Sepiring tumis tempe kecap manis tengah dinikmati.

Resep Tumis Tempe Kecap a la Rumahan, Praktis dan Murah

Ada satu papan tempe di rumah dan bingung mau diolah apa lagi? Tenang, ada satu resep tumis tempe kecap untuk dicoba. Yuk, masak!
Sepiring tumis tempe kecap manis tengah dinikmati.
Wina | Mar 11, 2024

Selama bulan puasa, hidangan lauk praktis dan ekonomis selalu jadi andalan. Untuk menu sahur Ramadan 2024, Masak Apa Hari Ini ingin merekomendasikan olahan tempe sederhana yaitu tumis tempe kecap.

Lauk pendamping ini wajib ada dalam meal plan kamu selama bulan puasa 2024 ini. Kamu bisa memadukannya dengan hidangan sup atau sayuran serba tumis.

Tips Membuat Tumis Tempe Kecap Sederhana a la Rumahan

Walau olahan tempe rumahan ini terlihat sederhana dan ekonomis, tetapi kehadirannya selalu menggugah selera. Lauk ini bisa kamu masak banyak sekaligus dan bisa disajikan untuk menu sahur selama beberapa hari. Agar makin sedap, ikuti beberapa tips ini, ya!

  1. Pilih tempe yang segar dan tidak berbau. Pastikan kamu membeli dan mengolah tempe di hari yang sama untuk cita rasa terbaik.
  2. Kalau ingin oseng tempe yang rendah kalori, kamu bisa mengaduk potongan tempe dengan 1-2 sdm minyak. Lalu masak dalam air fryer.
  3. Jangan lupa pilih Bango Kecap Manis untuk resep oseng tempe kecap ini. Cita rasa kecap manis dari kedelai hitam berkualitas membuat tumis tempe gurih, manis, dan legit.
  4. Gunakan api kecil saat menumis tempe bersama bumbu kecap supaya bumbunya tak cepat mengering.

Selain resep ini, coba juga olahan tempe rumahan lainnya seperti oseng tempe cabai hijau, oseng tempe tahu sederhana, orek tempe, dan oseng tempe basah. Coba juga inspirasi resep untuk Ramadan 2024 lainnya lewat akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

 

Bahan

3
Porsi

Bahan

300
g tempe, potong dadu 2 cm
6
butir bawang merah, iris tipis
3
siung bawang putih, iris tipis
2
buah cabai merah, potong serong
2
buah cabai hijau, potong serong
2
cm lengkuas, memarkan
1
lembar daun salam
4
sdt merica putih bubuk
100
ml air
4
minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

Menggoreng tempe untuk resep tumis tempe kecap manis dalam minyak panas.
1

Panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan, sisihkan.

Menumis dedaunan aromatik dan cabai untuk resep tumis tempe kecap manis.
2

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga matang.

Bersiap memasukkan tempe ke dalam tumisan bumbu untuk resep tumis tempe kecap manis.
3

Masukkan tempe, air, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis.

Sepiring tumis tempe kecap manis tengah dinikmati.
4

Tuang air, aduk rata. Masak hingga meresap. Angkat, sajikan.

Mudah sekali bukan, teman-teman? Tumis tempe seperti ini juga bisa dikreasikan dengan tambahan bahan-bahan lain seperti kacang panjang ataupun petai. Seru deh pokoknya! Selanjutnya kamu bisa berkreasi juga dengan olahan-olahan tempe lainnya. Yuk, biasakan memasak olahan tempe karena protein nabati yang satu ini punya nutrisi yang kaya dan tentunya, rasa yang lezat!

Produk

Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr