5 Menu Maksi Enak yang Menggunakan Sawi Putih - MAHI

5 Menu Maksi Enak yang Menggunakan Sawi Putih

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Januari 10, 2022

Salah satu sayuran yang jadi favorit para ibu-ibu adalah sawi putih. Harganya murah, ukurannya besar, mudah diolah, relatif tahan lama, dan dapat diolah menjadi banyak masakan. Buat kamu yang memulai hobi masak, bisa jadi kamu masih bingung mencari ide untuk menu maksi hari ini. Menemukan sebonggol besar sawi putih, enaknya dimasak jadi apa, ya?

Sebelumnya, bahas sedikit dulu, yuk, soal kelebihan sayuran ini. Nama lainnya adalah napa cabbage atau Chinese cabbage, sawi putih lebih populer di masakan Asia Timur. Bicara soal gizinya, sawi putih memiliki kandungan vitamin A, B2, C, dan K, serta fosfor, zat besi, natrium, kalium, folat, dan juga beta karoten. Kemudian manfaatnya untuk kesehatan tubuh juga berlimpah, sehingga sawi putih benar-benar cocok untuk tampil sebagai hidangan sehari-hari di rumah. Apalagi di tahun yang baru, ini kesempatan untuk mencapai resolusi baru menjadi lebih sehat dengan memasak bahan-bahan yang bergizi!

Berikutnya, yuk, kita bahas ide-ide resep apa yang bisa kamu buat di rumah!

1. Resep Capcay Sayuran

Cap cay disajikan di dalam mangkuk
Warna warni cap cay selalu saja mengundang selera! (Foto: Shutterstock)

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan yang namanya cap cay bukan? Menu tumisan sayur kaya gizi ini dikenal karena menggunakan begitu banyak bahan tapi hasilnya tetap lezat. Selain sawi putih, kamu bisa menambahkan kol putih, brokoli, kapri, jamur, dan wortel. Opsional bisa juga menambahkan jagung muda, daun bawang, daging ayam, udang, cumi, dan sebagainya. Agar semakin lezat, tambahkan juga Royco Kaldu Ayam, ya!

Simak resep cap cay goreng khas MAHI di sini!

2. Resep Tumis Sawi Putih dengan Jamur Kuping

Supaya resep tumisan yang mudah ini maksimal hasilnya, yuk, pelajari juga cara memilih dan mengolah sawi putih yang benar. Kesegaran sawi putih bisa dilihat dengan mudah, yaitu dari lembarannya yang tampak segar, tidak berair, dan tidak busuk yang ditandai dengan warna kecokelatan. Untuk membersihkannya, kamu bisa melepaskan setiap lembaran sawi. Cuci bersih dengan air mengalir agar kotoran di bagian bonggol sawi hilang. Sebaiknya tumis sawi putih tidak terlalu lama, agar kamu bisa merasakan rasa manis alami dari sayur.

Sudah siap memasak? Simak resepnya di sini!

3. Resep Kimchi dengan Kaldu Jamur

Sekarang semua orang bisa membuat sendiri kimchi di rumah, lho! Berbekal sawi putih dan Royco Kaldu Jamur, bayangkan bisa menyantapnya saat nonton drakor favorit di rumah. Lengkapi dengan masakan Korea kesukaanmu lainnya dan lengkap sudah pengalamannya! Proses membuatnya memang membutuhkan waktu, tapi kamu bisa menyimpan kimchi dalam waktu cukup lama di kulkas. Kapan saja kamu mau, tinggal ambil dan nikmat dalam sekejap. Bahkan dengan bermodal nasi hangat saja rasanya sudah sempurna!

Selain menonton videonya di atas, simak juga berbagai tips membuat kimchi di sini agar hasilnya sempurna, ya!

4. Resep Sukiyaki untuk Akhir Pekan bareng Keluarga

Teknik memasak simmering pada sukiyaki.
Sukiyaki adalah salah satu contoh masakan yang menggunakan teknik masak simmering. (Foto: Shutterstock)

Buat penggemar masakan Jepang, pastinya sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Sukiyaki adalah hidangan yang paling nikmat disantap bersama keluarga ataupun teman-teman. Selain sawi putih, tambahkan daging sapi, jamur hioko, jamur enoki, dan juga tofu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daun bawang dan juga mie shirataki. Siapkan saus warishita berupa paduan mirin halal, kecap asin, dan gula pasir. Masak sukiyaki dalam panci atau wajan yang agak dalam, dan masukkan bahan-bahan bersama sausnya. Setelah matang, nikmati selagi hangat!

5. Resep Yasai Itame, Tumisan Sayur Khas Jepang

Satu lagi bonus untuk penggemar sawi putih dan makanan Jepang, yaitu resep yasai itame. Tumisan sayur yang satu ini cita rasanya paling pas menemani segenap hidangan Negeri Sakura lainnya. Potong-potong bawang bombay, kapri, sawi putih, wortel, dan taoge. Setelah wajan panas, masukkan bawang putih dan bumbui bahan-bahan dengan jahe, soy sauce, dan Royco Saus Tiram. Terakhir tambahkan lada hitam dan minyak wijen secukupnya. Hidangkan hangat untuk keluarga!

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi cara mengolah sawi putih karena ternyata memang benar banyak caranya, bukan? Apalagi bila diolah menjadi makanan sehat untuk sehari-hari untuk menjaga kondisi dan meningkatkan imunitas. Jadi nggak ada alasan lagi untuk tidak masak. Yuk, kita ke dapur! Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.