Jenis Masakan


5 Cara Mengolah Bebek Agar Tidak Bau Amis

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Oktober 16, 2019

Punya rasa yang gurih dan legit, olahan bebek seringkali jadi menu favorit. Sebut saja nasi bebek Madura, bebek lado mudo, ataupun bebek goreng kremes. Namun sayangnya, tak semua orang suka memasak bebek. Berbeda dengan ayam, cara mengolah bebek memang punya tingkat kesulitan tersendiri.

Bebek punya tekstur daging yang relatif lebih alot dan aroma yang lebih amis. Hal ini sangat dipengaruhi oleh usia bebek dan cara mengolahnya. Semakin tua usia bebek, dagingnya makin alot. Bau amis pada bebek juga biasanya bersumber pada bagian tunggir atau ekornya.

Lima cara mengolah bebek bebas anyir

Untuk itu, kali ini tim MAHI berbagi trik sederhana cara mengolah bebek agar tak bau amis. Apa saja itu?

1. Mencuci dengan jeruk nipis

Cuci bebek pada air mengalir menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis sudah dikenal ampuh dalam menghilangkan bau amis, mulai dari bebek, ikan, hingga cumi. Lumuri bebek dengan jeruk nipis, tapi tak perlu direndam. Merendam unggas dengan buah kaya vitamin C akan membuatnya cepat hancur. Diamkan beberapa waktu lalu langsung bilas.

2. Membuang bagian tunggir

Satu ekor bebek mentah di atas papan kayu dan ada pisau di sampingnya.
Salah satu cara mengolah bebek adalah dengan memotong bagian tunggir untuk hilangkan bau anyir. (Foto: Shutterstock)

Tunggir atau kerap disebut brutu merupakan bagian pantat bebek yang perlu diperhatikan saat mengolah hewan unggas ini. Kelenjar minyak terdapat di dekat pantat bebek sehingga menjadi sumber bau anyir pada bebek. Untuk itu, langsung potong bagian tunggir saat mencuci bebek. Iris dengan hati-hati agar potongannya tetap rapi.

3. Merebus dengan air rempah

Wangi rempah yang pekat juga dapat menetralisir bau amis pada bebek. Rebus bebek yang telah dicuci menggunakan beberapa rempah seperti daun salam, serai, kunyit, lengkuas, dan daun jeruk. Rebus selama kurang lebih selama satu jam. Kita juga bisa menggunakan air rebusan rempah sebagai bahan perendam agar tekstur bebek menjadi lebih empuk. Wangi rempahnya akan membuat sajian bebek makin nikmat!

4. Melumuri dengan buah nanas

Dua buah nanas, salah satunya dipotong dan pisau di sampingnya dan merupakan cara mengolah bebek agar tidak anyir.
Potongan nanas dapat menghilangkan bau amis pada bebek. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah bebek selanjutnya adalah dengan menggunakan buah nanas. Wangi nanas yang pekat dan manis dipercaya dapat mengalahkan bau amis pada bebek. Kandungan enzim bromelain pada buah nanas juga dapat mengempukkan daging bebek.

Lumuri daging bebek dengan nanas yang sudah dilumatkan terlebih dahulu. Lalu diamkan beberapa saat. Jangan merendam daging bebek dengan nanas terlalu lama karena bisa membuatnya hancur. Cara ini juga berlaku untuk daging kambing atau daging sapi.

5. Memanggang dengan posisi menggantung

Langkah kelima ini sedikit lebih menantang dibandingkan lainnya. Namun, cara ini bisa jadi paling ampuh dalam menghilangkan bau amis pada bebek. Gantung bebek di atas pembakaran api dengan posisi tunggir di bawah. Biarkan lemak pada tunggir bebek meluruh terbakar sehingga bau amisnya perlahan menghilang.

Demikian lima cara mengolah bebek agar tidak bau anyir yang bisa kita coba. Tak perlu lagi ragu berkreasi dengan masakan, apapun bahannya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.