5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil - MAHI

5 Bahan Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

5 Bahan Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil
Rian Farisa |
Favorit:
Sebarkan:

Saat hamil, tubuh sang ibu akan bekerja lebih keras agar dapat memberikan asupan ekstra untuk si Kecil. Meskipun ada saja pantangan makan bagi para ibu di tahap ini, namun tuntutan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi justru semakin tinggi. Mengapa? Karena zat besi dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah yang berperan vital untuk menyalurkan asupan makanan bagi sang bayi. 

Lalu apa yang terjadi bila tubuh kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi? Ini bisa menyebabkan anemia. Tak hanya karena kekurangan zat besi, anemia juga bisa terjadi karena kekurangan asam folat yang berperan meningkatkan kualitas sel darah merah. Saat terjadi anemia, tak hanya sang ibu akan merasa lemah, namun anemia juga bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi saat melahirkan.  

Tapi jangan lantas panik karena ada beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi anemia, yaitu yang tinggi akan zat besi. Berapa kadar yang diperlukan dan apa saja ya jenisnya? 

Bahan Makanan yang Mengandung Zat Besi

Beruntungnya, anemia mudah untuk diatasi selama sang ibu rajin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan juga asam folat. Lalu, berapa banyak kadar zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya? Jawabannya adalah sekitar 27 mg. Bagaimana cara menghitungnya dan apa saja makanannya? Langsung saja kita lanjut ke bagian berikut! 

1. Daging merah

Daging merah dikenal sebagai sumber zat besi yang cukup baik. Khusus untuk daging sapi, setidaknya terdapat 2-3 mg zat besi untuk setiap 3 ons-nya. Kamu bisa mengolahnya menjadi apa saja, seperti yang bisa kamu temukan pada resep Masak Apa Hari Ini. 

Khusus buat kamu yang tengah ngidam makan steak, sebetulnya tidak mengapa untuk menikmatinya asalkan daging steak yang dikonsumsi ada di level matang atau well-done. Begitupun untuk burger, pastikan dagingnya agar matang sepenuhnya, ya. Kurang seru kalau terlalu matang? Tidak mengapa, ada masanya nanti kamu bisa sesekali menikmati yang berada pada level medium ataupun medium-rare. Yang terpenting cari aman dulu saat hamil, bukan? 

2. Dark chocolate

Sekumpulan makanan yang mengandung zat besi.
Banyak pilihan makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil coba! (Foto: Shutterstock)

Suka cokelat? Saat hamil, konsumsi saja dark chocolate! Bukan milk chocolate ataupun white chocolate, ya. Selain kandungan cokelatnya yang tinggi dan rendah gula, dark chocolate juga mengandung lebih banyak magnesium serta zat besi. Berapa? Untuk dark chocolate dengan kadar 70-85% dalam 1 ons-nya terkandung 3,3 mg zat besi, lho! 

3. Bayam

Sayuran yang satu ini punya banyak penggemar dan cocok untuk kamu yang vegetarian. Selain kadar zat besinya yang cukup mumpuni, bayam juga mengandung folat. Bayam mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan, bisa-bisa kamu bakal tambah terus saat menikmatinya. Nah, kamu bisa mencoba bikin resep bobor bayam jagung yang praktis dan menyehatkan! 

4. Brokoli

Siapa di sini yang tidak menyukai brokoli? Rasanya hampir pasti semua menyukainya. Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin dan juga serat. Kandungan vitamin C-nya bahkan juga bisa membantu penyerapan zat besi yang ada dalam sayuran ini. Hebat, kan? Cobain yuk resep brokoli saus tiram dari Masak Apa Hari Ini, kalau kebetulan kamu lagi punya bahannya. 

Kekurangannya adalah, sayuran ini tidak bisa bertahan terlalu lama dan kamu perlu memperhatikan bagian kepalanya kalau-kalau ada yang sudah membusuk. Selain itu, brokoli juga akan mengeluarkan bebauan yang khas, sehingga ibu hamil sebaiknya berjaga-jaga seandainya dapat memicu rasa mual di pagi hari saat memasaknya. 

5. Seafood

Ikan salmon mentah tengah diolah.
Rendah merkuri, kaya omega 3 dan juga zat besi, jangan sampai tidak menikmati salmon selama hamil, ya! (Foto: Shutterstock)

Hampir segala jenis seafood memiliki kandungan zat besi yang kaya. Dari ikan salmon, tuna, udang, sarden, bahkan hingga ikan lele. Beberapa jenis seafood seperti ikan salmon ataupun bandeng juga kaya akan kandungan omega-3 yang dapat membantu menyehatkan kondisi ibu selama kehamilan. 

Dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, ternyata semuanya mudah untuk didapatkan, bukan? Selebihnya hanya tinggal menyempatkan belanja bahan yang segar dan berkualitas, dan mengolahnya di dapur. Pastinya kamu ingin memberikan yang terbaik buat sang bayi dan kesehatanmu juga akan berpengaruh besar pada kekuatan saat melahirkan serta menyusui nanti. Selamat berkreasi di dapur dengan bahan-bahan tadi!

Artikel terbaru