4 Resep Kerang untuk yang Kangen Makan Seafood | Masak Apa Hari Ini?

4 Resep Kerang untuk Kamu yang Kangen Makan Seafood di Restoran

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 18, 2021

Sebuah masa dimana ruang gerak kita menjadi terbatas, maka takeaway ataupun layanan pesan antar menjadi obat rindu kita pada pengalaman makan di restoran. Salah satu rindu yang hampir tidak ada obatnya adalah menikmati seafood. Bayangkan satu meja penuh ikan, udang, cumi, kerang, hingga kepiting. Sulit digantikan pengalamannya, bukan? Nah, jangan sedih, kita mulai dulu dari resep kerang!

Sebagai salah satu seafood favorit, kerang terkadang hanya dianggap sebagai menu tambahan. Jangan salah, kerang punya banyak jenis dan kombinasi resepnya. Soal membuatnya juga tidak sulit lho ternyata! Berikut adalah resep kerang yang perlu kamu coba di rumah untuk mengobati rasa kangenmu makan di luar. Selamat mencoba!

1. Resep kerang kepah kuah santan

Resep kerang kepah berkuah di piring saji.
Saatnya mencoba resep kerang kepah kuah santan khas Sumatra di rumah. (Foto: Shutterstock)

Resep kerang kepah berkuah santan bisa menjadi ide cemerlang untuk santapan siang di akhir pekan. Tidak sulit membuatnya, menu ini menawarkan rasa gurih dari santan serta manis dari Bango Kecap Manis. Kamu bisa menyajikannya sebagai menu utama yang disandingkan dengan nasi atau kentang goreng.

Disebut sebagai khas Sumatra karena adanya asam gelugur. Masih satu kerabat dengan manggis, asam gelugur merupakan tanaman yang tumbuh subur di Asia Tenggara. Dijual dalam bentuk kepingan tipis berwarna cokelat, asam gelugur sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan Melayu dan Sumatra Utara. Selain memberi rasa asam, kehadiran asam ini juga bisa membuat kuah menjadi keruh.

Yuk, coba resep kerang kepah kuah santan!

2. Resep sate kerang bumbu kecap pedas

Sate kerang bumbu kecap pedas? Satu sajian yang cocok sebagai menu sampingan atau menu pembuka saat santap seafood bersama keluarga. Sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah!

Pertama-tama, pilihlah jenis kerang dara dan belilah dalam jumlah yang agak banyak. Maklum, kerang dara juga nikmat tersaji setelah dikukus dan dilengkapi saus nanas manis pedas. Tapi untuk kali ini cara mengolahnya adalah dengan mengolahnya bersama air asam jawa. Selanjutnya, tumis kerang bersama bumbu halus berupa bawang, cabai dan jahe. Tambahkan sedikit air dan Bango Kecap Manis. Setelah masak, tusuk dengan tusuk satai dan bakar sejenak untuk rasa yang smoky itu.

Inilah resep sate kerang bumbu kecap pedas!

3. Resep tumis kerang manis pedas

Tumis kerang manis pedas tersaji di atas piring.
Tumis kerang dara adalah alternatif seru dari versi rebusan yang sudah lama kita kenal. (Foto: MAHI)

Semakin kaya perbendaharaan masakan seafood dalam kamus masakmu, maka semakin semarak ruang makan di rumah. Kali ini tumis kerang dara manis pedas jadi pilihan tepat untuk kamu coba malam ini.

Memang kita terbiasa menikmati kerang dara rebus di warung ataupun restoran boga bahari kesukaan. Tapi seru juga lho ternyata membuatnya sendiri di rumah, apalagi kali ini kita membuatnya dalam versi tumisan. Cara membuatnya mirip-mirip saja kok. Pertama rebus dulu kerang hingga matang, lalu tibalah proses yang sedikit membutuhkan ekstra kesabaran – mengupasnya satu demi satu. Setelah siap, cukup tumis secara sederhana menggunakan bawang, cabai, Bango Kecap Manis, dan nanas untuk rasa segar. Sajikan dengan nasi hangat, rasanya sudah selangit.

Coba resep tumis kerang manis pedas, yuk!

4. Resep kerang hijau kuah kecap

Untuk menu ini, aku akan tetap menggunakan cangkang kerangnya. Sebelum diolah, sikat perlahan cangkang untuk melunturkan kotoran yang menempel. Kemudian, bilas dengan air mengalir. Lalu rebus kerang dengan rempah seperti bawang putih, serai, daun jeruk, dan jahe. Bukan hanya menghilangkan bau amis, proses perebusan ini juga bisa membuat kerang cepat lembut saat dimasak kuah kecap.

Nah, resep semakin istimewa karena aku menggunakan air kelapa. Rasa air kelapa yang sedikit manis dan gurih dapat memperkaya cita rasa olahan kerang ini. Aku sarankan untuk menggunakan air kelapa muda dari buah kelapanya langsung yang masih segar.

Simak resep kerang hijau kuah kecap berikut!

Sudah siap mengolah kerang untuk pesta seafood di rumah malam ini? Selamat berkreasi di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.