Memasak Sayur, Satu Kegunaan Microwave yang Jarang Diketahui

Wina|Juli 25, 2018

Sayur adalah bahan makanan yang nutrisinya mudah hilang jika terkena panas berlebih. Cara terbaik menjaga nutrisi sayur adalah memasaknya dengan cepat atau membatasi jumlah air yang digunakan. Nah, keduanya ini adalah berkah kegunaan microwave yang bisa kamu manfaatkan.

Tidak seperti metode memasak lainnya, microwave tidak memaparkan panas secara berlebih ke sayur sehingga vitamin dan nutrisi sayur tetap terjaga. Microwave sendiri adalah alat masak serba bisa, paling cocok untuk kamu yang mager ataupun tidak punya waktu memasak. Berikut adalah beberapa cara memasak sayur dengan menggunakan microwave:

1. Memasak Kol

kegunaan microwave
Beragam kol bisa dimasak menggunakan microwave. (Foto: Shutterstock)

Suka makan siomay atau gado-gado dengan kol? Sayur dengan tekstur renyah ini punya banyak serat yang bagus untuk pencernaan kamu. Dengan microwave, kamu tidak usah repot lagi menggunakan panci dan kompor.

Potong kol sesuai selera, cuci bersih, lalu tempatkan dalam mangkuk tahan panas dengan sedikit air. Tutup dan masak selama empat hingga enam menit. Keluarkan dari microwave dan biarkan selama dua hingga lima menit. Bumbui dengan garam dan lada atau hidangkan bersama sayuran rebus lainnya.

2. Membuat ‘Tumisan’

Kamu tidak salah baca kok! Betul, microwave bisa digunakan untuk ‘menumis’ sayur beserta bumbu lainnya. Saat ‘menumis’ sayur dengan microwave, sayuran akan tetap renyah. Jika kamu menumis menggunakan daging, tekstur daging yang dimasak dalam microwave akan lebih lembut daripada yang dimasak dengan wajan.

Keuntungan dari ‘menumis’ dalam microwave adalah hanya menggunakan sedikit minyak. Dapur juga terbebas dari asap atau bau bawang serta kamu tidak perlu mengaduk bahan sesering mungkin.

Berikut adalah caranya:

  1. Campurkan minyak, bawang putih, dan bumbu lainnya dalam wadah tahan panas. Masak dalam microwave selama 1 menit.
  2. Masukkan sayuran yang waktu memasaknya paling lama seperti wortel, labu kuning atau kentang terlebih dulu. Masak selama 2-3 menit
  3. Masukkan sayuran yang lebih cepat matang seperti buncis atau jamur. Masak selama 2-3 menit.
  4. Setelah matang, keluarkan dari microwave lalu diamkan selama 3 menit. Sajikan bersama nasi atau lauk.

3. Memasak sayur beku

kegunaan microwave
Gunakan microwave untuk merebus sayuran beku. (Foto: Shutterstock)

Menggunakan sayuran beku untuk menu panggangan daging seperti steak atau roast beef adalah satu hal yang lazim selain menggunakan kentang sebagai pendampingnya. Salah satu cara mencairkan sayuran yang dibekukan adalah dengan menggunakan microwave.

Berikut adalah caranya:

  1. Masukkan sayuran beku ke dalam wadah tahan panas. Tambahkan air jika kamu memasak sayur bertekstur renyah seperti brussel sprouts, atau jika kamu suka sayuran yang dimasak memiliki tekstur lembut.
  2. Masak dengan microwave selama 4-5 menit. Aduk-aduk. Ulangi proses memasak hingga dua kali. Sayuran harus panas tetapi masih berwarna cerah dan renyah.
  3. Ulangi proses memasak jika sayuran belum dirasa lunak.

4. Merebus Sayur

Kegunaan microwave berikutnya bisa dimanfaatkan untuk kamu yang memiliki keterbatasan dapur atau peralatan memasak. Dengan microwave, meskipun ruangan tempat tinggal kamu terbatas, ternyata kita masih bisa masak makanan sehat dan juga enak! Salah satu kegunaan microwave adalah merebus sayur. Sebelum kamu mencoba sendiri di rumah, ingatlah untuk selalu menggunakan wadah tahan panas untuk memasak sayur.

Berikut adalah caranya:

  1. Siapkan sayuran, potong-potong berukuran seragam agar sayur matang secara merata.
  2. Tata sayuran secara merata, sebaiknya gunakan mangkuk kaca. Bungkus mangkuk rapat dengan tutup tahan panas.
  3. Tempatkan wadah dalam microwave.
  4. Setel waktu memasak dan operasikan microwave. Waktu masak akan bervariasi berdasarkan setelan microwave serta berapa banyak sayuran yang kamu masak.
  5. Keluarkan wadah dari microwave dan buka tutupnya. Sajikan.

5. Membuat Baked Potato

kegunaan microwave
Baked potato yang legendaris itu bisa dimasak hanya dengan menggunakan microwave! (Foto: Shutterstock)

Ingin makan enak, tapi di lemari es hanya ada kentang? Kamu bisa membuat baked potato untuk makan malam! Di sinilah kegunaan microwave akan bermanfaat untukmu!

Berikut adalah caranya:

  1. Cuci bersih kentang: Cuci dan gosok kentang di bawah air mengalir dan keringkan dengan lap.
  2. Tusuk dengan garpu: Tusuk kentang di setiap sisi agar uap panas tidak terjebak di dalam kentang dan membuat kentang pecah.
  3. Lumuri kentang dengan minyak zaitun, garam, dan merica.
  4. Masak dalam microwave selama 5 menit: Tempatkan kentang di dalam wadah tahan panas dan masak dengan kekuatan penuh selama 5 menit.
  5. Balik kentang: Gunakan garpu atau jepitan untuk membalik kentang.
  6. Lanjutkan memasak kentang: Masak kembali selama 3 menit. Jika memasak dua kentang atau lebih, berikan tambahan 5 menit waktu memasak.
  7. Periksa kentang: Setelah selesai, kentang harus sudah lunak / mudah ditusuk dengan pisau atau garpu. Lanjutkan memasak selama 1 menit atau sesuai kebutuhan sampai kentang matang. Gunakan sarung tangan untuk mengangkat wadah dari microwave.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.