Tips Jadi Tuan Rumah Hebat Saat Jamuan Makan Lebaran

Tim MAHI|Mei 27, 2018

Setelah 30 hari berpuasa, tibalah hari yang sangat dinanti-nantikan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Acara jamuan makan Lebaran akan menjadi momen yang bermakna sepanjang tahun, apalagi jika dipersiapkan dengan niat tulus dan terencana.

Berani dong tahun ini untuk mengajukan diri dan berkata, “Saya siap menjadi ketua panitia halal bihalal Lebaran!” Kapan lagi kamu bisa menguji kemampuan berorganisasi sekaligus mengajak keluarga mencicipi hasil jerih payahmu memasak di dapur — walaupun itu baru sebatas masak mi yamin jamur dan ayam goreng saus mentega.

Tim MAHI sudah menyusun beberapa poin penting yang pastinya bisa segera kamu praktekkan:

Perencanaan menu makanan

jamuan makan lebaran
Rencanakan menu sejak dini agar persiapan Lebaran lebih mudah. (Foto: Shutterstock)

Makanan Lebaran khas di Indonesia sangat dikenal dengan makanan-makanan berkuah, seperti opor ayam, Kari Kentang, Tahu Cabe Ijo, hingga Semur Daging. Tak hanya itu, menu-menu ini biasanya didampingi dengan sambal goreng ati, acar, beraneka kerupuk, atau pun ketupat dan lontong. Ini artinya, kamu juga perlu menyiapkan makanan pelengkap serta kondimen yang akan dicari orang saat makan, seperti sambal kecap.

Selebihnya yang perlu dipikirkan untuk jamuan makan Lebaran adalah hidangan pencuci mulut. Kue Lebaran hingga dessert kekinian kini bisa mudah dibeli sehari sebelum hari raya. Variasi seperti pillow cake khas Jepang atau pencuci mulut khas Indonesia seperti cendol atau bahkan nastaar tetap akan dicari-cari. Dengan memadukan antara makanan Indonesia yang sudah menjadi semacam tradisi dan cemilan modern yang sering membuat orang penasaran karena antrian kasirnya selalu panjang, kamu bisa menghibur tamu dari segala umur.

Jika merasa sedikit tertantang, pilih saja satu atau dua dari beberapa menu yang sudah kamu tentukan untuk kamu masak sendiri.  MAHI sudah menyiapkan banyak video dan resep masakan yang bisa langsung kamu praktekkan, di halaman resep.

Estetika penyajian makanan

Satu hal yang kadang terlewat setelah persiapan makanan adalah gaya penyajiannya. Padahal, sebenarnya kita bisa melakukan sedikit usaha untuk membuat tampilan visual makanan terlihat lebih menarik dan memberikan nilai tambah disamping rasanya yang lezat. Bangga kan, kalau tampilan hidanganmu terlihat cantik saat nampang di halaman Instagram sepupu atau tantemu yang berjiwa hipster.

Berhubung menu Lebaran beragam — dan mayoritas berkuah, MAHI sarankan sih kamu sudah menyiapkan meja makan panjang yang ditutupi oleh table runner berwarna gelap atau memberi alas semacam taplak bambu supaya acara cuci-mencuci seusai acara menjadi lebih mudah seandainya terjadi pertumpahan kecap di tempat. Dekorasi khas Lebaran bisa kamu pakai untuk mewarnai rumah sekaligus meja makan, misalnya daun janur, bunga segar, lampu hias, dan lain sebagainya.

Seandainya kamu malas mencuci piring, gelas dan peralatan makan setelah acara selesai, pilih saja peralatan makan dari plastik yang masih terlihat elegan. Kamu juga bisa kok memanggil pasukan pembersih lewat aplikasi mobile seandainya merasa kewalahan.

Pengaturan anggaran

jamuan makan lebaran
Perencanaan acara yang baik berawal dari pengaturan anggaran yang tepat. (Foto: Shutterstock)

Perencanaan keuangan yang baik dan tertata akan mempermudah kita dalam mempersiapkan berbagai acara keluarga. Khususnya untuk jamuan makan Lebaran tahun ini, ada baiknya seluruh keluarga mendiskusikan tentang pendanaan acara serta jumlah yang harus disumbang per keluarga. Salah satu yang tidak memberatkan adalah dengan menarik iuran bulanan yang dananya juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan silaturahmi lainnya di luar Lebaran.

Khusus untuk acara ini, kamu sebagai panitia wajib menyusun perkiraan pengeluaran serta berapa dana yang akan dibutuhkan. Setelah itu, kelompokkan semuanya dalam skala prioritas dan tetapkan anggaran. Beberapa hal yang harus diantisipasi misalnya kenaikan harga daging dan penambahan jumlah tamu yang datang. Sebaiknya kamu sudah menyiapkan anggaran ekstra untuk hal-hal tidak terduga seperti ini.

Yang perlu diingat, jangan sampai rencana ini memberatkan keluargamu atau keluarga lain. Jadikan Idul Fitri sebagai ajang berbagi, sehingga dana yang kurang bisa ditutupi dan semua bisa hadir untuk merayakan Lebaran tanpa beban.

Mengadakan berbagai kegiatan seru

jamuan makan lebaran
Jadikan acara keluarga saat Lebaran seseru perayaan 17 Agustusan! (Foto: Shutterstock)

Tidak salah lagi, ini adalah tugas yang paling menyenangkan untuk jamuan makan Lebaran tahun ini! Coba pikirkan permainan yang cocok untuk segala usia. Seandainya di lokasi tersedia halaman luas, maka anak-akan bisa dengan mudah diajak berpartisipasi dalam lomba-lomba tradisional, seperti balap karung, makan kerupuk, makan kue, perang pistol air, atau pukul guling di atas kolam renang.

Untuk para remaja, ajak mereka bergabung dalam permainan seru yang membuat mereka berpaling dari gadget di tangan Permainan board games, kuis, atau olahraga fisik yang tidak berbahaya bisa menarik minat mereka. Kamu bisa lebih kreatif dengan menyembunyikan grand prize paling spesial dan mengajak seluruh keluarga untuk menemukannya. Intinya, gunakan seluruh imajinasimu agar acara Lebaran tahun ini lebih seru dari tahun sebelumnya.

Semoga ide-ide dari MAHI kali ini bisa membuat perayaan Lebaran kamu lebih berkesan. Selamat merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.