5 Menu Buka Puasa Berkuah yang Mudah Dicerna Tubuh - MAHI

5 Menu Buka Puasa Berkuah yang Hangat dan Mudah Dicerna Tubuh

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Maret 4, 2022

Buka puasa kerap kali menjadi momen dimana kita beranggapan bisa makan semaunya dan sebanyak-banyaknya. Saat berbuka, biasanya gorengan jadi incaran karena rasanya yang enak dan bisa dinikmati sebanyak mungkin. Apakah kamu juga begitu? Padahal setelah berpuasa sehari penuh, saluran pencernaan kita yang kosong sebaiknya diisikan dengan makanan yang sehat dan menghangatkan.  Apa saja sih manfaat mengonsumsi  serta ide resep menu buka puasa berkuah untuk berbuka? Yuk, cari tahu!

Manfaat mengonsumsi makanan berkuah

menu buka puasa berkuah berupa resep sup ayam bening disajikan
Hangat segar sup ayam bening selalu dinantikan di rumah kehadirannya. (Foto: MAHI)

Sebelumnya kita perlu memahami mengapa makanan berkuah hangat adalah salah satu pilihan sehat untuk berbuka puasa. Setelah mengetahui apa saja berikut ini, maka ada baiknya agar kita lebih cermat merencanakan menu berbuka puasa. Tak hanya harus lezat, tapi juga baik untuk kesehatan keluarga.

Pertama, mengonsumsi makanan berkuah seperti sup akan membantu tubuh untuk terhidrasi kembali. Seperti yang kita ketahui, asupan air selama bulan puasa tentu terbatas, sementara aktivitas harian bisa jadi bertambah. Selain minum air saat berbuka puasa, makanan berkuah juga akan menyuplai tubuh kita dengan nutrisi dan energi.

Kedua, berbuka puasa dengan makanan berkuah akan menghangatkan perut kita dan menghindarkan rasa begah ataupun sakit perut. Ini berbeda halnya dengan gorengan berminyak yang sulit dicerna tubuh dan mengganggu kinerja saluran pencernaan. Selain itu, makanan berkuah juga bisa mencegah terjadinya kenaikan asam lambung serta tenggorokan gatal. Kedua hal ini biasa terjadi apabila kita justru memilih untuk menikmati gorengan sebagai menu buka puasa.

Selain kekayaan gizi dari topping-nya, menu buka puasa berkuah akan menjadikan kita lebih cepat berisi. Ini akan membantu kita agar lebih mengontrol porsi makan malam dan menjadikan kita tidak kekenyangan. Nah, ternyata banyak manfaatnya, bukan? Sekarang kamu pasti penasaran akan menu makanan berkuah apa saja yang bisa kamu coba di rumah!

Ide-ide menu buka puasa berkuah

1. Resep binte biluhuta, menu sup tradisional asal Gorontalo

Untuk kamu yang belum familiar dengan masakan khas Gorontalo, maka inilah waktunya untuk berkenalan. Binte biluhuta, namanya unik namun hidangan sup sayur ini kaya akan bahan dan gizi. Tersaji hangat saat berbuka puasa, hidangan ini akan menghangatkan dan menyehatkan tubuhmu. Di antara topping yang bisa kamu gunakan untuk resep ini adalah jagung manis pipil, udang kupas, dan ikan cakalang asap yang disuwir. Salah satu topping khasnya juga adalah kelapa yang diparut. Agar lebih lezat, jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam, ya!

Pastikan untuk mencoba resep binte biluhuta ini, yuk!

2. Sup asparagus kepiting, hidangan khas Peranakan yang cocok untuk berbuka

Siapa yang tidak mengenal sup asparagus dan kepiting yang mewah ini? Biasanya kita menemukan sajian ini saat bertandang ke restoran khas Peranakan. Rasanya lezat dan menghangatkan, kandungan nutrisinya begitu kaya dan elegan. Agar proses memasak lebih mudah, kamu bisa menggunakan Royco Sup Krim Jagung dan selebihnya tinggal kamu tambahkan dengan asparagus, kepiting, kecap ikan, dan minyak wijen. Tambahkan putih telur dan larutan tepung maizena. Setelah merata dan kental, sajikan selagi hangat.

Coba resep sup asparagus kepiting, yuk!

3. Resep sup ayam bening, menu rumahan hemat dan favorit

Untuk cuaca dingin maupun panas, sup selalu memberikan kenikmatan tersendiri. Terlebih lagi ketika sedang berpuasa atau untuk yang sedang kurang sehat. Resep sup ayam bening ini adalah salah satu contoh yang cocok di segala situasi. Selain rasanya yang memanjakan, sup ini kaya akan gizi. Inilah pilihan tepat agar buka puasa kamu terasa bersahabat dan menghangatkan perutmu.

Coba resep sup ayam bening berikut ini!

4. Resep sup jamur, enak dan bikin tubuh hangat

Hanya dengan berbekal Royco Sup Krim Ayam dan tiga jenis jamur seperti champignon, enoki, dan jamur tiram; kamu sudah bisa membuat hidangan yang satu ini. Sajian ini adalah pilihan tepat untuk berbuka. Ringan, lezat, dan mudah untuk dicerna. Mengapa menggunakan tiga jenis jamur? Jawabannya adalah agar hidangannya semakin lezat dan teksturnya semakin kaya. Untuk harga juga kini jamur semakin bersahabat dan kelebihannya bisa kamu olah menjadi aneka macam menu lainnya.

Ini dia resep sup jamur yang lezat!

5. Resep sup tomat daging sapi, mudah dan tepat untuk berbuka puasa

Ide sajian berupa sup sebagai menu buka puasa berkuah tentu lebih dari sekadar rasa lezat dan pembangkit selera. Demi menghindari gorengan dan semacamnya yang akan “mengagetkan” saluran pencernaan kita, resep sup yang satu ini adalah alternatif lebih sehatnya. Sup tomat kali ini berisikan daging sapi cincang, kentang, dan juga wortel serta macaroni. Selain itu, aneka macam herba seperti daun oregano, basil, dan thyme akan menjadikan hidangan ini aromatik dan lezat.

Coba, yuk, resep sup tomat daging sapi ini!

Bagaimana dengan lima menu buka puasa berkuah tadi? Yuk, jadikan momen buka puasa sebagai saatnya mengonsumsi masakan yang lebih sehat! Pastikan juga untuk followlike, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.