5 Inspirasi Resep Frozen Food Rumahan untuk Lauk Dadakan

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Agustus 7, 2020

Bagi kamu yang tak punya banyak waktu di dapur, menyetok frozen food bisa jadi salah satu solusi masak praktis. Dengan stok makanan siap saji di freezer, kita tak perlu lagi menguras waktu untuk melakukan berbagai macam persiapan sebelum memasak. Cukup luangkan waktu beberapa menit untuk menghangatkan di atas kompor ataupun microwave, makanan pun sudah siap santap.

Supaya lebih segar dan juga sehat kamu bisa menyiapkan sendiri frozen food di rumah. Pada dasarnya frozen food tak hanya terbatas pada makanan siap saji seperti bakso, sosis, atau nugget. Masakan khas Nusantara pun bisa kita jadikan sebagai frozen food rumahan, misalnya semur ayam dan rendang daging.

Berikut adalah beberapa opsi resep yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Yuk, intip satu per satu!

1. Rolade daging, menu mewah akhir pekan

Olahan daging giling dan telur ini bisa jadi stok makanan andalanmu. Resep rolade daging kita olah terlebih dahulu, tapi jangan langsung digoreng, ya. Setelah rolade dikukus dan matang, diamkan beberapa menit hingga suhu ruang. Tak perlu langsung dipotong, rolade yang masih berbentuk lonjong dan panjang kita simpan di freezer.

Rolade bisa bertahan hingga 4 bulan dalam freezer. Saat kita mau menyantapnya, tinggal keluarkan rolade, potong sesuai selera, dan goreng. Kamu juga bisa menumisnya kembali dengan berbagai bumbu, seperti bumbu asam manis atau bumbu kecap.

2. Semur ayam, cocok untuk sajian sehari-hari

Semur ayam juga bisa bertahan sekitar 3-4 bulan jika kita simpan di freezer. Kita olah resep semur ayam seperti biasa. Setelah matang, diamkan beberapa saat hingga mencapai suhu ruang. Hindari buru-buru memasukkan semur ayam ketika masih panas ke freezer.

Ada baiknya kamu membagi semur ayam ke dalam beberapa wadah sesuai porsi sekali makan. Hal ini akan memudahkanmu ketika akan memasaknya nanti. Kamu bisa menggunakan kotak makanan kedap udara atau plastik dengan ziplock untuk menyimpannya di freezer.

3. Ayam goreng lengkuas, meresap hingga ke dalam

ayam goreng lengkuas tersaji
Nikmatnya ayam goreng lengkuas. (Foto: MAHI)

Bosan dengan ayam ungkep yang biasa? Ayo, kita masak resep ayam goreng lengkuas ini! Setelah ayam diungkep, kita bisa menyimpannya di kulkas. Caranya tak jauh berbeda dengan dua menu di atas. Tunggu hingga ayam hasil ungkep tidak terlalu panas, masukkan ke dalam wadah kedap udara, lalu bekukan.

4. Rendang daging, frozen food favorit

Menu ini sudah umum dikenal sebagai makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. Rendang yang dimasak hingga airnya benar-benar surut relatif akan awet disimpan lama, meskipun disimpan dalam chiller.

Trik lain agar rendang lebih awet adalah dengan memilih santan kelapa tua. Selain memberikan aroma yang lebih sedap, santan kelapa tua dapat memberikan minyak yang cukup ke dalam daging hingga lebih tahan lama. Simak resep rendang daging yang satu ini!

5. Lumpia goreng isi ayam, camilan sore hari

Mau menyetok camilan? Resep lumpia goreng ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa membeli kulit lumpia instan di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah. Hindari menggoreng di atas api yang terlalu besar supaya tidak lekas gosong dan warna cokelat keemasan tidak akan merata.

Nah, jika ada perubahan warna dan aroma pada frozen food yang kamu siapkan, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi.  Perubahan tersebut bisa jadi pertanda bahwa makanan sudah rusak. Perhatikan kebersihan kulkas agar frozen food yang kamu siapkan tidak terkena bakteri dari bahan makanan lain.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.