4 Inspirasi Makanan Enak di Bogor Dicoba di Rumah | Masak Apa Hari Ini?

4 Inspirasi Makanan Enak di Bogor yang Kini Bisa Kamu Masak Sendiri

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Juli 24, 2021

Selain objek wisata, kenangan sebuah tempat biasanya dikaitkan juga dengan kuliner khasnya. Seperti halnya Bogor yang populer dengan Kebun Raya ataupun wisata curug, tentu makanan enak dari sini juga meninggalkan jejak rasa di lidah. Bikin kangen, kan? Selagi masih dalam masa lebih aman di rumah, kamu bisa mulai mengasah kemampuan di dapur dengan resep makanan enak di Bogor tanpa perlu jauh-jauh ke kotanya!

Buat kamu yang kangen jajan di kawasan Surya Kencana, kawasan Air Mancur, dan beberapa lokasi lainnya, tim MAHI telah menyiapkan 4 resep masakan asli Bogor yang tentu terjamin kelezatannya. Yuk, kita cek bersama-sama!

1. Laksa Bogor, kuah santan creamy yang bikin happy

Salah satu jagoan kuliner Bogor adalah Laksa. Perpaduan antara ayam kampung suwir, udang, taoge, bihun, serta kuah kuning bersantan yang memiliki cita rasa gurih serta creamy ini menjadikan Laksa Bogor sebagai salah satu menu jajanan kaki lima yang amat populer dan digandrungi warga setempat dan pendatang.

Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat laksa Bogor memang tidak sedikit, namun kenikmatan yang dihasilkan dijamin akan menciptakan kehangatan bagi seluruh anggota keluarga. Jangan lupa bubuhkan Royco Kaldu Ayam pada laksa buatanmu untuk memaksimalkan rasa gurih yang menggugah selera.

Jadi, sudah siap memasak resep laksa Bogor?

2. Taoge Goreng, menu otentik Bogor berbumbu taoco

Sajikan Taoge Goreng selagi hangat.
Taoge Goreng, salah satu makanan khas Bogor. (Foto: Shutterstock)

Kebanyakan masakan one dish meal (menu komplet) khas pulau Jawa memang tidak jauh dari bahan-bahan seperti mie, taoge, dan lontong. Begitu pula dengan menu taoge goreng yang merupakan salah satu makanan enak di Bogor. Namun meski bahannya mirip-mirip, hal ini tidak lantas mengurangi cita rasa spesial dari taoge goreng.

Yang membuat unik dari resep taoge goreng ini adalah penggunaan tauco, bumbu olahan biji kedelai yang biasa ditemui pada masakan-masakan Sunda. Aroma tauco yang kuat dan menguar senantiasa menambah karakteristik pada menu satu ini. Susun potongan lontong, mie, dan taoge di atas piring, lalu siram dengan kuah kental yang gurih manis. Makin mantap kalau disantap saat masih hangat.

Untuk selengkapnya, pelajari resep taoge goreng!

3. Soto mie Bogor, makanan enak di Bogor yang legendaris

Soto mie memang tak pernah lepas kalau bicara soal menu favorit Bogor. Soto daging, kikil, kol, tomat, kombinasi mie dan bihun, serta tentu saja yang tak boleh lupa, yaitu risoles dalam semangkuk sajian selalu menjadikannya hidangan nikmat dan bikin rindu.

Kunci dari makanan berkuah agar bikin ketagihan dan tidak terasa membosankan adalah dengan memasukkan bahan pelengkapnya seperti perasan jeruk limau, sambal rawit, bawang goreng, dan tentu saja sentuhan Bango Kecap Manis.

Yuk, kita coba resep soto mie Bogor ini!

4. Semur peranakan khas Bogor, ide baru untuk menu harian

Semur daging sapi.
Semur, salah satu masakan yang juga dimiliki keturunan peranakan di Bogor. (Foto: Shutterstock)

Semur telah lama menjadi salah satu jenis makanan populer dan paling sering dimasak oleh banyak keluarga Indonesia. Menu warisan Belanda ini tersebar luas dengan ciri khas berbeda-beda di banyak daerah di Indonesia.

Semur peranakan khas Bogor biasanya memakai daging sapi sebagai lauk utama, namun bisa juga diganti dengan tahu atau telur. Bumbu yang diperlukan lebih ringan dan praktis, otomatis mempermudah proses dan durasi memasak. Sensasi manis dari Bango Kecap Manis pun mampu menyatu serasi dengan rempah-rempah seperti pala, jahe, dan lada.

Yuk, cek resep semur peranakan Bogor dan buktikan kelezatannya!

Demikian 4 resep makanan enak di Bogor yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Semoga artikel ini bisa mengobati rasa kangen terhadap kuliner khas Bogor, serta menyenangkan perut dan lidahmu. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.