Langkah-Langkah Mudah Cara Membersihkan Kepiting | Masak Apa Hari Ini?

Ketahui Cara Membersihkan Kepiting dengan Langkah-langkah Mudah Berikut!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juli 21, 2021

Masakan berbahan dasar kepiting punya begitu banyak penggemar, namun tak sedikit juga yang segan untuk menikmatinya karena beragam alasan. Kuncinya berada pada kesegaran dan cara membersihkan kepiting serta mengolahnya dengan tepat. Dengan demikian, cita rasa lezat kepiting dapat dikreasikan dalam berbagai masakan dan dinikmati tanpa beban.

Melalui artikel ini, Tim MAHI akan mengupas langkah-langkah tepat mengenai cara membersihkan kepiting yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Yuk, kita simak!

Cara membersihkan kepiting hidup

Saat berbelanja, usahakan untuk mendapatkan kepiting yang masih hidup. Hal ini penting karena kepiting yang didapat dalam keadaan mati, kualitasnya sudah jauh menurun. Namun bila bertemu dengan kepiting hidup, tak perlu khawatir soal capitnya karena para penjual biasanya sudah mengikatnya dengan tali. Proses pembersihan penting untuk dilakukan saat menerima kepiting, terutama untuk jenis mud crab atau kepiting lumpur yang kerap dikonsumsi di Indonesia.

Terdapat banyak celah dari badan kepiting yang membutuhkan perhatian khusus. Setelah kepiting disembelih, cucilah dengan menggunakan sikat di bawah air yang mengalir. Bersihkan seluruh bagian luar kepiting, dari mulai punggung hingga ke sela-sela capit. Jika ingin lebih menyeluruh, buka sedikit bagian perut yang telah ditusu kemudian sikat hingga bersih.

Merebus atau mengukus kepiting

Kepiting selesai direbus.
Merebus adalah salah satu cara mudah memasak sekaligus membersihkan kepiting. (Foto: Shutterstock)

Proses perebusan kepiting bisa menggunakan panci besar biasa yang berisi air mendidih. Sesuaikan ukuran panci dengan ukuran kepiting dan jumlah yang akan direbus. Tambahkan pula garam serta bumbu rempah lainnya agar kepiting memiliki cita rasa yang lebih nikmat saat dikonsumsi nanti.

Cangkang yang berubah warna menjadi merah menandakan bahwa kepiting telah matang. Angkat, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi air dingin untuk beberapa saat. Hal ini dilakukan agar temperatur kepiting dapat menurun dengan cepat dan tidak terasa begitu panas saat kita olah langsung dengan tangan.

Lepas karapas dan buang insang

Tidak hanya di luar, bagian dalam kepiting juga perlu dibersihkan, lho. Pertama, buka karapas atau bagian punggung kepiting dengan tangan, lalu kita akan melihat bagian dalam dari kepiting. Jangan buang karapas karena bagian tersebut masih bisa digunakan saat plating. Alih-alih cangkang, buanglah insang kepiting yaitu bagian terluar daging yang lunak dan berongga.

Mengambil bagian daging

Chili crab disajikan di atas piring.
Chili crab adalah salah satu hidangan paling populer di Asia Tenggara. (Foto: Shutterstock)

Langkah ini bisa dilewati jika ingin membiarkan daging kepiting tetap utuh saat dimasak. Bila ingin daging terasa jauh lebih gurih, kita dapat mengambil daging dan memasaknya secara terpisah dengan cangkang. Perlu diingat bahwa bagian telur hanya bisa ditemukan jika kepiting yang hendak dimasak adalah jenis kepiting betina. Namun, spesies betina umumnya dilarang untuk dijual agar populasi kepiting tidak menyusut dengan drastis.

Demikian adalah cara membersihkan kepiting yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tunjukkan keterampilan memasakmu dengan mengikuti resep kepiting saus padang serta berbagai inspirasi menu kepiting lainnya hanya di Masak Apa Hari Ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.