang? Terkadang kita memang cuma punya waktu terbatas untuk menyiapkan makanan. Di sini, biarpun kamu bebas menggunakan bahan sosis jadi jenis apa pun, tapi dengan menambahkan sayur-sayuran segar setidaknya kamu bisa membuatnya lebih sehat.


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/sosis-goreng-asam-manis.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.