4 Cara Buat Bubur Ayam Enak dan Lezat | Masak Apa Hari Ini?

4 Cara Buat Bubur Ayam Enak dan Lezat untuk Menu Sarapan

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Agustus 23, 2021

Bubur ayam yang biasa kita nikmati umumnya di pagi hari tidak selalu sama jenisnya. Kalau di Jakarta, umumnya bubur ayam yang disajikan punya begitu banyak topping dan kemudian disiram dengan kuah kari yang gurih. Berbeda dengan Bandung yang biasanya bubur ayam lebih terlihat polos namun sudah gurih dimasak dengan bumbu-bumbu. Tentunya, ada banyak cara buat bubur ayam lezat yang kamu bisa coba di rumah.

Apa sajakah dari resep-resep MAHI yang wajib kamu siapkan untuk sarapan sehari-hari bersama keluarga? Cek pilihan-pilihannya berikut ini, yuk!

1. Cara buat bubur ayam Hainan yang lezat

Resep bubur ayam Hainan ini terinspirasi dari nasi ayam asal Hainan, Tiongkok, yang akrab sekali sebagai resep rumahan kemudian terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Nasi dimasak dengan cita rasa kaldu ayam yang membuatnya jadi gurih dan kaya rasa. Baik sebagai makan pagi ataupun di saat pemulihan ketika sedang tidak sehat, bubur ayam Hainan yang hangat ini adalah pilihan yang tepat. Sebagai tambahannya, tinggal siapkan bawang daun ataupun bawang merah goreng. Bahkan untuk penggemar bubur khas Oriental ini, bisa juga menambahkan cakwe.

Ingin membuat bubur ayam lebih cepat? Rendam beras selama beberapa jam sebelum dimasak supaya proses memasak bubur jadi lebih cepat. Selain itu, gunakan air kaldu supaya cita rasa bubur jadi lebih gurih dan sedap. Proses pertama yang perlu dilalui adalah menyiapkan ayam utuh tanpa kulit yang akan direbus bersama bumbu-bumbu yang telah ditumis ringan serta ada tambahan Royco Kaldu Ayam untuk kuahnya. Setelahnya ayam yang telah direbus cukup untuk dipotong-potong dan siap disajikan bersama bubur ayam nanti. Sementara untuk buburnya sendiri cukup dimasak dengan menggunakan kuah yang telah siap dan nantikan hingga mengental dan siap dinikmati

2. Bubur ayam Cianjur, makan pagi favorit sejuta umat

Ingin mencoba memasak bubur ayam di weekend ini? Ada resep bubur ayam Cianjur dengan Bango Kecap Manis Light buat kamu. Selain populer di daerah asalnya, bubur ayam asal kota yang terkenal dengan beras pandan wangi ini juga populer di ibu kota, Bogor, Bandung, dan Sukabumi.

Rendam beras semalaman sebelum memasak bubur. Cara ini membuat beras lebih cepat menjadi bubur saat dimasak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ‘jasa’ slow cooker untuk memasak bubur lebih praktis. Masukkan semua bahan bubur, lalu nyalakan slow cooker pada suhu rendah semalaman. Saat bangun pagi, bubur panas siap santap untuk sarapan.

Pilih tulang ayam dengan sedikit lemak dan daging untuk membuat bubur nasi yang gurih. Kamu bisa memilih bagian ceker, punggung, atau sayap ayam. Tambahkan bumbu dan rempah seperti bawang putih dan daun salam agar cita rasa bubur lebih mantap. Jika suka, kamu juga bisa menambahkan santan kental pada bubur ayam. Santan akan membuat bubur ayam jadi lebih gurih.

Selain dari beras, kamu juga bisa memasak bubur dari nasi putih. Masak di atas api kecil atau bisa juga dimasak dalam rice cooker. Tak sedikit juga yang menggunakan cara kilat memasak bubur, yaitu menghancurkan nasi putih dengan cara diblender bersama kaldu, lalu dimasak di atas api kecil hingga menjadi bubur.

3. Bubur ayam bulgogi, unik dengan sentuhan khas Korea

Cara buat bubur ayam dari berbagai negara untuk makan pagi begitu beragam. Setidaknya kita yang tinggal di Indonesia saja sudah mengenal beberapa jenis. Bagaimana kalau kali ini kita bereksperimen dengan menggabungkan bubur ayam biasanya dengan bulgogi khas Korea? Wah, bakal ada paduan rasa yang menarik di sana!

Bulgogi yang khas Korea ini aku pilih karena bisa berpadu cocok dengan bubur ayam khas kita. Tambahkan berbagai kondimen, maka nyaris tidak ada bedanya. Namun rasa manis dari bulgogi akan menyeimbangkan rasa gurih dari bubur. Jangan lupa coba resep bubur ayam bulgogi yang unik ini, ya!

4. Bubur ayam jamur tiram, nikmat dengan cita rasa mewah

Kuah jamur menjadi pembeda sajian bubur ini. Sudah bukan rahasia, jika kaldu jamur sering digunakan sebagai bumbu penyedap. Rasa gurihnya dapat menggantikan bumbu MSG, namun merupakan versi lebih sehat. Menambahkan kaldu jamur pada sajian bubur ayam dapat menyempurnakan kenikmatannya. Pastikan juga untuk memilih jamur tiram yang masih segar. Kesegarannya ditandai oleh warna dan bentuk jamur. Untuk jamur tiram putih, pastikan warnanya putih bersih dan tidak kekuningan. Pilih jamur dengan bentuk payung yang masih sempurna.

Hal yang tidak kalah penting dari meracik bubur adalah memastikan tekstur bubur kental dan tidak mudah cair. Berbeda dengan bubur Tionghoa, bubur di Indonesia memiliki tekstur lebih kental. Untuk 250 gram beras, kamu membutuhkan 1,5 liter air kaldu untuk mendapatkan tekstur yang pas. Masak bubur dengan api sedang cenderung kecil, sambil terus diaduk hingga kental. Hal ini membuat tekstur bubur lebih halus. Pastikan untuk coba bubur ayam jamur tiram ini, ya!

Ayo, pilih yang mana dulu untuk jadi bubur ayam pertama kamu? Yang jelas cara buat bubur ayam ini bakalan bermanfaat untuk sehari-hari kamu di dapur. Selamat mencoba, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.