Yuk, Kita Coba Beragam Jenis Pasta Unik dan Lezat Selain Spaghetti

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Oktober 25, 2018

Menyambut Hari Pasta Sedunia, belum sah mengaku sebagai penggemar pasta kalau belum mencoba banyak jenis pasta yang ternyata unik-unik. Rupanya apa yang kita ketahui selama ini hanyalah sebagian kecil saja. Tapi tidak perlu berkecil hati, karena memang di negerinya sendiri saja, masakan pasta terkenal didominasi oleh nama-nama besar seperti spaghetti, lasagna, ataupun macaroni.

Belakangan di Indonesia sendiri muncul jenis pasta lainnya seperti fettuccine, penne, ataupun fusilli. Bahkan MAHI tidak ketinggalan membuat satu resep menarik yang harus kamu coba – Spaghetti Dendeng Cabai Hijau. Satu resep fusion yang tidak kalah menarik.

Ngomong-ngomong, apa saja jenis-jenis pasta lain yang kini tersedia di pasaran dan bisa mulai kita garap di dapur? Berikut adalah daftarnya!

Ravioli

Nama ravioli belakangan memang tengah naik daun. Untuk sahabat MAHI yang belum berkenalan, bentuk dan penyajian ravioli memang berbeda dari biasanya. Orang Indonesia umumnya menganggap pasta biasanya dihidangan dengan lumuran saus tomat, daging, serta kejuSementara ravioli justru berbeda. Bentuknya yang kotak-kotak berkantung ini biasanya diberikan isian yang lezat sebelum kemudian direbus dan disajikan.

jenis pasta ravioli dari labu dengan saus mentega
Salah satu pasta yang selalu tersaji mewah adalah ravioli. (Foto: Shutterstock)

Ravioli biasanya diisikan oleh keju ricotta serta bayam serta tersaji rapi dengan sedikit siraman minyak zaitun. Selebihnya hidangan ravioli mengandalkan bumbu serta rempah khas Eropa yang menjadikannya aromatik dan menyegarkan. Meski hanya berisikan ricotta dan bayam, ravioli tetap terasa berisi. Tampilannya yang seolah sedikit sebetulnya bisa memuaskan siapapun yang tengah dilanda rasa lapar.

Maltagliati

Dalam bahasa Italia diartikan sebagai “dipotong sembarang”. Asal mula adanya pasta ini adalah ketika sisa olahan pasta tagliatelle dimanfaatkan juga sebagai makanan. Bentuknya yang tidak beraturan inilah yang menyebabkan pasta ini disebut sebagai maltagliati.

Meskipun awalnya dianggap sebagai “pasta orang miskin” dan dijadikan bahan untuk sup, kini maltagliati banyak dimanfaatkan para chef sebagai masakan bintang lima. Berbagai kreasi mereka timbul hanya dengan memanfaat pasta yang bentuknya berantakan ini. Kalau kita sewaktu-waktu mendapati ini di menu restoran, wajib hukumnya untuk dicoba!

Rigatoni

jenis pasta rigatoni dengan isian sosis
Rigatoni, satu keluarga dengan penne dan tidak kalah lezatnya. (Foto: Shutterstock)

Satu menu yang mulai bermunculan di restoran ini adalah kakaknya penne yang berukuran lebih besar. Bentuknya seperti tabung dan memiliki guratan-guratan. Kenikmatan tersendiri hadir saat bersantap pasta yang berbentuk seperti ini karena saus ataupun keju lebih menempel pada permukaannya. Terlebih lagi ketika dimasak tepat pada derajat al dente. Lengkap sudah pengalaman makan yang menyenangkan!

Cannelloni

jenis pasta cannelloni dengan saus bechamel
Cannelloni bisa tersaji gurih ataupun manis sebagai pencuci mulut. (Foto: Shutterstock)

Meskipun bentuknya tabung, namun cannelloni tidak memiliki guratan khas seperti penne ataupun rigatoni. Selain itu cara penyajiannya juga lebih senada dengan lasagna – yaitu dengan dipanggang. Cannelloni biasanya diisikan dengan keju ricotta, bayam, ataupun daging cincang. Kemudian pasta ini dilumuri saus tomat serta saus bechamel dan kemudian dipanggang. Mamma mia!

Tortellini

Inilah satu jenis pasta yang tengah naik daun karena dipromosikan di berbagai restoran papan atas dunia serta menjadi tantangan berat para peserta satu reality show lomba masak termahal di televisi.

jenis pasta tortellini dengan isian keju
Ini dia bentuk tortellini yang begitu memesona. (Foto: Shutterstock)

Tortellini mungkin mengingatkan kita pada ravioli karena pasta ini diisikan juga daging serta keju. Namun perbedaannya adalah umumnya tortellini tersaji dalam bentuk berkuah. Meski tampilannya seperti sederhana, membuat tortellini membutuhkan keahlian tinggi karena harus dibentuk dengan baik oleh jari jemari kita.

Nah, setelah mengetahui beragam jenis pasta unik ini, tentu sudah siap untuk menuju supermarket dan memasaknya, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.