Ingin Masak Enak di Akhir Pekan? Cobalah Resep-Resep Seru Berikut Ini!

Simpan ke bagian favorit

Maddie|November 24, 2018

Akhir pekan selalu jadi pilihan yang tepat untuk mencoba resep-resep baru dan masak enak untuk keluarga. Setelah sehari-hari sibuk dan hanya bisa memasak yang itu-itu saja, berikut Tim MAHI pilihkan beberapa resep yang bisa segera dicoba.

Hamburger Gaya Jepang

masak enak hamburger untuk akhir pekan
Burger tanpa roti ternyata enak juga! Tambah porsi sayur untuk makan siang yang mengenyangkan. (Foto: Shutterstock)

Di Jepang, Hamburger adalah menu populer untuk makan siang ataupun malam. Berbeda dengan yang biasa, Hamburger gaya Jepang tidak menggunakan roti. Kamu bisa mengganti roti dengan selada atau telur untuk tambahan protein. Bahkan banyak juga yang menikmatinya dengan nasi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Daging sapi giling, daging ayam giling, bawang bombay, telur, tepung almond, santan, bubuk pala, Royco Kaldu Sapi, dan saus yang terbuat dari campuran kaldu sapi, pasta tomat, cuka balsamik, bawang bombay bubuk, bawang putih bubuk, bubuk mustard, garam, bubuk kayu manis dan lada hitam.

Cara membuatnya:

  1. Potong bawang bombay menjadi dadu lalu tumis di atas api sedang dengan minyak kelapa hingga keemasan. Bumbui dengan sedikit garam dan lada hitam.
  2. Dalam mangkuk besar, campurkan daging sapi dan daging ayam giling, tumisan bawang, 1 telur, ½ cangkir tepung almond, santan, dan pala. Bumbui dengan garam dan Royco Kaldu Sapi. Campur semuanya hingga rata dengan tangan.
  3. Ambil adonan dan bentuk menjadi patty, ulangi hingga adonan daging habis.
  4. Untuk memasak hamburger, panaskan wajan besar dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Saat panas, lalu masak patty selama 2-3 menit setiap sisinya hingga matang.
  5. Untuk membuat saus, campurkan semua di dalam panci. Masak di atas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk. Angkat dan sajikan bersama hamburger.

Setup Ayam khas Maroko

Hidangan khas Maroko yang dinamakan Djej Besla ini sederhana dan rumahan. Cocok untuk masak enak akhir pekan ini. Terutama karena menggunakan banyak banyak bombay serta cita rasa makanannya yang manis dan gurih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Bawang bombay, ayam, bawang putih, jinten, paprika bubuk, kunyit bubuk, minyak zaitun, lada hitam, buah zaitun, buah lemon, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih bersama garam dan bawang putih di atas talenan hingga menjadi bumbu halus.
  2. Pindahkan ke mangkuk besar dan masukkan jinten, paprika dan kunyit bubuk. Tambahkan minyak zaitun dan potongan ayam. Aduk hingga rata. Tutup mangkuk dengan plastik, dan diamkan di lemari es selama 4 jam.
  3. Panaskan panci yang diisikan minyak. Secara bertahap, masak ayam hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Ulangi hingga ayam habis.
  4. Masih menggunakan panci yang sama, masukkan bawang bombay, Royco, dan lada hitam. Masak hingga bawang lunak. Masukkan ayam, irisan lemon dan air. Masak hingga mendidih.
  5. Angkat panci dari kompor, tambahkan buah zaitun dan daun ketumbar. Aduk lalu sajikan.

Beef Bulgogi

masak enak bulgogi untuk akhir pekan
Biasanya, Bulgogi disajikan di atas nasi panas. Untuk diet keto ini kamu bisa mengganti nasi dengan tumisan bunga kol atau nasi shirataki. (Foto: Shutterstock)

Bulgogi adalah contoh olahan daging terkenal asal Korea. Masakan yang sering kamu temukan dewasa ini adalah daging sirloin yang dipotong tipis lalu dimasak dengan kecap asin dan rempah-rempah pilihan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Bawang butih, jahe, minyak canola, kecap asin, gula stevia, bubuk bawang bombay, daging sirloin, bawang daun, Royco Kaldu Sapi, bubuk cabai merah, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Dalam mangkuk kecil, tambahkan jahe, bawang putih, kecap, minyak canola, stevia, dan bubuk bawang. Kocok bahan-bahan hingga rata lalu sisihkan.
  2. Panaskan panci besar di atas api sedang lalu tambahkan daging sirloin yang sudah diiris tipis. Aduk daging dengan spatula kayu. Tambahkan kecap asin dan aduh hingga merata.
  3. Masak selama 5-7 menit di atas api sedang sampai daging benar-benar matang. Pindahkan ke mangkuk dan bubuhi dengan daun bawang.

Kalau masak enak dengan tiga resep ini tidak cukup, jangan lupa mampir ke bagian resep, atau coba beberapa saran Tim MAHI lainnya seperti resep Dori Fish & Chips Cabe Hijau, Spaghetti Dendeng Cabai Hijau, ataupun Makaroni Kukus. Yuk, kita berkreasi seru di dapur akhir pekan ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.