5 Cara Membuat Seblak untuk Cemilan Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Wina|September 4, 2018

Seblak adalah hidangan yang terbuat dari kerupuk mentah yang direndam air panas dan dimasak dengan bumbu cabai. Masakan ini sedang populer di berbagai belahan kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Bingung cara membuat seblak? Berikut 5 cara membuat seblak untuk cemilan keluarga.

Seblak Ceker Jeletet

Cara Membuat Seblak
Seblak ceker ini kenyal dan bumbunya meresap sampai ke tulang. Jangan nekat makan kalau kamu tidak kuat makan pedas ya! (Foto: Shutterstock)

Kini seblak diolah dengan beragam variasi isi dan bahan-bahan, salah satunya Seblak Ceker. Cara membuat seblak ceker ini mudah saja, rebus ceker ayam hingga empuk lalu tumis bersama bumbu cabai.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Ceker ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting merah, bubuk cabai, kencur, kemiri, daun salam, serai, laos, jahe, Royco Kaldu Ayam, dan air.

Cara membuat seblak:

  1. Cuci ceker ayam hingga benar-benar bersih. Rebus ceker bersama daun salam, serai, jahe dan laos yang sudah dimemarkan. Pastikan ceker matang dan empuk.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, cabai rawit dan cabai keriting menggunakan food processor atau ulekan biasa.
  3. Panaskan panci bersama sedikit minyak, masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum. Tambahkan bubuk cabai dan daun salam dan tumis kembali hingga layu. Setelah harum, masukkan air rebusan ceker.
  4. Masukkan ceker yang sudah matang. Bumbui dengan Royco dan garam hingga rasa sesuai dengan selera kamu. Sajikan.

Seblak Mie

Cara Membuat Seblak
Tambahkan udang dan kerang untuk seblak mie yang lebih spesial. (Foto: Shutterstock)

Seblak Mie ini bisa menjadi alternatif mie rebus biasa. Cara memasak seblak mie ini semudah menumis sayur, semuanya tinggal celup, oseng-oseng dan jadi deh!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, kerupuk, telur ayam, kol, bawang daun, Royco Kaldu Ayam, asam jawa, dan bumbu halus (cabai rawit merah, bawang putih, kencur, garam)

Cara membuat seblak:

  1. Panaskan panci dengan sedikit minyak. Tambahkan bumbu halus dan masak hingga harum.
  2. Masukkan telur, masak orak-arik. Lalu masukkan air, mie telor, kerupuk, kol, Royco, dan asam jawa. Masak hingga kerupuk lembek.
  3. Terakhir, masukkan bawang daun. Koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Seblak Makaroni Udang

Cara Membuat Seblak
Seblak makaroni ini enak disantap dengan kuah atau sedikit kering. Sama enaknya! (Foto: Shutterstock)

Ingin masak seblak yang beda dan bisa menggoyang lidah? Mumpung masih ada stok udang di kulkas, sekalian dimasak saja bersama makaroni. Rasanya mirip pasta tapi lebih pedas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Makaroni, telur ayam, udang yang sudah direbus dan dikuliti, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, kemiri, garam dan Royco Kaldu Ayam)

Cara membuat seblak :

  1. Rebus makaroni hingga matang. Karena akan dimasak kembali, pastikan kamu tidak merebusnya hingga terlalu lembek.
  2. Panaskan panci berisi minyak kemudian masukkan bumbu halus dan masak hingga harum.
  3. Setelah bumbu tumisan harum, masukkan telur kemudian aduk-aduk. Secara berturut-turut, masukkan air, makaroni yang sudah matang dan udang rebus. Masak hingga matang dan sajikan.

Seblak Kwetiau

Cara Membuat Seblak
Agar asupan nutrisi kamu seimbang, jangan lupa tambahkan sayur seperti brokoli dan wortel. (Foto: Shutterstock)

Bandung merupakan surganya kuliner kreatif. Ada saja ide baru untuk membuat varian seblak, salah satunya seblak kwetiau ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kwetiau, fillet daging ayam yang sudah dipotong dadu, brokoli, wortel, bubuk cabai, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang merah, cabai merah, kencur dan garam).

Cara membuat seblak:

  1. Masak kwetiau hingga matang lalu tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan panci berisi minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan daging ayam, wortel dan brokoli. Masak hingga wortel matang.
  3. Terakhir masukkan kwetiau, bubuk cabai dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk hingga rata, matikan kompor lalu sajikan.

Seblak Fusilli

Cara Membuat Seblak
Karena bentuk fusilli yang keriting, bumbu kencurnya lebih meresap ke dalam pasta. (Foto: Shutterstock)

Ini dia yang namanya perpaduan masakan Italia dengan Bandung, seblak fusilli! Pasta yang berbentuk spiral ini ternyata cukup klop diolah dengan bumbu kencur.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Pasta fusilli, daun sawi, paprika kuning, cabai merah, bawang bombay yang dipotong memanjang, Royco Kaldu Ayam, dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kencur, kemiri, cabe rawit)

Cara membuat seblak:

  1. Panaskan panci sedang berisi air. Tunggu hingga air mendidih, masukkan fusili lalu rebus hingga matang, tiriskan.
  2. Panaskan panci berisi sedikit minyak lalu tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan daun sawi, cabai merah, bawang bombay dan paprika kuning. Masak hingga layu.
  3. Masukkan fusili yang sudah matang, aduk-aduk dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk kembali, matikan kompor dan sajikan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.