Resep Bubur Ayam Hainan Menyehatkan - MAHI

Bubur Ayam Hainan, Resep Makanan Rumahan yang Enak dan Praktis

Simpan ke bagian favorit

Sehat dan lezat, bubur ayam Hainan tepat tersaji untuk makan pagi ataupun pemulihan di kala sakit. Cari tahu yuk cara membuatnya berikut ini!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Maret 18, 2018

Resep bubur ayam Hainan ini terinspirasi dari nasi ayam asal Hainan, Tiongkok, yang akrab sekali sebagai resep rumahan kemudian terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Nasi dimasak dengan cita rasa kaldu ayam yang membuatnya jadi gurih dan kaya rasa.

Baik sebagai makan pagi ataupun di saat pemulihan ketika sedang tidak sehat, bubur ayam Hainan yang hangat ini adalah pilihan yang tepat. Sebagai tambahannya, tinggal siapkan bawang daun ataupun bawang merah goreng. Bahkan untuk penggemar bubur khas Oriental ini, bisa juga menambahkan cakwe. Meskipun bagiku, hidangan sehat tanpa gorengan akan lebih baik untuk tubuhmu.

Ingin membuat bubur ayam lebih cepat? Rendam beras selama beberapa jam sebelum dimasak supaya proses memasak bubur jadi lebih cepat. Selain itu, gunakan air kaldu supaya cita rasa bubur jadi lebih gurih dan sedap.

Proses pertama yang perlu dilalui adalah menyiapkan ayam utuh tanpa kulit yang akan direbus bersama bumbu-bumbu yang telah ditumis ringan serta ada tambahan Royco Kaldu Ayam untuk kuahnya. Setelahnya ayam yang telah direbus cukup untuk dipotong-potong dan siap disajikan bersama bubur ayam nanti. Sementara untuk buburnya sendiri cukup dimasak dengan menggunakan kuah yang telah siap dan nantikan hingga mengental dan siap dinikmati

Selain bubur ayam Hainan, aku ingin berbagi resep bubur ayam lain yang bisa kamu coba di rumah.

Resep masakan rumahan praktis dan sederhana

1. Bubur ayam kuning

Bubur ayam kuning atau bubur ayam dengan kuah kuning adalah salah satu jenis bubur yang akrab di kita sehari-hari. Kuah kuning yang mirip seperti kuah soto ini ternyata mudah dibuat, yakni dibuat dari bumbu dasar putih dengan tambahan beberapa rempah, yakni kunyit, serai, lengkuas, dan daun salam.

2. Bubur ayam jamur tiram

Ini adalah jenis bubur yang dimasak dengan kaldu ayam lalu disajikan dengan topping jamur tiram tumis. Supaya menikmati bubur ayam jamur tiram lebih mantap, kamu bisa menyajikan irisan daun bawang atau daun ketumbar dan juga sambal bawang putih ulek buat penyuka rasa pedas.

3. Bubur ayam bulgogi

Yang ini terinspirasi dari masakan populer asal Korea, yaitu bulgogi yang dijadikan sebagai topping bubur ayam. Sebagai ide pelengkap, kamu bisa menambahkan pangsit goreng agar bubur ayam bulgogi semakin lezat.

Bahan-bahan

Bahan

  • 200 g beras putih
  • 900 g daging ayam tanpa kulit
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 L air
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm minyak sayur

Bahan pelengkap

  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • bawang merah goreng

Cara membuat

bubur ayam hainan
1

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.

bubur ayam hainan
2

Masukkan daging ayam, aduk. Masak hingga ayam berubah warna.

bubur ayam hainan
3

Tuang air, masak hingga mendidih. Tambahkan merica dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang. Angkat. Keluarkan daging ayam, sisihkan.

bubur ayam hainan
4

Masak kaldu bersama beras hingga menjadi bubur. Angkat.

bubur ayam hainan
5

Iris daging ayam, sisihkan.

bubur ayam hainan
6

Tuang bubur ke dalam mangkuk saji. Sajikan dengan potongan daging ayam dan pelengkap.

Sebetulnya membuat bubur ayam sendiri di rumah ternyata mudah dan terasa lebih menyehatkan, bukan? Jangan lupa berkreasi dengan berbagai kondimennya, agar bubur ayam Hainan terasa lebih lezat lagi.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.