9 Makanan Sehat yang Wajib Disantap untuk Membakar Lemak Tubuh

Maddie|Agustus 24, 2018

Tahukah kamu bahwa selain berolahraga, diet atau menerapkan gaya hidup sehat juga akan berhasil dengan menyantap makanan sehat? Dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan ini dan diolah secara tepat, kamu bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh tanpa disadari. Penasaran? Ini dia daftarnya!

diet dengan makanan sehat
Ragam bahan makanan sehat. Foto: Shutterstock)

1. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini sangat berguna bagi tumbuh kembang anak. Brokoli juga rendah kalori dan mampu menurunkan kolesterol. Selain dikenal juga sebagai makanan anti kanker, kandungan dalam brokoli mampu membantu membakar lemak.

2. Oatmeal 

Mulai hari ini, biasakan menyantap oatmeal sebagai sarapan pagi. Oatmeal mengandung serat tinggi yang mempu mengikis lemak dalam tubuh.

Contoh hidangan: overnight oatmeal, bubur oatmeal sayuran, atau oatmeal kuah soto ayam.

3. Jamur

Jamur kerap hadir sebagai sayuran dalam menu hotpot. Ternyata selain rendah kalori, jamur juga mampu membakar lemak. Lebih baik lagi, jamur juga memiliki fungsi sebagai makanan yang merawat kecantikan kulit karena kandungan anti aging di dalamnya. Komplit!

Contoh hidangan yang bisa kamu buat: Tumisan Tiga Jamur (tiram, merang, dan shimeji), atau Sup Ayam Jamur.

makanan sehat
Berbagai olahan makanan sehat dapat dengan mudah dipadukan dengan jamur! (Foto: Shutterstock)

4. Mentimun

Mentimun sangat membantu proses detoksifikasi sehingga dapat menghilangkan lemak jahat dalam tubuh. Sajikan mentimun tak hanya sebagai lalapan, tetapi juga sebagai bahan utama minuman. Sungguh!

Yang bisa kamu buat di rumah: Salad, Sup, atau Jus Mentimun.

5. Apel

Selain mengandung banyak air, apel juga kaya akan serat. Kulit apel mengandung antioksidan yang baik untuk memerangi efek radikal bebas. Tak hanya itu saja, buah apel juga mampu membantu mengikis lemak dalam tubuh.

6. Bayam

Sayuran rendah kalori ini ternyata mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Sajikan bayam bukan hanya sebagai sayuran matang, tetapi juga sebagai salah satu isi salad atau bahan pembuat jus.

Contoh hidangan: Green salad, Jus Bayam Nanas dan Mentimum, atau Urap.

7. Blueberry

Menurut para ahli, kandungan anthocyanin yang memberi warna biru pada blueberry berfungsi sebagai gen pembakar lemak saat masuk ke tubuh. Hebat!

Contoh hidangan: Blueberry Yogurt, Oatmeal dengan Blueberry, Jus (Strawberry dan Blueberry).

makanan sehat
Sajikan blueberry bersama formula oatmeal kesukaanmu. (Foto: Shutterstock)

8. Cabai

Selain menambah nafsu makan, cabai juga nyatanya mendorong proses pembakaran lemak. Kandungan capsaicin  di dalamnya meningkatkan pembakaran kalori dan lemak menurut beberapa penelitian. Hanya saja untuk yang satu ini mungkin jangan terlalu berlebih ya teman-teman. Bisa jadi malah membuatmu sakit perut.

9. Ubi Jalar

Ah begitu enak dan legit bukan? Ubi jalar memiliki kelebihan tersendiri soal menurunkan berat badan. Selain rendah lemak dan rendah kalori, ubi jalar mengandung vitamin A, B6, C, zat besi, kalium, dan berbagai nutrisi lainnya. Ini  membuat ubi jalar kerap disajikan sebagai makanan penurun berat badan dan juga pengganti sehat beragam karbohidrat lainnya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.