4 Cara Mudah untuk Memulai Gaya Hidup Sehat - MAHI

4 Cara Mudah untuk Memulai Gaya Hidup Sehat Hari Ini

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 4, 2021

Hari Kesehatan Nasional jatuh setiap tahunnya pada tanggal 12 November dan Indonesia kini masih berjuang melawan pandemi global sejak tahun 2020. Mari kita berkontribusi untuk kesehatan negeri ni dengan memulai gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga prokes dimanapun kita berada!

Gaya hidup sehat bisa dilalui dengan cara clean eating atau mengonsumsi bahan makanan yang alami atau diolah seminim mungkin. Lebih jauhnya, clean eating juga memperhatikan bagaimana cara makanan tersebut didapat hingga metode memproduksinya. Misalnya didapat secara lokal sehingga lebih segar dengan jejak karbon yang lebih pendek, diproduksi secara etis, ataupun memperhatikan faktor keberlanjutan lingkungan.

Kali ini, MAHI punya 4 cara untuk memulai gaya hidup sehat dengan mudah. Kita hanya perlu untuk menyesuaikan sedikit saja dari keseharian kita agar bisa mencapainya. Dengan sedikit usaha, kita bisa memulai gaya hidup baru ini dengan penuh semangat! Simak yang berikut ini, yuk!

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan

Roti putih disajikan.
Roti putih yang biasa kita nikmati ternyata adalah karbohidrat olahan yang kurang menyehatkan. (Foto: Shutterstock)

Karbohidrat olahan atau refined carbs telah melalui proses pengolahan sehingga berkurang banyak kadar gizinya. Misalnya saja untuk refined grain seperti gandum, proses pengolahan ini sudah melumatkan kulit ari luarnya dan menghilangkan kandungan vitamin, mineral, serta serat. Contoh-contoh lainnya adalah seperti gula pasir, tepung terigu, roti putih, minuman berkarbonasi, ataupun pasta dan beras putih.

Kelebihan dari karbohidrat olahan ini adalah mudah untuk dicerna tubuh, namun kita akan cenderung berlebihan dalam mengonsumsinya. Padahal karbohidrat jenis ini memiliki indeks glisemik tinggi yang hanya akan menambah tingkat gula darah dalam tubuh. Sebagai penggantinya, kita bisa mengonsumsi karbohidrat sempurna (whole) yang lebih sehat.

2. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur

Akan lebih ideal bila kita bisa membeli buah ataupun sayur yang organik, sehingga tubuh kita lebih sehat dan tidak terekspos pada pestisida ataupun polutan lainnya. Meskipun demikian, konsumsi buah dan sayur lebih banyak adalah langkah awal yang mudah untuk dimulai. Sayur khususnya, harganya terjangkau dan banyak macamnya. Kemudian menu sayur juga gampang diolah dan cocok dipadukan dengan bermacam masakan rumahan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu juga jagat dunia maya sempat dikejutkan dengan penampilan sup buah kekinian yang sangat sehat dan mudah dibuat. Sekiranya ada berbagai macam jenis buah di rumah yang masih segar, menu tersebut layak untuk dicoba sebagai camilan sehat. Selama olahan buah tersebut minim, maka nutrisinya lebih terjaga.

3. Jadikan air putih sebagai minuman paling utama

Seorang wanita tengah meminum air putih kemasan.
Jadikan air putih sebagai konsumsi harianmu. (Foto: Shutterstock)

Mungkin kita sudah sering mendengar anjuran yang satu ini, tapi bisa jadi kita masih bertanya, mengapa harus air? Pertama-tama, air adalah minuman yang paling murni di bumi ini dan tidak mengandung zat aditif apapun. Clean eating sangat mempromosikan konsumsi air dalam kesehariannya dibandingkan minuman jenis lainnya. Kemudian air juga menjaga tubuh kita agar terhidrasi dengan baik dan membantu sirkulasi darah serta mencapai berat badan ideal.

4. Gaya hidup sehat dimulai dari berbelanja dengan cermat

Cermat dalam berbelanja selalu menjadi semboyan yang tepat. Kalau dahulu supaya berhemat, namun hari ini tujuannya adalah agar mencapai gaya hidup sehat. Begitu banyak bahan makanan yang dijual di pasar ataupun di supermarket, di antaranya dikemas dengan berbagai bentuk dan desain agar menarik untuk dibeli. Tapi jangan terburu-buru, kita bisa mencermatinya terlebih dahulu.

Salah satu caranya adalah dengan melihat labelnya. Pastikan apakah bahan makanan tersebut mengandung pengawet, memiliki tambahan gula, ataupun lemak. Misalnya saja kita ingin mencoba kudapan kacang-kacangan yang menyehatkan. Ide paling bagus adalah membelinya mentah dan memanggangnya di rumah. Namun ada kalanya kita ingin membeli saja yang sudah jadi, maka pastikan apakah kacang tersebut dimasak menggunakan minyak atau tidak. Atau contoh lainnya seperti salad siap santap di supermarket. Kita bisa memastikan terlebih dahulu dressing jenis apa saja yang digunakannya. Dengan demikian kita bisa menghindarkan diri dari mengonsumsi terlalu banyak gula misalnya.

Nah, bagaimana dengan empat langkah tersebut? Banyak cara lanjutan lainnya yang kapan-kapan akan kita bahas. Yang jelas, gaya hidup sehat ternyata tidak mudah untuk diikuti, bukan? Untuk yang membutuhkan inspirasi berupa resep-resep masakan lezat dan menyehatkan, pastikan juga untuk cek akun Instagram kami, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.