4 Menu Makan Atlet yang Patut Dicontek

Maddie|Agustus 9, 2018

Setidaknya kita semua menyenangi satu cabang olah raga. Apakah itu dijadikan sebagai hobi, cukup menonton saja, ataupun didalami hingga profesional. Begitupun dengan atletnya – selain mengidolakan mereka karena keahliannya, pastinya ada juga rasa penasaran dengan apa yang mereka makan sehari-hari agar berprestasi. Hari ini, aku akan berbagi beberapa menu makan atlet yang menarik untuk diikuti namun tetap, jangan lupa untuk selalu berolahraga juga ya!

1. Roger Federer (Tennis)

Soal daya tahan tubuh, pemain tenis profesional adalah salah satu yang paling top di dunia olah raga. Bayangkan saja, dalam kompetisi Grand Slam bisa saja mereka bertanding hingga 5 set atau menjalani tie break panjang. Bahkan pertandingan semi final Wimbledon 2018 yang baru berlalu antara Kevin Anderson dan John Isner harus dijalani hingga hampir tujuh jam akibat tie break berkepanjangan!

Tapi contoh kali ini datang dari sang legenda sendiri Roger Federer dengan menu makanannya yang menyenangkan. Sebelum bertanding, petenis hebat ini biasanya mengonsumsi waffle dengan sirup raspberry serta sereal, buah-buahan, hingga kopi dan satu sloki cuka.

Mengapa waffle? Karena sebelum bertanding, karbohidrat ringan tidak membuat perut bergejolak dan memasok energi yang mencukupi untuk daya tahan selama bertanding. Yang unik justru adalah cuka, yang digadang-gadang sebagai salah satu superfood masa kini – meskipun secara sains masih banyak diperdebatkan mengenai keutamaannya dalam jangka panjang.

2. Diego Forlan (Sepakbola)

Futsal dengan lapangannya yang berukuran kecil memang cukup untuk stamina kebanyakan orang. Namun bagi yang bermain sepakbola di lapangan ukuran internasional, kalau tidak terbiasa malah nafas akan tersengal-sengal walaupun baru saja sebentar bermain. Itulah uniknya pemain sepakbola – selama 90 menit harus bisa mengimbangi stamina dengan kebutuhan berlari dan juga sprinting.

Diego Forlan – penyerang terkenal asal Uruguay, memiliki kebiasaan makannya khas sebelum bertanding. Menu makan atlet yang satu ini adalah roti bakar dengan mentega, yogurt, omelet putih telur, jus jeruk, serta tak ketinggalan – sepiring penuh berisi nanas!

Nanas mengandung vitamin C, serat, dan juga enzim bromelain – yang sangat membantu mencegah inflamasi atau pembengkakan. Selain itu yogurt dan putih telur kaya akan protein.

3. Amar’e Stoudemire (Bola Basket)

Sang veteran Amar’e Stoudemire memberikan contoh menu makan atlet yang ringan dan patut untuk dicontek. Dengan tinggi lebih dari dua meter dan menggeluti satu bidang olah raga yang sangat kompetitif ini, sang atlet memiliki kebiasaan menikmati omelet, buah-buahan, “jus hijau”, dan juga air kelapa untuk sarapannya.

Mungkin banyak yang bertanya mengapa telur selalu menjadi pilihan banyak orang sebagai makan pagi. Jawabannya adalah karena telur adalah sumber protein yang baik. Sudah diduga bukan? Nah bedanya, meski kadar proteinnya lebih sedikit dari daging – telur membentuk otot sama baiknya dengan daging!

Air kelapa konon termasuk superfood meski tentu tetap diperdebatkan khasiatnya. Memang betul air kelapa mengandung elektrolit, namun sebetulnya tetap bisa disubstitusi dengan air mineral pada umumnya.

4. Conor McGregor (Seni Bela Diri Campuran – MMA)

Salah satu cabang olah raga yang sangat naik daun belakangan ini adalah MMA atau mixed martial arts. Pastinya semua sudah mengenal sang jagoannya Conor McGregor, bukan? Baginya, “makanan enak” adalah kunci dari santapannya sehari-hari alias menikmati apapun itu! Terdengar mudah bukan? Yang membedakan adalah keseharian Conor diisi dengan berlatih keras hingga delapan jam!

Conor sudah terbiasa berganti-ganti latihan berbagai jenis bela diri dari taekwondo, jiu-jitsu, capoeira, hingga melakukan yoga. Ia juga mencukupkan dengan meminum air ataupun air kelapa sebagai hidrasi dan menikmati daging. Yang terpenting baginya adalah tidak mengonsumsi minuman berenergi.

Apakah kamu memiliki menu makan tersendiri yang juga sama sehatnya? Jangan lupa cek bagian resep-resep ataupun bahan-bahan alternatif dan sehat yang bisa kamu gunakan saat masak berikutnya!


Sumber foto: Shutterstock

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.