4 Olahan Pisang a la MAHI untuk Camilan - MAHI

4 Olahan Pisang a la MAHI untuk Camilan Sore yang Lezat

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juni 26, 2021

Enak dinikmati begitu saja atau dibuat menjadi beragam olahan, rasanya buah yang satu ini memang tidak ada lawannya. Indonesia dianugerahi begitu banyak macam pisang dengan tipikal rasa dan tekstur bahkan peruntukkan yang berbeda-beda. Tak heran kalau aneka olahan pisang begitu banyak ditemukan di negeri ini.

Nah, untuk yang ingin menikmati camilan sore berbahan dasar buah pisang, kali ini MAHI punya beberapa pilihannya. Apa sajakah itu? Simak bersama, yuk!

1. Resep pisang nugget saus karamel

Pisang nugget belakangan sedang sangat digandrungi. Camilan kriuk manis ini melesat menjadi idola baru setelah martabak manis klasik. Bayangkan pisang yang disalut tepung panir, digoreng kering, tersaji hangat dengan lelehan cokelat. Sulit untuk ditolak! Nah, kali ini ada twist seru untuk dicoba – resep pisang nugget saus karamel!

Membuat saus karamel tidak sesulit yang dibayangkan kok sebetulnya. Tidak butuh proses memanaskan gula dan khawatir mengalami kegagalan ataupun gosong. Begitupun bukan juga melalui proses orang Amerika Selatan memanaskan susu kental manis selama berjam-jam alias membuat dulce de leche. Kali ini kita menggunakan SariWangi Milk Tea Caramel untuk memberikan nyawa pada resep pisang nugget klasik.

Inilah resep pisang nugget saus karamel!

2. Resep bolu pisang kukus

Hasil membuat resep bolu pisang disajikan di atas piring putih dan ditemani secangkir teh.
Resep Bolu Pisang Kukus dengan Kismis. (Foto: Shutterstock)

Butuh inspirasi untuk camilan WFH (work from home)? Resep bolu pisang tanpa mikser dan oven ini bisa jadi ide menarik. Bahan-bahannya sangat sederhana, yaitu pisang, gula palem, telur, dan minyak. Hidangan ini sangat pas buat kita yang sedang mencari cake vegetarian yang dikukus.

Salah satu jenis pisang yang aku rekomendasikan adalah pisang Ambon. Pisang jenis ini memberi rasa manis yang juga bikin kue jadi lebih legit. Untuk hidangan berbahan pisang seperti kue, roti, atau dessert yang pisangnya dihaluskan dan dimasak, biasanya yang selalu jadi pilihan adalah pisang yang sudah overripe atau sangat matang. Pisang dalam kondisi ini memberi aroma dan rasa yang lebih kuat pada cake.

Selain pisang Ambon, pilih jenis pisang yang bertekstur empuk dan punya rasa manis. Kita bisa menggunakan pisang mas, pisang Lampung, atau pisang Cavendish. Karena waktu membuatnya singkat dan mudah membuatnya, kita bisa mempraktikkan resep bolu pisang kukus ini kapan saja.

Coba resep bolu pisang kukus, yuk!

3. Resep kolak pisang ubi ungu

Salah satu tips bikin kolak pisang enak adalah pemilihan pisang sebagai bahan utamanya. Pilih pisang yang sudah matang tapi tidak terlalu empuk supaya tidak lembek saat dimasak. Pisang yang digunakan bisa jenis pisang tanduk, pisang raja, atau pisang nangka. Hindari memilih pisang yang masih mentah atau keras karena cita rasanya masih hambar bahkan sepat.

Kombinasi bahan tambahan selain pisang bisa berupa ubi merah, singkong, ubi ungu, atau biji salak yang akan membuat kolak semakin banyak isinya. Tambahkan juga kolang kaling atau pacar cina supaya sensasi mengunyah kolak jadi lebih seru.

Bikin resep kolak pisang ubi ungu, yuk!

4. Resep olahan pisang goreng saus kinca

Pisang goreng kinca disajikan bersama kopi.
Pisang goreng dengan kinca punya rasa manis gurih yang menggoda! (Foto: Shutterstock)

Olahan pisang yang satu ini bisa menjadi camilan pagi maupun sore hari. Jenis pisang yang umumnya digoreng salah satunya adalah pisang tanduk. Pilih pisang tanduk yang matang sehingga terasa legit saat disantap. Sebelum digoreng, potong pisang sesuai selera, balut dengan adonan tepung.

Selanjutnya, lengkapi dengan saus kinca. Saus kinca ini dalam resep ini adalah kinca gula merah dengan tambahan santan. Saus kinca seperti ini akrab disajikan sebagai kuah serabi atau surabi. Ada rasa legit yang khas dari gula merah dan santan, serta wangi dari daun pandan.

Inilah resep pisang goreng saus kinca!

Lengkap sudah koleksi olahan pisang untuk dessert ataupun camilan sore. Yuk, kita mulai coba buat hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.