5 Menu Buka Puasa Idul Adha yang Nikmat dan Sehat

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Juli 1, 2020

Puasa Idul Adha biasanya tak semeriah puasa Ramadan. Hal ini disebabkan jumlah hari yang lebih sedikit, dan hukumnya yang sunnah bukan wajib. Namun, tak ada salahnya untuk meramaikan puasa Idul Adha di rumah, dengan menyajikan menu buka puasa yang menarik.

Karena biasanya di hari Idul Adha dan Hari Tasyrik kita berpesta daging, ada baiknya kita menyiapkan perut terlebih dahulu di hari-hari sebelumnya. Selain dengan berpuasa, kita bisa menyiapkan stok serat di tubuh kita dengan makanan yang bergizi. Dengan begitu, pencernaan bisa lebih lancar. Berikut adalah menu buka puasa yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Tumis kangkung taoco, menu buka puasa Idul Adha lezat

Kangkung jadi salah satu sayuran yang paling mudah ditemukan dan praktis untuk diolah. Meski harganya cenderung murah, kangkung cukup kaya serat, lho. Tak salah jika kamu menyajikannya untuk menu buka puasa Idul Adha.

Agar lebih terasa spesial, kamu bisa berinovasi dengan bumbunya. Salah satu resep yang bisa kamu coba adalah tumis kangkung taoco. Paduan taoco dan kecap manis menjadikan tumis kangkung ini lebih spesial. Cobain, yuk!

2. Terong bakar saus tempe, mudah untuk dibuat

Sajikan terong bakar sambal tempe.
Terong bakar saus tempe yang nikmat. (Foto: MAHI)

Sayuran berikutnya yang bisa kamu kreasikan di rumah adalah terong. Jika biasanya kita mengolah terong dengan cara ditumis atau digoreng, kali ini kita akan membakarnya. Resep terong bakar ini kita padukan dengan saus tempe. Jadi, rasanya pun lebih spesial!

Saus tempe sendiri sebenarnya terdiri dari tempe kukus yang dihaluskan dan ditumis menggunakan bumbu spesial. Perpaduan olahan kacang kedelai dengan terong bakar ini menghasilkan rasa yang tak biasa. Kata siapa makanan kaya serat tak bisa dibuat enak?

3. Sup apel ikan patin, unik dan menyehatkan

Sup Apel Ikan Patin tersaji untuk disantap.
Inilah menu unik kali ini, Sup Apel Ikan Patin! (Foto: MAHI)

Saat berbuka puasa, perut kita juga belum sepenuhnya siap untuk menggiling makanan yang terlalu berat. Kamu bisa menyajikan makanan berupa sup yang mengandung lebih banyak air. Jika sup ayam terasa sudah biasa, cobalah membuat resep sup apel ikan patin ini.

Bagaimana ya paduan ikan patin dan apel dalam satu mangkuk? Apel memberikan sedikit rasa manis serta asam yang justru membuat sajian ini menjadi lebih segar. Disajikan dengan nasi hangat, sup apel ikan patin akan membuat suasana buka puasa jadi lebih istimewa.

4. Sup oyong bakso ikan, tambah misua lebih nikmat

Ingin sajian yang lebih praktis? Kamu bisa mengolah sup oyong dengan tambahan bakso ikan. Meski jarang dibicarakan, oyong merupakan salah satu sayuran yang kaya vitamin A dan vitamin C sehingga baik untuk Kesehatan. Resep sup oyong bakso ikan ini dibuat bening sehingga terasa segar dan bisa dinikmati oleh semua umur, termasuk anak-anak.

5. Tumis brokoli tahu putih, menu pendamping fleksibel

Makanan lainnya yang juga cocok dikonsumsi saat buka puasa adalah tumis brokoli. Sayuran ini sudah dikenal kaya akan nutrisi, mulai dari asam folat, vitamin C, dan serat. Cara mengolahnya pun relatif mudah. Jadi, menu ini cocok untukmu yang tak punya banyak waktu memasak.

Padukan tumis brokoli dengan tahu putih untuk memberikan tekstur rasa yang lebih kaya. Sajian ini akan lebih nikmat jika brokoli tidak dimasak terlalu lama, sehingga memberikan tekstur yang masih crunchy. Lihat resep lengkap tumis brokoli tahu ini, ya.

Berbuka puasa dengan menu kaya serat, tapi tetap nikmat, bukan hal yang mustahil. Selamat berpuasa Idul Adha, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.