Yuk, Kenali Berbagai Manfaat dari Buah Apel dan Beragam Jenisnya

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Desember 1, 2018

Tanggal 1 Desember di Amerika Serikat digaungkan sebagai Hari Nasional Makan Buah Apel Merah. Menarik untuk menilik hal ini karena apel merah memang selalu diasosiasikan dengan apelnya orang Amerika. Meskipun Indonesia juga memiliki varian apel Malang yang terkenal, ternyata buah apel lebih banyak lagi jenisnya. Selain itu, buah yang manis renyah ini begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan.

pai yang terbuat dari buah apel
Pai apel, satu hidangan yang membuat buah ini semakin terkenal! (Foto: Shutterstock)

Yuk, kita tinjau satu per satu mengenai kelebihan buah ini dan berbagai jenisnya yang ternama!

Manfaat buah apel untuk kesehatan

Bahasan buah apel kita mulai dengan sebuah peribahasa tua, “An apple a day keeps the doctor away”. Yang berarti kalau buah ini memiliki banyak makna penting bagi kesehatan. Terlebih lagi, apel adalah buah yang paling dibudidayakan di dunia serta salah satu yang terbanyak dikonsumsi. Tidak salah kalau ada yang menyebut apel sebagai “buah mukjizat”.

buah apel red delicious
Red Delicious, produk bersejarah yang menjadikan kita mengasosiasikan apel dengan warna merah. (Foto: Shutterstock)

Mengapa demikian? Satu studi yang dicantumkan dalam sebuah jurnal kesehatan Experimental Biology and Medicine di tahun 2006 menyatakan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menjaga kesehatan otak. Ini dikarenakan komponen apel mampu memperlambat kematian sel dalam otak akibat oksidasi ataupun inflamasi. Ternyata buah ini tidak hanya berperan untuk membakar lemak dan membantu hitungan kalori yang lebih rendah. Lebih jauhnya, buah apel juga mendatangkan manfaat bagi penderita Alzheimer serta mengurangi resiko stroke.

Kandungan apel sendiri begitu kaya akan antioksidan, flavanoid, serta serat. Ini dapat membantu juga mencegah kanker, hipertensi, penyakit jantung, serta diabetes. Maka secara nutrisi, buah apel memiliki vitamin C, vitamin B-kompleks serta mineral.

Secara umum, buah apel aman untuk dikonsumsi sehari-harinya. Hanya saja hindarilah bagian bijinya karena berpotensi mengandung sianida dan tidak aman bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu menurut satu studi oleh seorang profesor di bidang kedokteran gigi, rasa apel yang cenderung masam bisa lebih berpotensi merusak gigi dibandingkan minuman bersoda.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah mengenai kulit apel, apakah layak dikonsumsi atau tidak? Ternyata beberapa studi menyarankan kita agar memakannya. Ini dikarenakan kandungan serat serta antioksidan ternyata banyak terkandung di bagian kulit buah apel. Melegakannya lagi, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa secara konsisten tingkat pestisida yang menempel pada kulit sangatlah rendah.

Jenis-jenis buah apel yang terkenal

Meskipun Amerika Serikat khusus merayakan Hari Makan Buah Apel Merah, tapi patut kita ketahui bahwa buah apel tidaklah selalu berwarna merah. Varietas apel begitu bermacam-macam, dengan warna serta rasa yang juga berbeda-beda. Mari kita lihat beberapa yang terkenal di dunia:

1. Red Delicious

Inilah apel yang paling terkenal di dunia. Dibudidayakan sejak tahun 1800an akhir, Red Delicious menjadi simbol bahwasanya apel “haruslah” berwarna merah. Rasanya agak manis, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segar.

2. Honeycrisp

buah apel honeycrisp
Honeycrisp menjadi pesaing berat di pasar yang dulunya dikuasai Red Delicious. (Foto: Shutterstock)

Pemunculannya yang baru sekitar 20 tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan Honeycrisp memiliki rasa yang manis, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam berbagai masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggang.

3. Granny Smith

buah apel granny smith
Granny Smith, apel dengan cita rasa masam yang begitu terkenal. (Foto: Shutterstock)

Berasal dari Australia, jenis apel Granny Smith ini terkenal karena warna hijaunya. Sesuai namanya Granny Smith memang kurang lebih seumuran dengan pemunculan Red Delicious di abad lampau. Rasanya yang lebih cenderung masam cocok untuk disajikan dalam bentuk salad ataupun pai apel.

4. Fuji

Sesuai namanya, salah satu apel termanis di dunia ini berasal dari Jepang. Warna merahnya ternyata berasal dari persilangan antara Red Delicious dengan jenis lainnya. Rasa manis dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk dimakan langsung serta diaplikasikan dalam berbagai teknik memasak.

5. Gala

Kalau Australia punya Granny Smith, maka New Zealand punya Gala. Apel yang satu ini begitu aromatik dan memiliki rasa yang sangat manis. Warnanya sendiri begitu unik – dasarnya berwarna kuning dan ditumpangi paduan warna pink serta oranye. Apel Gala paling cocok untuk dinikmati langsung, sebagai bahan untuk salad serta untuk membuat saus.

Demikian berbagai manfaat dari buah apel yang bisa kita pelajari kali ini. Bahkan dalam bentuk cuka apel sekalipun mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Sungguh menarik untuk menjadikannya sebagai materi petualangan para pencinta makanan ataupun yang hobi masak! Kalau tergiur, cobalah beberapa jenis yang belum pernah dicoba sebelumnya. Nikmati langsung setelah berolahraga saat Car Free Day nanti ataupun siapkan untuk dimasak. Jadikan akhir pekan kali ini berbeda dari biasanya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.