5 Cara Masak Mie Goreng Khas Nusantara

Tim MAHI|Juni 13, 2018

Sebagai salah satu makanan pokok orang Indonesia, olahan mie terlihat begitu beragam dari ujung Sumatra hingga ujung pulau Jawa. Belum lagi kalau kita berbicara ketenaran mie di berbagai pulau lainnya di Indonesia. Begitu fleksibelnya, mie juga cocok diolah bersama daging, sayur, atau bumbu-bumbu khas Indonesia. Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara masak mie goreng khas Nusantara yang bisa dicoba di rumah.

1. Mie Goreng Medan

Tidak berlebihan kalau Medan sering disebut sebagai surganya makanan enak. Banyaknya pilihan jenis makanan di negeri ini bakal membuat siapapun lapar mata. Untuk masakan mie, kota yang satu ini juga memiliki versi kuah maupun goreng.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie kuning, bawang merah, bawang putih, lada, tauge, telur ayam, saus tiram, Kecap Manis Bango, kecap asin, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam.
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan telur. Aduk hingga rata kemudian tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan mie, saus tiram, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk hingga rata dan masak sebentar. Terakhir, masukkan daun bawang dan taoge. Jika ingin lebih berkuah, tambahkan sedikit air. Aduk lagi kemudian angkat dan sajikan.

2. Mie Goreng Jawa

cara masak mie goreng
Mie Goreng Jawa ini praktis untuk meredakan lapar tengah malam. (Foto: Shutterstock)

Berkiblat pada versi terbaiknya di Yogyakarta, kini begitu mudah menemukan mie godog ataupun goreng di berbagai kota besar di pulau Jawa. Bahkan untuk versi “jalanannya”, ribuan gerobak kaki lima meramaikan malam hari dengan mie rebus dan goreng beserta teman-temannya seperti nasi goreng, kwetiau, capcay, dan lain-lain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, sayur sawi, kol, tomat, daun bawang, telur, dada ayam, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, dan bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kemiri dan lada).

Cara membuatnya:

  1. Rebus mie lalu saring dan tiriskan. Masukkan ke dalam mangkuk dan tuang Kecap Manis Bango secukupnya. Aduk-aduk hingga rata.
  2. Panaskan minyak dan masak telur orak-arik. Angkat dan sisihkan.
  3. Masih di wajan yang sama, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan sayur sawi, suwiran daging ayam dan daun bawang. Aduk dan masak hingga sayur layu.
  4. Masukkan mie dan telur. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Masak dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Angkat dan sajikan.

3. Mie Goreng Pontianak

cara masak mie goreng
Tambahkan sayur atau tidak, semuanya sesuai selera kamu. (Foto: Shutterstock)

Selain Tugu Khatulistiwa dan Sungai Kapuas, Pontianak juga dikenal akan karena koleksi kuliner lezatnya yang tidak perlu diragukan lagi. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Pontianak, tentunya jangan lupa mencoba mie khas dari kota ini. Sementara ini, bolehlah membuat dulu di rumah sebelum bertandang ke sana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, bawang putih, kemiri, merica, Kecap Manis Bango, saus cabai, saus tomat, telur, wortel, daun bawang, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Cara masak mie goreng ini adalah sebagai berikut:

  1. Masak mie hingga matang. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Haluskan bawang, kemiri dan merica. Tumis bumbu bersama sedikit minyak hingga harum. Masukkan wortel aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan telur dan masak orak-arik.
  3. Ketiga, setelah telur matang masukkan sedikit air lalu tambahkan Kecap Manis Bango, saus tomat, saus sambal, dan daun seledri.
  4. Masak hingga air agak menyusut lalu masukkan mie. Aduk hingga rata kemudian masak kembali hingga panas. Angkat lalu sajikan.

4. Mie Goreng Aceh

cara masak mie goreng
Ingin makin spesial? Tambahkan beberapa buah telur puyuh rebus. (Foto: Shutterstock)

Doyan masakan yang bumbu rempahnya kuat? Kuliner Aceh bisa menjadi pilihan untuk kamu. Masakan khas Aceh dikenal akan cita rasa khas yang berasal dari paduan aneka rempah-rempah lokal. Mie Goreng Aceh ini jelas salah satunya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie telur, daging sapi, udang, cumi, sayur sawi, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, kecap asin, daun bawang, bawang merah, tomat, minyak dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, jintan, adas manis, kapulaga, ketumbar).

Cara membuatnya:

  1. Rebus mie hingga setengah matang, lalu tiriskan. Campur mie dengan dua sendok makan minyak sayur agar tidak lengket.
  2. Tumis bawang merah dan daun bawang hingga harum, lalu masukkan bumbu halus. Masak hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging, udang dan cumi. Tumis bersama bumbu dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan bersama air. Masak hingga mendidih. Masukkan sayur sawi, tomat, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk hingga rata dan masak hingga mengental.
  5. Masukkan mie dan masak hingga kuah mengering. Aduk-aduk terus agar mie tidak lengket di wajan. Angkat dan sajikan.

5. Mie Magelangan

cara masak mie goreng
Tampilan Mie Magelangan ini mirip dengan dengan mie goreng mawut. (Foto: Shutterstock)

Cara masak mie goreng berikutnya cukup unik. Ini dikarenakan Mie Magelangan beda dengan yang lainnya karena adanya penggunaan nasi! Penasaran bagaimana cara masak mie yang satu ini?

Bahan-bahan yang dibutuhkan: mie kuning, nasi putih, bawang putih, fillet daging ayam, telur, sayur sawi, minyak sayur, Kecap Manis Bango, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara masak mie goreng ini adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan wajan bersama sedikit minyak sayur. Masukkan ayam, tumis sebentar lalu masukkan bawang putih. Setelah bawang harum, masukkan telur dan masak orak-arik.
  2. Masukkan mie yang sudah direbus, lalu bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan nasi dan Kecap Manis Bango, aduk hingga rata. Masukkan sayur sawi dan daun bawang dan masak hingga sayur layu. Angkat dan sajikan.

Semakin lengkap bukan perbendaharaan kita akan kekayaan kuliner Indonesia yang menggunakan bahan dasar mie? Selanjutnya, giliran kita mencoba memasaknya bersama-sama di dapur rumah!