7 Tips Masak Cepat Yang Akan Membuatmu Ketagihan Di Dapur

Wina|September 7, 2018

Tips masak cepat tentunya penting bagi kamu yang memiliki sejuta aktivitas namun ingin punya waktu untuk mencurahkan hobi memasak. Agar tetap bisa menciptakan makanan rumahan yang enak di tengah kesibukan, ada beberapa tips masak yang wajib kamu tahu. Bikin masakan enak tak harus repot, kok. Ayo simak caranya!

1. Pilih bahan masakan yang cepat matang

Masak praktis bukan berarti sekadar telor ceplok, lho. Akali dengan memilih bahan-bahan yang cepat matang, misalnya fillet daging ayam, daging sapi bagian has dalam, udang kupas siap pakai, atau fillet ikan. Bahan-bahan yang tak perlu proses lama dalam memasak bisa memangkas waktu di dapur.

One dish meal wajib jadi daftar menu harian.
Tips masak cepat yang akan membuatmu terlihat jago masak. (Foto: Shutterstock)

2. Buat bumbu sekaligus banyak

Daripada setiap memasak harus membuat bumbu, sebaiknya setiap akhir pekan kamu mempersiapkan bumbu masak sekaligus untuk seminggu, bahkan sebulan. Buat jenis bumbu masak sesuai kebutuhanmu, misalnya bumbu dasar seperti bumbu putih, bumbu merah, atau bumbu kuning. Porsikan dalam ukuran sekali masak, lalu simpan dalam freezer. Mudah, kan?

3. Buat persediaan frozen food sendiri

Daripada membeli, sebaiknya siapkan sendiri frozen food di rumah. Kamu bisa membuat masakan-masakan yang cukup lama prosesnya memasaknya dalam jumlah banyak, lalu dibagi dalam porsi sekali saji. Misalnya untuk masakan gulai, rendang, kari daging, atau semur. Bekukan dalam freezer dan panaskan saat akan disajikan.

4. Pilih teknik masak yang singkat

Tak usah berlama-lama di dapur jika memang sedang terburu-buru. Akali dengan memilih teknik masak yang cepat. Pilih jenis masakan yang ditumis daripada harus diungkep lalu digoreng atau dibakar. Atau bisa juga pilih teknik masak pan fried (menggoreng dengan sedikit minyak) dengan menggunakan bahan daging atau ikan yang cepat matang.

5. Sajikan hidangan one dish meal

Ini cocok bagi kamu yang malas memasak beberapa hidangan (nasi, lauk, dan sayuran) secara terpisah atau bertahap. Cari inspirasi lewat hidangan one dish meal, yakni dalam satu hidangan, sudah terdapat kombinasi karbohidrat, lauk, dan sayuran. Misalnya Nasi Goreng Ayam Sayuran, Nasi Kebuli, Kwetiau Cap Cay, atau Soto Ayam. Kamu bisa menambahkan komposisi sayuran dan lauk agar lebih komplit.

6. Gunakan bantuan alat dapur elektronik

Beberapa alat dapur ini akan sangat membantu pekerjaanmu di dapur. Misalnya blender, food processor, pressure cooker (panci presto), dan slow cooker. Setiap alat memiliki fungsi yang bisa mempersingkat waktumu di dapur. Misalnya panci presto untuk mempercepat pemasakan daging agar lebih cepat empuk, food processor untuk membantu menggiling sekaligus mencampur adonan, dan beragam lainnya.

7. Selalu sediakan sayuran beku siap pakai

Sayuran beku juga dapat kamu siapkan sendiri di rumah. Pilih jenis sayuran dapat disimpan dalam freezer, misalnya wortel, buncis, kacang panjang, atau brokoli. Blansir hingga hampir matang, kemudian bekukan. Jika sedang tak punya waktu, kamu tinggal mengeluarkannya dari freezer dan menumisnya sebentar. Tak perlu adegan memotong dan mencuci sayuran.

Selalu sedia sayuran beku
Sayuran beku bisa mempersingkat waktu masak sayuran. (Foto: Shutterstock)
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.