Jenis Masakan


5 Jenis Buah yang Bagus untuk Diet dan Mudah Ditemukan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Januari 4, 2020

Hidup sehat terkadang sulit dimulai karena satu hal, yakni tak bisa mengatur pola makan! Tenang, kamu tak sendirian, kok. Kita memang cenderung memilih makanan yang punya cita rasa kuat, sedangkan makanan sehat cenderung hambar. Tapi, jangan menyerah dulu karena kita bisa kok memulai dengan hanya mengonsumsi buah yang bagus untuk diet.

Karakter buah yang bagus untuk diet

Sebagai negara tropis, Indonesia punya banyak pilihan buah-buahan. Namun memang, tak semua buah ramah untuk kamu yang sedang diet. Ada beberapa buah yang mengandung kalori tinggi, sehingga sulit membuat timbangan bergerak ke kiri.

Buah yang bagus untuk diet secara umum terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni acidic acid, sub-acidic acid, oily fruits, sweet fruits, dan vegetable-fruits. Mengonsumsi setidaknya satu dari jenis buah tersebut bisa memenuhi kebutuhan harian yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, hingga lemak.

Jenis-jenis buah yang tepat

Berikut adalah beberapa di antaranya dan mudah ditemukan di Indonesia.

1. Apel

Apel jadi salah satu buah yang paling sering disebut bagus untuk diet. Apel yang masuk ke dalam kategori sub-acidic acid fruits ini mengandung rendah kalori tapi cukup mengenyangkan sehingga dinilai cocok untuk yang sedang berdiet.

Apel juga mengandung banyak air dan cukup serat. Sejumlah studi mengungkap bahwa mengonsumsi banyak serat dapat menurunkan berat badan, karena serat membantu metabolisme tubuh jadi lebih lancar.

2. Jeruk

Jenis jeruk mandarin terkupas dan jeruk yang belum dikupas di belakangnya.
Jeruk mandarin punya rasa manis tapi rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Selanjutnya, ada buah jeruk yang tak kalah mudah ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan. Jeruk masuk ke dalam kategori acidic-acid fruits. Seperti apel, jeruk juga kaya akan serat yang dapat membantu proses metabolisme tubuh. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit serta dapat menguatkan sistem imun tubuh.

Jeruk memang mengandung gula dan rasanya manis. Agar kalorinya tidak terlalu tinggi, konsumsi jeruk secara langsung. Jus jeruk atau jeruk yang sudah dilumatkan dapat meningkatkan kadar kalori jeruk. Jadi, jika kamu ingin mengonsumsi jeruk untuk diet, baiknya santap langsung dan jangan buang serat di bagian permukaan luar jeruk, ya.

3. Alpukat

Tubuh kita tetap memerlukan lemak meski sedang berdiet. Pilih lemak yang baik seperti dalam kandungan alpukat. Dalam 100 gram alpukat mengandung 160 kalori sehingga cukup mengenyangkan untuk konsumsi sehari-hari. Alpukat juga tinggi asam folat dan potassium.

Masuk ke dalam kategori oily-fruits, alpukat sebaiknya dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kabar baiknya, alpukat sangat fleksibel diolah jadi ragam sajian seperti avocado toast.

4. Pisang

Pisang ambon bertumpuk di satu tempat.
Pisang termasuk daftar buah yang bagus untuk diet. (Foto: Shutterstock)

Pisang masuk ke dalam kategori sweet fruits yang mengandung cukup tinggi karbohidrat. Pisang bisa dijadikan pengganti karbohidrat simple seperti nasi atau tepung terigu. Rasanya manis, enak untuk dikonsumsi harian.

Dalam 100 gram pisang, terdapat 3,1 gram serat juga kandungan mineral seperti pottasion dam magnesium. Semakin matang pisangnya, semakin tinggi kandungan glycemic index-nya. Sehingga kamu bisa memilih pisang yang tidak terlalu matang untuk berdiet. Namun, pisang yang matang dan kulitnya sudah kehitaman justru baik untuk mencegah kanker dan lebih mudah dicerna.

5. Mentimun

Mentimun seringkali diperdebatkan, apakah masuk ke dalam kategori buah atau sayuran. Pada umumnya, mentimun masuk ke dalam kategori vegetable-fruits yang juga bagus untuk diet. Karena mengandung rendah kalori, mengonsumsi mentimun dalam jumlah banyak tidak akan membuat gendut.

Mentimun juga mengandung banyak air untuk menghindari tubuh. Namun, mentimun mengandung sedikit vitamin dan potassium. Untuk itu, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sehat lainnya untuk mendukung program diet yang baik.

Lima buah yang bagus untuk diet di atas bisa kamu sajikan bersamaan karena masing-masing berasal dari kategori berbeda. Mendapatkan jeruk, pisang, hingga mentimun juga tidak sulit kan? Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.