Resep Sop Kacang Merah Fusilli - MAHI

Resep Sop Kacang Merah Fusilli, Menu Makanan Rumahan Bisa Seenak Restoran

Simpan ke bagian favorit

Sajikan sop kacang merah dengan fusilli ini sebagai salah satu menu makanan rumahan favorit keluarga. Hangat dan seenak yang di restoran.

1jam
4 Porsi
Mudah
Maddie|Maret 20, 2019

Bosan dengan menu hidangan sop yang itu-itu saja? Aku ingin berbagi resep sop kacang merah fusilli yang sedang jadi menu kesukaanku di rumah akhir-akhir ini. Menu makanan rumahan ini bisa juga kamu buat seenak restoran dengan bahan dan bumbu yang tepat.

Kalau sedang malas keluar rumah hanya untuk menyediakan fusilli, kamu juga bisa mengganti fussili dengan jenis pasta lain, misalnya makaroni atau penne atau pasta yang berbentuk kerang yang sangat pas untuk sup. Dengan rasa kuah yang gurih segar dan kaya akan bahan, pastikan masakan yang satu ini mewarnai meja makanmu malam ini!

Yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu adalah kacang merah dan fusilli. Rebus hingga empuk agar kacang merah siap dikonsumsi dan menjadi bersih. Sementara rebus juga fusilli hingga ke tahap al dente agar pada proses kedua pemasakan nanti tidak terlalu lembek. Setelahnya, kita siapkan daging ayam, wortel dan kentang untuk dimasak dalam air bersama bawang, cabai, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah mendidih, barulah tambahkan ayam serta fusilli. Sajian pas untuk menghangatkan tubuh terutama disaat kamu sedang dilanda flu.

Selain sop kacang merah fusilli, Mudah kan cara membuatnya? Kalau ingin mencari resep-resep sup lainnya, pastikan untuk mencoba Sup Tomat Daging Sapi, Sup Kimlo, ataupun Sup Jamur.

Kiat praktis menyiapkan menu makanan rumahan

Agar momen masak di rumah semakin praktis, aku ingin berbagi beberapa tips praktis persiapan memasak supaya lebih memangkas waktu di rumah.

  1. Lakukan proses menyiangi bahan semalam sebelumnya. Hal ini diperlukan supaya di pagi hari kamu sudah tak perlu lagi melakukan proses memotong, mencincang atau mengupas.
  2. Persiapkan beberapa jenis bumbu dasar yang bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan. Misalnya bumbu dasar kuning (bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar) yang bisa digunakan untuk masakan kari, gulai, acar kuning, soto, dan lainnya.
  3. Cara precook juga bisa dilakukan supaya kamu tak membutuhkan waktu panjang untuk proses pematangan. Misalnya untuk ayam goreng atau ayam bakar, potongan daging ayam diungkep terlebih dahulu, lalu dibiarkan selama beberapa jam atau semalaman dalam kulkas supaya bumbu lebih meresap.

Mulai sekarang, yuk, siapkan menu makanan rumahan sendiri! Dimulai dari sop kacang merah fusilli ini.

Bahan-bahan

Bahan

  • 200 g kacang merah, cuci
  • 250 g fillet dada ayam, potong dadu 1 cm
  • 50 g fusilli kering, rebus
  • 2 buah kentang, rebus, potong dadu 2 cm
  • 1.5 L air
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 4 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 1 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat

Merebus kacang merah untuk resep Sop Kacang Merah Fusilli.
1

Rebus kacang merah hingga empuk. Buang airnya.

Merebus sayuran untuk Sop Kacang Merah Fusilli.
2

Rebus air, masukkan daging ayam, wortel dan kentang.

Membumbui Sop Kacang Merah Fusilli.
3

Masukkan bawang merah, cabai merah, daun salam, lengkuas, dan Royco Kaldu Ayam, aduk. Masak hingga semua bahan matang.

Menambahkan bumbu pada Sop Kacang Merah Fusilli.
4

Tambahkan air asam jawa, garam, dan gula. Masak hingga mendidih.

Menyelesaikan memasak Sop Kacang Merah Fusilli.
5

Tambahkan kacang merah dan fusilli yang telah direbus.

Sop Kacang Merah Fusilli tersaji.
6

Angkat dan sajikan bersama daun bawang.

Nikmat di saat pagi ataupun makan malam, sajikan cepat dan hangat agar seluruh keluarga bisa menikmatinya langsung. Dijamin pasti bawaannya ingin tambah terus!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.