5 Manfaat Jus Jambu Klutuk Ini Bakal Bikin Kamu Ingin Meminumnya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|September 3, 2020

Siapa yang tak kenal dengan kesegaran jambu biji atau jambu klutuk? Buah yang bisa dinikmati sepanjang tahun ini menjadi idaman karena ia mudah untuk didapatkan serta mudah untuk diolah. Salah satu yang paling favorit adalah dijadikan sebagai jus. Baik diolah menggunakan metode biasa, dikombinasikan dengan buah lain, atau di-blender dengan susu untuk dijadikan smoothies. Manfaat jus jambu tak hanya untuk menyegarkan dahaga di siang hari, bahkan lebih dari itu!

Selain rasanya yang manis serta aromanya yang segar, jambu klutuk juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Tak banyak yang tahu, tapi kandungan vitamin C jambu klutuk ternyata lebih tinggi dari jeruk, lho. Kandungan 228,3 mg vitamin C per 100 gr jambu menjadikannya 4 kali lipat lebih besar dari pada kandungan vitamin C dalam jeruk. Di balik kulitnya yang keras, jambu menyimpan aneka manfaat. Tak hanya nikmat dimakan langsung, tapi juga jusnya bisa kita reguk beragam kebaikannya untuk kesehatan.

Manfaat jus jambu klutuk disajikan bersama potongan buahnya.
Orang Indonesia sudah tidak asing dengan nikmatnya jus jambu klutuk. (Foto: Shutterstock)

Ingin tahu apa saja di antaranya yang bisa kita nikmati? Simak kesemuanya berikut ini!

1. Manfaat jus jambu dalam memperkuat daya tahan tubuh

Bahwa kandungan vitamin C dari jambu biji ini sangat tinggi, bahkan 4 kali lebih besar dari vitamin C yang ada di jeruk sudah disebutkan sebelumnya. Tak heran kalau jambu digadang-gadang sebagai sumber vitamin C terkaya di antara buah-buahan lainnya. Meskipun belum terbukti dapat mencegah flu, vitamin C menurut berbagai sumber dapat membantu memperpendek durasi penyakitnya. Vitamin C juga mampu bertindak sebagai antimikroba yang dapat mengantisipasi bakteri ataupun virus yang menyebabkan infeksi.

2. Menjadikan kulit lebih sehat

Kandungan kaya vitamin dari jambu berpotensi memberikan kebaikan bagi kesehatan kulit. Tak hanya manfaat jus jambunya bisa kita nikmati, konon ekstrak daun jambu dapat mengobati jerawat bila diaplikasikan pada kulit. Kandungan antimikroba dan anti-inflamasinya mampu membunuh bakteri yang menjadikan hadirnya jerawat. Meski demikian, perlu ada studi lebih lanjut untuk benar-benar mengonfirmasi manfaat jambu pada kesehatan kulit.

3. Memperlancar pencernaan

Ilmu kesehatan tradisional telah mengenal ekstrak jambu klutuk sebagai obat sembelit dan memperlancar pencernaan. Kandungan seratnya tinggi yaitu dapat memenuhi 12% kebutuhan harian hanya dari 1 buah. Baik dengan cara tradisional yakni menggunakan air rebusan daun jambu atau dengan mengolahnya menjadi jus, jambu klutuk menjadi alternatif untuk mengantisipasi diare.

Potongan buah jambu klutuk ditumpuk bersama-sama.
Selain buah, khasiat ekstrak daun jambu juga sangat terkenal. (Foto: Shutterstock)

4. Membantu menurunkan berat badan

Dengan berbekal 37 kalori per buah dan 12% kebutuhan serat harian, jambu adalah asupan mengenyangkan dan menyehatkan. Cocok untuk kita yang tengah menjalani diet. Jangan lupa, jambu juga diperkaya dengan beragam vitamin dan mineral. Sekali lagi, reguk manfaat jus jambu dan nikmati bersama makan siang sehat.

5. Menurunkan tingkat gula darah

Dalam memilih minuman, hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula. Kandungan serat tinggi dan indeks glisemik yang rendah dari jambu biji mampu untuk mengurangi melonjaknya kadar gula serta menghindari dari diabetes tipe-2. Apabila di antara kita sedang menjalani diet gula, manfaat jus jambu yang satu ini bisa dinikmati tanpa keraguan.

Di masa seperti ini, menjaga ketahanan daya tubuh menjadi sangat penting. Itu bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Jambu biji terbukti memiliki kandungan yang penting, begitu juga sayur-sayuran hijau. Padukan jus jambu dengan makanan lezat dan sehat yang bisa kita coba di rumah! Mulai dari resep tumis kangkung, resep tumis brokoli, dan masih banyak lainnya di Masak Apa Hari Ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.