Jenis Masakan


Resep Tumis Sawi Putih Jamur Kuping, Resep Sayuran Praktis Minggu Ini

Simpan ke bagian favorit

Sajikan resep tumis sawi putih dengan jamur kuping untuk hidangan sayur tumis yang praktis dan enak. Yuk, bikin untuk pendamping ayam goreng mentega.

25mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|April 28, 2020

Masih harus meluangkan banyak waktu di rumah? Tidak perlu bingung, kamu masih bisa menyajikan menu nikmat seperti tumis sawi putih jamur. Selain rasa yang patut diacungin jempol, proses memasaknya pun anti-repot.

Sawi putih mudah ditemukan di pasar tradisional, supermarket hingga toko sayur daring. Kesegaran sawi putih bisa dilihat dengan mudah, yaitu dari lembarannya yang tampak segar, tidak berair, dan tidak busuk yang ditandai dengan warna kecokelatan.

Untuk membersihkannya, kamu bisa melepaskan setiap lembaran sawi. Cuci bersih dengan air mengalir agar kotoran di bagian bonggol sawi hilang. Sebaiknya tumis sawi putih tidak terlalu lama, agar kamu bisa merasakan rasa manis alami dari sayur. 

Untuk pendampingnya, kali ini aku masukkan jamur kuping untuk menambah tekstur saat menyantapnya. Termasuk dalam keluarga jamur, jamur kuping berwarna cokelat tua kemerahan yang berbentuk menyerupai daun telinga manusia. Bertekstur kenyal, jamur ini perlu cara ekstra untuk membersihkannya. Pertama, potong bagian paling bawah yang cukup keras, cuci dengan air mengalir agar kotoran yang menempel di sela-sela bisa hilang. Setelahnya potong jamur sesuai selera agar mudah dimakan. Sebelum memasaknya, rendam potongan jamur dalam air bersih untuk sedikit melembutkannya. 

Satu rahasia yang meningkatkan rasa dalam resep ini adalah minyak wijen. Kamu bisa memasukkannya di akhir proses setelah kompor dimatikan. Aroma dan rasanya dijamin membuatmu ketagihan. Langsung kita coba buat tumis sawi putih, yuk!

Bahan-bahan

Bahan

  • 400 g sawi putih, potong 5 cm
  • 100 g daging sapi sukiyaki, iris tipis
  • 50 g jamur kuping kering, rendam, iris
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt minyak wijen
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.

2

Masukkan daging sapi, tumis hingga jamur, sawi, cabai, aduk rata.

3

Tambahkan Royco Kaldu Sapi dan air, aduk rata. Masak hingga sayur matang.

4

Tambahkan minyak wijen, aduk rata. Angkat. Sajikan.

Mudah dan menyehatkan, resep tumisan lezat ini layak tersaji sebagai pendamping berbagai macam menu rumahan. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.