Jenis Masakan


Resep Tumis Brokoli Tahu Putih, Menu Sayur Praktis untuk Teman Nasi

Simpan ke bagian favorit

Masak sehat di rumah dengan tumis brokoli tahu putih berikut. Praktis dan enak disandingkan lauk yang ditumis atau digoreng. Yuk, simak resepnya!

30mnt
3 Porsi
Mudah
Valentina|April 26, 2020

Brokoli disandingkan dengan tahu putih? Ide menarik untuk diolah menjadi tumisan pendamping nasi hangat. Brokoli memang termasuk salah satu sayuran yang fleksibel dimasak dalam berbagai cara. Direbus begitu saja, dijadikan sup, tumis brokoli, atau bahkan dijadikan sayuran dalam salad. Semua enak! 

Sebelum membeli brokoli, pastikan memilih yang dalam kondisi segar. Ditandai dengan batang dan kuntumnya masih berwarna hijau segar, tidak berarir, dan pastikan tidak ada ulat kecil yang kerap ada di sela-sela kuntumnya. Setelah kuntum brokoli dipetiki, cuci bersih dengan air mengalir, ya!

Kemudian gunakan tahu putih, potong dadu sebesar 2 cm. Ketika tahu berlebih, segera simpan tahu di kulkas dengan cara menyimpan tahu yang tepat agar tidak cepat asam. Setelah tahu putih dipotong, aku akan menggoreng tahu setengah matang agar tidak mudah hancur ketika dimasak. Agar tidak cepat hangus, goreng tahu dengan api kecil. Masukkan tahu juga di tahapan akhir. ya.

Untuk bumbunya, cukup gunakan bawang putih dan bawang bombay. Perhatikan kamu tetap mengaduk kedua bawang saat menumis agar tidak cepat hangus. Setelah harum, masukkan brokoli dan air. Masak hingga brokoli mulai lembut. Lalu masukkan tahu dan bumbu seperti garam, merica, gula dan Royco Kaldu Ayam. Sajikan langsung di atas nasi hangat bisa menjadi pilihan tepat. 

Selain resep ini, ada olahan brokoli lain yang bisa kamu coba juga di rumah seperti brokoli saus jamur dan sate udang brokoli panggang.

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g brokoli , potong sesuai kuntumnya
  • 200 g udang, kupas, sisakan ekornya
  • 1 buah tahu putih, potong dadu, goreng setengah matang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 50 g bawang bombay, iris tipis
  • 200 ml air
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan udang dan brokoli, aduk rata.

 

2

Tuang air, masak hingga brokoli hampir matang. Masukkan tahu, merica, dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata. Angkat. Sajikan.

Resep yang mudah, sehat, dan menyenangkan! Siapapun pasti bisa membuatnya tanpa harus banyak berepot-repot. Siapkan untuk hari ini, yuk!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.