5 Kreasi Masak Telur di Microwave yang Praktis buat Anak Kost

Simpan ke bagian favorit

Wina|Mei 9, 2018

Buat kamu yang senang memasak, acara masak telur dengan kompor sudah biasa. Tapi, pernah terpikir untuk masak telur di microwave, nggak? Berhubung peralatan elektronik ini sekarang lebih praktis dan mudah dibeli di department store, tidak ada salahnya kamu belajar cara memaksimalkan penggunaan alat penghangat makanan yang satu ini.

Kalau kamu ingin tahu cara kerja microwave, gelombang mikro yang dipancarkan melalui makanan membuat molekul air bergerak cepat dan saling bertumbukan sehingga menghasilkan panas. Singkatnya, pematangan dimulai dari dalam makanan menuju luar. Nah, kalau kamu merasa selama ini microwave di tempat kos atau kantor nganggur, coba aja iseng-iseng masak telur di microwave. Tidak punya banyak waktu? Cukup luangkan beberapa menit, dan kamu sudah bisa menikmati beberapa menu serba telur lezat seperti ini. 

Eggs Benedict

Eggs Benedict biasa ditemukan di restoran yang menjual menu sarapan khas Barat. Untuk resep ini kamu membutuhkan telur segar, mayonnaise, Dijon mustard, air perasan lemon, garam, dan lada secukupnya. Kamu cuma perlu tiga langkah untuk menyiapkan resep ini!

Langkah pertama, campur mayonnaise, air perasan lemon, dan mustard di mangkuk kecil, lalu sisihkan. Langkah kedua, masukkan telur ke dalam mangkuk tahan panas, lalu masukkan air sebanyak sepertiga gelas. Tutup mangkuk dengan piring tahan panas. Masak telur di microwave selama 35 detik hingga 1 menit, tergantung selera kamu. Jangan lupa untuk menusuk kuning telur beberapa kali dengan garpu terlebih dulu supaya telur tidak meledak di dalam microwave. Langkah terakhir, hidangkan telur bersama saus.

Broccoli quiche

masak telur di microwave
Makin nikmat karena ada keju mozzarella yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Quiche, hidangan yang lebih dulu populer di Inggris ini adalah salah satu menu sarapan yang paling nggak ribet buatnya. Untuk resep ini kamu membutuhkan telur segar, brokoli yang sudah direbus, keju mozzarella, susu, bawang bombay, garam dan lada secukupnya. Cara membuatnya: kocok telur bersama susu, bawang bombay, garam dan merica. Lalu, tuang adonan telur ke dalam gelas atau mangkuk tahan panas. Masukkan broccoli dan keju mozzarella, ratakan. Masak dengan microwave selama 3 menit lalu angkat.

Green pepper scrambled eggs

masak telur di microwave
Telur orak-arik ini makin cantik dengan potongan paprika. (Foto: Shutterstock)

Masak telur orak-arik di microwave? Ternyata lebih gampang dari yang sebelumnya kubayangkan! Untuk resep ini, kamu membutuhkan telur segar, paprika hijau, susu, Royco Kaldu Ayam, dan merica. Cara membuatnya: Masukkan telur ke dalam mangkuk tahan panas bersama paprika hijau, susu, setengah sendok teh Royco Kaldu Ayam, dan merica. Kocok telur hingga rata. Masak telur di microwave selama 90 detik, dan kocok telur setiap 30 detik agar telur tidak menggumpal.

Chawanmushi Seafood

masak telur di microwave
Teksturnya lembut dan meleleh di mulut. (Foto: Shutterstock)

Nah, kalau resep chawanmushi ini terinspirasi dari kegemaran aku makan di restoran Jepang. Untuk resep ini kamu membutuhkan kaldu ayam, telur, jamur shitake, udang kupas, daun bawang, garam dan lada. Cara membuatnya: Campur telur dengan air kaldu, aduk, kemudian saring agar hasilnya lembut. Masukkan adonan telur ke dalam mangkuk tahan panas. Setelah itu, masukkan potongan udang dan jamur shiitake, serta tambahkan daun bawang ke dalam mangkuk. Siram dengan sisa air kaldu. Terakhir, masak dengan microwave selama 40-50 detik. Sajikan hangat-hangat. Hmmm…

Potato frittata

Kali ini kita terbang ke negara Italia untuk sarapan frittata! Untuk menu ini, kamu membutuhkan telur, kentang kukus, bawang putih, bawang bombay, bayam cincang, keju mozzarella, air kaldu, Royco Kaldu Ayam dan lada.

Cara membuatnya: tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, aduk dan sisihkan. Di mangkuk besar, masukkan air kaldu, bayam dan kentang tumbuk. Aduk hingga rata kemudian bumbui dengan satu sendok teh Royco Kaldu Ayam dan lada. Masukkan tumisan bawang dan kocokan telur, aduk semua bahan kembali hingga rata. Setelah semua tercampur, masak dengan microwave selama 2-3 menit lalu sajikan selagi masih hangat.  

Dijamin setelah mengetahui lebih banyak food hack untuk memasak dengan microwave, kamu tidak lagi membiarkan barang elektronik rumah tangga yang satu ini menganggur. Simak terus resep-resep praktis dan tip memasak lainnya ya.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.