4 Resep Olahan Singkong untuk Camilan WFH | Masak Apa Hari Ini?

4 Resep Olahan Singkong untuk Camilan Lezat Saat WFH

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|September 1, 2021

Singkong atau ketela adalah salah satu bahan pangan yang banyak ditemukan di Indonesia. Tapi, dibandingkan sumber karbohidrat lain seperti nasi atau kentang, nampaknya singkong masih kalah pamor. Seolah singkong punya kesan sederhana dan ndeso, padahal terkandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh dan resep olahan singkong begitu beragam.

Hari Tani yang dirayakan setiap tanggal 24 September dimaksudkan sebagai pengingat bagi kita semua untuk mendukung jerih payah petani Indonesia. Negeri yang subur ini menghasilkan begitu banyak bahan makanan. Dengan membeli hasil bumi lokal, maka kita telah membantu meningkatkan taraf hidup para petani dan tidak menyia-nyiakan apa yang telah mereka produksi. Khusus untuk singkong, bahan makanan yang satu ini punya banyak kelebihan strategis dan diprediksi akan menguasai pasaran dalam beberapa puluh tahun ke depan. Selain dapat mengurangi ketergantungan Indonesia dalam impor gandum, singkong juga bisa dipakai sebagai bahan baku farmasi, lho!

Lewat artikel ini, tim MAHI ingin mengajak kita semua untuk bersemangat mengolah singkong karena banyak inspirasi resep yang bisa dicoba. Yuk, kita mulai dulu dengan 4 menu camilan dari singkong ini yang cocok untuk menemanimu WFH. Simak apa saja berikut ini!

1. Singkong keju, camilan praktis favorit segala kalangan

“Aku suka singkong, kau suka keju”.

Mungkin ada dari kita yang ingat akan lirik lagu itu, bukan? Nah, perpaduan singkong goreng dengan keju merupakan kombinasi klasik yang selalu dinikmati masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu. Tak sulit untuk menemukan camilan singkong keju, karena mulai dari pedagang gerobak hingga kafe-kafe yang ngehits pun turut menyediakan menu satu ini.

Ternyata, proses pembuatannya cenderung mudah dan bisa kita buat di dapur sendiri, lho. Jangan lupa bahwa perendaman di dalam air es sebelum menggoreng adalah kunci dari tekstur singkong yang ekstra renyah. Royco Kaldu Ayam pun wajib ditambahkan pada rebusan singkong agar rasanya lebih gurih. Untuk sentuhan akhir, kita bisa menaburkan keju bubuk atau keju cheddar sesuai selera.

Ayo, kita ikuti resep singkong keju di sini!

2. Keripik singkong salsa, resep olahan singkong gaya Tex-Mex

Sepiring keripik singkong disajikan dengan saus salsa
Paduan saus salsa dan keripik singkong memberikan cita rasa unik. (Foto: Shutterstock)

Resep olahan singkong satu ini mencampurkan budaya kuliner luar negeri dan kearifan lokal menjadi suatu kudapan dengan cita rasa menarik. Di Meksiko dan Amerika Serikat, salsa biasanya disajikan sebagai dipping sauce atau saus cocolan untuk keripik tortilla. Siapa sangka, ternyata dipasangkan dengan singkong juga tak kalah enaknya! Rasa asam yang menyegarkan dari salsa dijamin akan menyempurnakan kerenyahan keripik singkong buatanmu.

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, makanan Meksiko seperti pico de gallo dan guacamole juga banyak menggunakan rempah-rempah. Jadi jangan khawatir, bahan-bahan untuk membuah keripik singkong salsa tak akan susah ditemukan di sekitarmu.

Lihat resep keripik singkong salsa di sini!

3. Kecimpring singkong pedas, perpaduan ragam cita rasa yang apik

Warga Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan camilan satu ini. Kecimpring adalah olahan singkong khas Sunda yang dimasak tipis-tipis dan garing layaknya keripik. Setelah digoreng, kecimpring pun dimasak kembali bersama Bango Kecap Manis serta bumbu halus lainnya.

Jajanan tradisional kecimpring memadukan sensasi rasa manis, asin, gurih, dan pedas yang membalut kerenyahan singkong. Nikmati camilan ini saat sedang video call meeting atau mengejar deadline agar membangunkan mood dan semangat.

Cek resep kecimpring singkong pedas selengkapnya!

4. Singkong Thailand saus santan, teman manis saat ngeteh

Satu lagi menu internasional yang dapat kita hadirkan sebagai camilan favorit keluarga. Berbeda dari resep-resep sebelumnya, menu kali ini menawarkan sensasi manis dan lembut a la negeri gajah putih, Thailand.

Yang membuat istimewa, bahan santan pada resep ini amat serasi dipadukan dengan SariWangi Milk Tea Tarik. Rasa gurih dan manis pada saus santan pun akan lebih terasa seimbang serta spesial di lidah. Yuk, jadikan camilan singkong Thailand yang satu ini teman ngeteh di sore hari!

Ternyata, tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa menikmati camilan enak seperti di kafe. Semoga 4 resep olahan singkong dari MAHI ini bisa memotivasi kita untuk tetap produktif meski harus di rumah saja. Jangan lupa, cek juga resep-resep camilan sedap lainnya hanya di Masak Apa Hari Ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.