Inilah Manfaat Hebat Kacang Almond untuk Kesehatan!

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 3, 2018

Kacang almond belakangan sedang naik daun, khususnya di tengah kalangan penggiat hidup sehat. Olahannya begitu bervariasi. Ambil saja contohnya yang terpopuler seperti almond milk, almond cookies, dan almond butter. Karena cita rasanya yang gurih dan creamy, kepopuleran almond milk kini menyamai soyamilk atau susu kedelai. Meski harganya tidak murah, kacang-kacangan jenis almond tetap laris manis di pasaran karena segudang khasiatnya.

Awalnya kacang almond banyak ditemukan sebagai perisa dalam minuman atau pencuci mulut seperti dari olahan sirup almond, esens atau ekstrak almond  dan bubuk almond. Selain itu kacang almond juga sering dicampurkan ke dalam adonan kue kering atau kukis sebagai bahan pelengkap yang memberikan rasa dan tekstur garing. Begitupun juga dengan kehadirannya dalam cokelat kepingan.

kacang almond mentah
Bukan hanya jadi almond milk, kreasikan kacang premium ini untuk kue dan dessert. (Foto: Shutterstock)

Khasiatnya untuk kesehatan

Produk olahan berupa almond milk dan kukis juga sangat populer di kalangan ibu menyusui karena diyakini meningkatkan kualitas ASI. Selain itu, lemak baik dalam kacang ini juga membantu para wanita yang ingin menikmati camilan namun tetap ingin menjaga berat badan.

Dalam sebutir kacang yang bentuknya mirip seperti kenari ini mengandung banyak vitamin dan zat penting untuk tubuh. Ini adalah beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan:

  • Mengandung vitamin E yang tinggi
  • Sumber protein nabati yang baik
  • Mengandung vitamin B1, B2, dan B3
  • Sangat baik bagi jantung dan menurunkan lemak jahat
  • Mengandung flavonoid seperti halnya dengan antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi sel yang rusak akibat radikal bebas. Flavonoid umumnya ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.
Kue dengan topping kacang almond.
Gluten free cookies, salah satu camilan sehat kekinian. (Foto: Shutterstock).

Kenalilah susu kacang almond, produk sehat paling kekinian

Meski banyak sekali pilihan almond milk di pasaran, kamu wajib teliti membaca kandungan yang ada dalam kemasan. Karena bisa jadi ada yang hanya menyertakan sangat sedikit kandungan almond di dalamnya. Kamu bisa membeli susu almond segar yang kini banyak dibuat oleh produsen lokal atau bahkan kamu bisa meraciknya sendiri di rumah.

Ingin membuat almond milk sendiri? Kamu hanya perlu memblender kacang yang sudah direndam selama 5-6 jam  lalu kemudian saring. Selain rasa aslinya, almond milk juga bisa dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti alpukat, cokelat bubuk, atau bahkan diberi cita rasa kopi. Bahkan ada juga susu almond kemasan yang dicampur dengan jus bit atau bayam. Untuk yang ingin langsung mencobanya, ada 7 contoh masakan olahannya.

Yuk, kita mulai hidup lebih sehat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.