Manfaat Vitamin C dan Bahan Makanan yang Kaya akan Kandungannya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|September 7, 2020

Vitamin C merupakan salah satu suplemen yang dibutuhkan oleh manusia sehari-hari. Di era modern, banyak sumber makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Saat cuaca tidak bersahabat atau ketika masa pandemi, mengonsumsi vitamin C menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput dari agenda harian. Namun tak hanya untuk membantu menjaga sistem imun, masih banyak juga, lho, manfaat vitamin C lainnya.

Di kesempatan kali ini, Tim MAHI akan berbagi tentang beragam manfaat lainnya serta bahan makanan rekomendasi yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Manfaat vitamin C selain untuk menjaga sistem imun

Ada beberapa manfaat vitamin C yang sebetulnya masih salah kaprah ataupun kurang didukung riset yang ada. Namun untuk yang sudah didukung oleh hasil riset, berikut setidaknya tiga manfaat vitamin C yang perlu untuk diketahui.

Beragam potongan buah jambu klutuk dengan background putih.
Jambu klutuk adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. (Foto: Shutterstock)

1. Menangkal radikal bebas

Menurut Medline Plus, pusat informasi kesehatan nasional Amerika Serikat, vitamin C dapat berperan penting dalam menangkal kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Ini dapat berasal dari pemupukan polusi, radiasi, serta hasil sisa pemecahan makanan, dan juga merupakan penyebab dari penuaan dini. Mengonsumsi vitamin C secara cukup dipercaya dapat melindungi tubuh kita dari beragam hal tersebut.

2. Menanggulangi sariawan

Sariawan yang kita ketahui sekarang mungkin adalah versi lebih ringannya daripada dahulu ketika pertama ditemukan. Jaman sekarang kita dapat dengan mudah menyuplai tubuh kita dengan asupan vitamin C secara berkala untuk menanggulanginya. Padahal, kekurangan vitamin C selama sebulan dapat banyak fungsi tubuh lainnya mengalami masalah. Dahulunya, ini banyak menyebabkan kematian, terutama di kalangan para pelayar pada abad 16-19.

3. Menurunkan resiko serangan jantung

Menurut WHO, serangan jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Gabungan 9 studi yang menguji ratusan ribu partisipan selama 10 tahun punya kesimpulan menarik. Mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin C setiap harinya dapat mengurangi 25% resiko terkena penyakit jantung. Asupan suplemen ini dapat menurunkan faktor-faktor pemicu seperti trigliserida dan kolesterol LDL.

Bahan makanan yang memiliki vitamin C tinggi

Ternyata tidak sulit, kok, memenuhi asupan vitamin C sehari-hari dari bahan makanan yang kita sering jumpai. Jadi sebetulnya kita tidak perlu selalu sedia suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian. Cukup dengan mengolah bahan-bahan makanan ini dengan baik, maka nutrisi kita juga terpenuhi dengan sendirinya. Tapi, apa saja sih bahan-bahannya? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Berbagai lembaran daun kale dengan background putih.
Tenar beberapa tahun belakangan ini, kale adalah superfood kesukaan penganut vegetarian. (Foto: Shutterstock)

1. Jambu

Selain rasanya yang manis serta aromanya yang segar, jambu klutuk juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Tak banyak yang tahu, tapi kandungan vitamin C jambu klutuk ternyata lebih tinggi dari jeruk, lho. Kandungan 228,3 mg vitamin C per 100 gr jambu menjadikannya 4 kali lipat lebih besar dari pada kandungan vitamin C dalam jeruk.

2. Paprika

Jeruk yang selalu jadi ikon vitamin C, ternyata hanya memiliki ⅓ kandungannya dibandingkan paprika kuning. Menariknya, mungkin selama ini kita menganggap paprika merah yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi, ternyata justru paprika kuning-lah juaranya. Berturut-turut kandungan vitamin C dari paprika kuning, merah, dan hijau per 100 gram adalah 183 mg, 128 mg, dan 80 mg.

3. Kale

Digadang-gadang sebagai superfood dan harganya yang cukup fantastis, kale memang sudah menjadi tren keseharian para penganut vegetarian beberapa tahun terakhir ini. Sayuran yang satu ini memang cocok dijadikan sebagai elemen pada salad atau dimasak ringan agar nutrisinya tidak berkurang drastis. Ia memiliki kandungan 120 mg vitamin C per 100 gram-nya.

4. Brokoli

Terpaut di urutan yang sama dengan brokoli adalah buah kiwi. Keduanya memiliki kandungan 90 mg/100 gram-nya. Sayuran yang satu ini juga kini semakin mudah untuk ditemukan dan harganya terjangkau. Brokoli juga mudah untuk diaplikasikan ke berbagai masakan dan dipadukan dengan bahan lainnya. Bahwasanya anak-anak tidak menyukainya mungkin hanya mitos belaka. Maka inilah waktunya untuk menjadikan brokoli sebagai sumber nutrisi yang juga lezat di rumah.

5. Nanas

Buah yang sering kita temukan sebagai topping pizza ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, nanas juga bisa berperan sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk kesehatan lambung serta pada mempercepat pemulihan luka. Sebagai orang Indonesia, buah yang sangat tropikal ini bisa dimanfaatkan ke dalam berbagai masakan ataupun kue.

Terakhir, yang perlu diperhatikan dalam memasak bahan makanan tersebut adalah durasi dan metode memasak – demi mempertahankan manfaat vitamin C sepenuhnya. Yuk, kombinasikan bahan-bahan makanan tadi ke dalam menu masak di rumah. Simak bagian resep dari Masak Apa Hari Ini untuk inspirasi resep hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.