Resep Tumis Tempe Kecap - MAHI

Resep Tumis Tempe Kecap, Sajian Murah Meriah dan Menyenangkan

Simpan ke bagian favorit

Ada satu papan tempe di rumah dan bingung mau diolah apa lagi? Tenang, ada satu resep tumis tempe kecap untuk dicoba. Yuk, masak!

30mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|April 17, 2020

Bertemu tahu dan tempe menjadi kesenangan tersendiri untuk aku – apalagi untuk tumis tempe kecap yang jadi kesukaanku. Selain mudah mengolahnya, tahu dan tempe juga dikenal memiliki nilai gizi yang tinggi. Keduanya adalah kebanggaan kuliner negeri ini yang begitu kaya dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya.

Soal olahan tahu tempe, Indonesia punya segudang resep yang bisa kamu coba. Dari yang paling simpel sekadar goreng tahu atau goreng tempe, hingga olahan yang dipadukan dengan berbagai bumbu dan protein. Untuk kali ini, aku punya satu resep mudah yang bisa diikuti siapa saja. Adalah sesimpel tumis tempe kecap yang berbekalkan bahan sehari-hari. Semuanya mudah untuk dicari, mudah untuk dibuat, dan cepat proses masaknya. Jadikan tumis tempe kecap sebagai pengisi hari-harimu!

Nikmatnya tumis tempe kecap

Kalau lagi lapar banget dan malas masak tapi juga ogah untuk pesan antar makanan, cukup goreng tahu atau tempe dan buat sambal kecap sederhana. Yang penting asal ada nasi hangat, bisa senang dan kenyang deh. Oh, jangan lupa juga untuk tambah kerupuk aci atau kerupuk udang!

Resep tumis tempe kecap dariku kali ini super duper mudah teman-teman. Jadi sebetulnya kalau mau gerak dikit saja bisa kok masak tempe yang lebih enak daripada digoreng begitu saja. Cukup tempenya dipotong-potong agak kecil dan dimasak bersama daun salam, lengkuas, dan juga cabai. Aksen sedikit pedas perlu ada untuk rasa akhir yang lebih sedap. Selebihnya cukup tambahkan Bango Kecap Manis.

Resep makanan rumahan temannya tempe

Misalnya kamu lagi ingin memasak beberapa tambahan lainnya, carilah yang cocok dipadukan dengan tumis tempe ini. Contohnya, aku pernah berbagi resep ayam kecap mentega ataupun terong balado ebi. Kalau mau lebih nikmat, sempatkan juga membuat sambal. Nah, dengan ketiga resep ini saja sebetulnya buka puasa kamu hari ini sudah lebih dari lengkap. Tapi jangan hanya untuk sendiri ya, kesemuanya ini wajib untuk dibagi-bagi bersama keluarga tercinta.

Ada kemiripan dari ketiga resep ini tentunya. Selain menggunakan bahan sehari-hari ada juga usaha untuk menjadikan resep masakan rumahan ini lebih dari itu. Misalnya saja ayam kecap mentega yang punya rasa gurih manis seperti layaknya di restoran khas Chinese. Ada juga terong balado yang semakin istimewa dengan kehadiran ebi. Untuk tempe kecap ini, ada paduan bahan yang menjadikan protein kecintaan orang Indonesia ini lebih istimewa. Sajikan dengan nasi hangat, dijamin tak hanya keluarga, bahkan teman yang datang berkunjung juga ingin tambah terus bawaannya.

Ada satu keindahan dari sebuah kesederhanaan. Dari bahan-bahan yang mudah didapatkan atau protein yang tidak terlalu mahal harganya ternyata bisa tercipta masakan-masakan istimewa. Untukku yang masih harus banyak belajar ini, menemukan kepuasan memasak dari hal-hal sederhana ini dan melihat keluarga bisa menikmatinya sudah bahagia rasanya.

Nah sekarang giliran kamu yang mencobanya ya. Semoga sukses ya masaknya hari ini!

Bahan-bahan

Bahan

  • 300 g tempe, potong dadu 2 cm
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah, potong serong
  • 2 buah cabai hijau, potong serong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 100 ml air
  • 4 minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

Menggoreng tempe untuk resep tumis tempe kecap manis dalam minyak panas.
1

Panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan, sisihkan.

Menumis dedaunan aromatik dan cabai untuk resep tumis tempe kecap manis.
2

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga matang.

Bersiap memasukkan tempe ke dalam tumisan bumbu untuk resep tumis tempe kecap manis.
3

Masukkan tempe, air, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis.

Sepiring tumis tempe kecap manis tengah dinikmati.
4

Tuang air, aduk rata. Masak hingga meresap. Angkat, sajikan.

Mudah sekali bukan, teman-teman? Tumis tempe seperti ini juga bisa dikreasikan dengan tambahan bahan-bahan lain seperti kacang panjang ataupun petai. Seru deh pokoknya! Selanjutnya kamu bisa berkreasi juga dengan olahan-olahan tempe lainnya. Yuk, biasakan memasak olahan tempe karena protein nabati yang satu ini punya nutrisi yang kaya dan tentunya, rasa yang lezat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.